donniepambudiAvatar border
TS
donniepambudi
12 Masakan Nusantara dalam Rijsttafel


Agan dan aganwati pasti suka dong sama masakan nusantara? Apalagi masakan dari daerah asal agan. Kadang kalo lagi ada di luar pasti kangennya sama masakan daerah atau masakan rumah.

Kebetulan kemarin ane lagi liburan nih di daerah Bandung dan ane dapet rekomendasi tempat makan enak dari temen. Nama tempatnya Keuken, tempat makannya di dalem hotel gitu gan, De Paviljoen Hotel.

Nuansa Belanda yang bakal berasa di tempat makan ini. Salah satu menu yang rekomen kata teman ane tuh namanya Rijsttafel. Awalnya bingung makanan apaan tuh, kok namanya asing banget di telinga ane. Pas ane tanya ke pelayannya, Rijsttafel itu hanya nama konsep penyajian makanan ala Belanda. Jadi, sebenernya menu-menu nya sih makanan khas nusantara.

Terussss? Yang uniknya apaa?

Ternyata pas menu nya dateng, emang bener gan! Selain namanya yang unik, tempat penyajiannya juga unik. Disajiin kayak di tempat main congklak, ada 12 macam menu masakan nusantara di dalam satu tempat penyajian.

Ada nasi kuning, sate lilit sambal matah, rendang daging, ayam sambal matah, orek tempe, sambal goreng ati, urap sayur, teri goreng, paru goreng, pepes tahu, ayam drum stick, dan telor balado.

Rijsttafel
Spoiler for Rijsttafel:


Info dikit nih soal Rijsttafel gan. Rijsttafel kalo yang ane baca sih cara penyajian makanan yang berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah di Nusantara, berkembang pada masa kolonial Hindia Belanda yang memadukan etiket dan tata cara perjamuan resmi Eropa.

Keuken All Dining
Spoiler for https://s27.postimg.org/8m0sabthf/IMG_9318.jpg:


Keunikan makanan ini juga dibarengin sama rasanya yang gak kalah enak loh gan. Harganya juga gak terlalu mahal. Baru kali ini makan di tempat makan yang ada di dalem hotel tapi harganya gak terlalu mahal, sekali-kali makan di dalem hotel kan nggak apa-apa ya.

Gimana gan tertarik untuk mencoba?
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
28.6K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.