Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotmabokAvatar border
TS
pilotmabok
Putaran 2 Pilgub DKI, Ahok-Djarot vs Anies-Sandi, siapa unggul?


Merdeka.com - Pelaksanaan Pilgub DKI sukses digelar, kemarin. Meski penghitungan resmi KPU DKI belum keluar, hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei memastikan Pilgub DKI berlangsung dua putaran.

Adalah paslon nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok)- Djarot Saeful Hidayat dan paslon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno yang lolos ke putaran dua pilgub DKI. Sementara paslon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono- Sylviana Murni, harus puas terhenti di putaran pertama.

Berdasarkan hasil hitung cepat Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Ahok-Djarot unggul dengan 43,2 persen, Anies-Sandi dengan 39,9 persen dan Agus-Sylvi 16,9 persen. Sedangkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, Ahok-Djarot 42,87 persen, Anies-Sandiaga 39,76 persen, dan Agus-Sylvi 17,37 persen.

Sementara, hasil hitung cepat INDOBAROMETER, Ahok-Djarot 43,77 persen, Anies-Sandiaga 39,14 persen, dan Agus-Sylvi 17,09 persen. Dari hasil hitung cepat tiga lembaga tersebut, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang berhak masuk putaran ke dua Pilgub DKI. Sebab, tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara di atas 50 persen.

Pertarungan di putaran ke dua Pilgub DKI tentunya akan memperebutkan suara pemilih Agus-Sylvi. Jika dari tiga hasil hitung cepat di atas dipukul rata, ada 17 persen suara pemilih Agus-Sylvi yang akan diperebutkan oleh Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.

Lantas bagaimana strategi dua pasangan calon itu agar keluar menjadi pemenang di putaran ke dua?

Ahok sendiri mengaku tidak memikirkan strategi yang akan dilakukan untuk memenangkan pertarungan di putaran kedua Pilgub DKI. Ahok menyatakan urusan strategi berada di parpol pendukungnya.

"Saya orang kerja enggak pikir strategi, kalau strategi urusan partai politik dan tim pemenangan. Saya maunya kerja saja," ujar Ahok di markas DPP Golkar, Rabu (15/2).

"Kalau lihat hasil tadi putaran pertama pun kami unggul, artinya kepercayaan masyarakat kepada kami mampu mengapresiasi keadilan sosial ini benar. Apa yang kami kerjakan ini benar, tidak gampang kan turun jauh kemudian naik. Ini pasti kerja keras dari partai politik, ada Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, PPP Pak Djan Faridz ini bekerja degan baik juga relawan dan para pendukung," jelasnya.

Sementara itu, kubu Anies-Sandi justru blak-blakan bakal mengajak kubu Agus-Sylvi buat berkoalisi di putaran ke dua. Hal itu dilakukan semata-semata buat meraup suara pendukung Agus-Sylvi agar beralih ke Anies-Sandi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, kubu Anies-Sandi dan Agus-Sylvi memiliki kesamaan visi misi dan latar belakang pemilih.

"Karena visi-misinya sama. Kemudian latar belakang para pemilihnya banyak yang sama," ujarnya.

Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ade Mulyana mengatakan segmen pendukung Agus-Sylviana beririsan dengan pendukung Anies-Sandiaga. Untuk itu, LSI memprediksi pendukung Agus-Sylviana kemungkinan akan bermigrasi mendukung Anies-Sandiaga.

"Satu segmen pendukung dengan Anies, pemilih Agus ke Anies," kata Ade di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta, Rabu kemarin.

Ditambahkannya, karakter pemilih di Jakarta cenderung tidak melihat latar belakang partai pengusung dari salah satu calon. Menurutnya, warga Jakarta lebih melihat pribadi dan program kerja calon ketimbang kendaraan politik mereka.

"Di semua Pilkada, partai tidak menjadi faktor utama untuk dipilih. Mereka memilih berdasarkan personal. Aneka Pilkada tidak bisa dipastikan jika pemilih partai, misal PDIP memilih calon dari PDIP," katanya.

https://www.merdeka.com/politik/puta...pa-unggul.html

Putaran kedua ane yakin

AHOK JAROT : 85 %

ANIS SANDI : 15 %


emoticon-Ultah
Polling
0 suara
Pemenang Pilkada DKI Putaran 2 Ane Pilih
Diubah oleh pilotmabok 16-02-2017 04:41
0
7.1K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.