Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luketrinandaAvatar border
TS
luketrinanda
6 Tips Pengambilan Foto Menarik Dengan Smartphone
Saat ini smartphone adalah benda wajib yang selalu kita bawa kemana – kemana, bukan hanya karena fungsinya sebagai alat komunikasi namun juga karena ia memiliki kemampuan ‘super’; pemutar mp3, GPS, perekam, dan tentu saja kamera.

Dengan terus bertambahnya kemampuan kamera smartphone (megapiksel, kualitas lensa dan adanya flash) dari brand-brand terkenal, menyebabkan frekuensi dan jumlah penggunanya juga semakin banyak. Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera ini masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera namun juga mungkin cara kita menggunakannya yang kurang tepat.

Kali ini Trending akan memberikan tips sederhana tekhnik pengambilan foto menggunakan kamera smartphone, agar hasilnya bagus, dan tentu akan menambah kualitas foto kita, jadi kita tidak menyia-nyiakan fitur kamera yang canggih dengan hasil foto yang kurang bagus. Berikut adalah 6 tips pengambilan foto menggunakan smartphone.

1. Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar



Foto yang dibuat dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Untuk itu cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya.

Atau teknik memiringkan sudut pengambilan gambar merupakan hal paling dasar yang bisa membuat foto Anda tampil lebih menarik. Biasanya objek foto dapat dimiringkan hingga 45 derajat agar tampil lebih menarik. Dengan kedua teknik tersebut foto kita memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal dan foto yang Anda ambil akan terkesan tidak membosankan dari sebelumnya.

2. Perhatikan Arah Cahaya



Cahaya merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia fotografi, pastikan kita dapat mengatur cahaya sesuai dengan keinginan kita. Namun kamera di smartphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di keremangan. Jadi, usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Dan yang paling penting kita harus mendapatkan sumber cahaya baik alami atau buatan di belakang kita saat memfoto sebuah object.

3. Hindari Penggunaan Zoom!



Ini biasanya sering terjadi pada Anda melakukan zoom ketika ingin mengambil gambar dengan object yang jauh, justru ini dapat membuat foto pecah. Karena Zoom akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam. Dengan begitu selalu usahakan agar Anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom.

4. Hindari Penggunaan Flash



Jika kita mengambil gambar, sebisa mungkin hindari penggunaan flash, karena flash biasanya berdampak negatif pada warna gambar yang kita ambil, dan akan membuat gambar menjadi putih terang, dan warna latar belakang akan hilang, nah jika bisa carilah cahaya alami sebisa mungkin atau gunakan pencahayaan buatan.

Sebuah trik yang baik untuk ketika kita tidak memiliki cukup cahaya alami adalah menempatkan sepotong kecil pita cokelat di atas flash LED. Ini bertindak sebagai diffuser mengambil gambar yang lebih lembut.

5. Pilih resolusi tertinggi



Resolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Jika kamera memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi. Juga resolusi tinggi juga berarti ukuran file yang lebih besar, ini menjadi pertimbangan bagi pemilik handphone dengan kapasitas memory terbatas atau misalnya foto akan dikirim maka akan membutuhkan waktu transfer lebih lama.

6. Gunakan Fitur Bokeh



Bokeh merupakan istilah fotografi untuk efek blur pada latar belakang foto. Efek blur tersebut bisa dihadirkan melalui cara mendekatkan kamera dengan objek dan mencari titik fokus paling dekat. Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengolah foto untuk menampilkan efek blur. Sekarang fitur bokeh juga ada di handphone nih guys, misalnya spesifikasi Asus Zenfone 3 Zoom yang punya dual kamera belakang mirip iPhone 7 Plus! kalau kamu suka selfie juga ada Vivo V5 dan Oppo F3 dengan dual kamera depan.


Jadi itulah 6 tips mudah untuk Anda yang ingin mengambil foto lebih menarik dengan smartphone. Tidak perlu membeli kamera mirrorless mahal-mahal, sudah banyak loh saat ini smartphone yang memiliki kamera terbaik, ada baiknya juga kalau kamu membandingkan harga smartphone yang mau kamu beli, jangan lupa juga cari-cari promo atau kupon untuk smartphone, siapa tau dapat diskon hihi.

Sumur: Tips Foto dengan Smartphone
Diubah oleh luketrinanda 20-04-2017 07:57
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.