Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chayankuAvatar border
TS
chayanku
"Bola" Pilgub DKI Putaran Kedua Ada di Tangan SBY
"Bola" Pilgub DKI Putaran Kedua Ada di Tangan SBY
Kamis, 16 Februari 2017 - 06:45 wib


JAKARTA - Pilkada DKI dipastikan berlangsung dua putaran dengan tersingkirnya pasangan Agus Yudhoyono-Sylvinana Murni. Pengamat Politik Hendri Satrio mengatakan ada sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi, berkaitan dengan kemana suara Agus-Sylvi akan mengalir.

Menurutnya, larinya suara pemilih Agus-Sylvi sebagian besar akan ditentukan oleh sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setidaknya ada tiga kemungkinan sikap yang akan diambil SBY menghadapi putaran kedua nanti.

"Nah ini sekarang kan jadi opsinya macam-macam, apakah ada opsi Jokowi (Presiden Joko Widodo) berdamai dengan SBY, atau Megawati (Megawati Soekarnoputri, Ketum PDI P) berdamai dengan SBY, misalnya untuk memenangkan Ahok," kata Hendri kepada Okezone, Kamis (16/2/2017).

Opsi kedua, terbuka pula kemungkinan SBY akan merapat ke Koalisi Kartanegara yang dikomandoi Prabowo Subianto sebaga Ketum Partai Gerindra. Kemungkinan ketiga, SBY tidak akan mendukung salah satu paslon tersebut dan berperan sebagai penyeimbang.

"Atau opsi lain lagi, ciri khasnya SBY, ya suara penyeimbang, jadi dia di tengah-tengah saja," terangnya.

Namun yang jelas, lanjut Hendri, putaran pertama Pilgub DKI yang melelahkan sudah usai dan kini warga Ibu Kota dihadapkan pada pemilihan tahap kedua. Ia memprediksi, ganjalan soal status terdakwa Ahok dan polemik ia diaktifkan kembali menjadi gubernur DKI, masih akan mewarnai jalannya putaran kedua nanti.

"Itu akan menjadi sorotan, kemudian yang kedua, status terdakwanya Ahok, apakah kemudian sidang ini terus dan akhirnya memutuskan bersalah atau tidak, nanti kita saksikan," tutup Hendri.
http://news.okezone.com/read/2017/02...-di-tangan-sby


Ahok vs Anies Beda Tipis, Putaran Dua Bakal Lebih Seru
Rabu 15 Feb 2017, 17:58 WIB

Jakarta - Berdasarkan data quick count, perolehan suara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat beda tipis dengan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Putaran dua Pilgub DKI pun diprediksi bakal lebih seru.

"Bisa dipastikan Pilgub DKI berlangsung dua putaran. Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang masuk putaran dua," kata Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi), Hendri Satrio, kepada wartawan, Rabu (15/2/2017).

Peta politik menuju putaran dua pun diprediksi bakal seru. Karena suara calon nomor urut satu yang gagal di putaran satu yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni bisa jadi penentu.

"Bakal sengit, peta koalisinya pun bakal lebih menarik. Suara Agus akan menentukan suara pemenangnya nanti. SBY akan memainkan peran kunci," katanya.

Soal ke mana posisi Agus-Sylvi di putaran dua nanti, Hendri masih terus mengamati. Kalau Agus-Sylvi yang diusung PD dan koalisinya memutuskan bergabung dengan Gerindra dan PKS tentu kekuatan Anies-Sandi bakal lebih besar lagi.

Lebih dari itu, menurut Hendri, Pilgub DKI putaran dua bakal lebih seru dari sekedar peta koalisi itu. Karena para pemain kunci akan menghitung jangka panjang soal Pilpres 2019, bukan hanya soal kursi DKI 1.

"Kalau SBY dan Prabowo dibiarkan jadi satu bisa acak-acakan di Pilpres," kata Hendri.

KedaiKopi juga melakukan quick count Pilgub DKI, per pukul 17.45 WIB, data masuk 75%, berikut perolehan suara ketiga pasangan calon:

1. Agus Yudhoyono-Sylviana Murni: 16,95%
2. Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat: 43,33%
3. Anies Baswedan-Sandiaga Uno: 38,52%
https://news.detik.com/berita/d-3423...kal-lebih-seru

------------------------------

Megawati pasti sewot ini. Dalam 2 bulan ke depan (rencananya putaran ke 2 dilaksananakn 19 April), bisa saja akan berkembang lebih seru, sebab bila vonis hukuman Ahok diputuskan 5 tahun, maka ybs harus diberhentikan dari Gubernur dan di stop pencalonannya sebagai peserta Pilkada DKI oleh KPU tentunya. Maka yang akan bertanding kembali Anies dan Agus saja! Atau kalau ada "fatwa", Djarot boleh maju menggantkan Ahok


emoticon-Takut:

0
6.7K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.