alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
155
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589b48b9c1cb17310a8b4582/siapa-raja-hutang-sesungguhnya
Seruu.com- Urusan utang kembali menjadi buah bibir. Konon utang luar negeri Indonesia sudah mencapai Rp 4.234 triliun. Pada Senin pekan lalu, Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa utang luar negeri Indonesia hingga November 2015 mencapai US$ 304,6 miliar atau setara Rp 4.234 triliun. Angka tersebut melonjak 2,5% dibanding Oktober 2015 dan juga naik 3,5% secara year on year. Peningkatan utang itu d
Lapor Hansip
08-02-2017 23:35

SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?


Seruu.com- Urusan utang kembali menjadi buah bibir. Konon utang luar negeri Indonesia sudah mencapai Rp 4.234 triliun.

Pada Senin pekan lalu, Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa utang luar negeri Indonesia hingga November 2015 mencapai US$ 304,6 miliar atau setara Rp 4.234 triliun. Angka tersebut melonjak 2,5% dibanding Oktober 2015 dan juga naik 3,5% secara year on year.

Peningkatan utang itu didorong oleh peningkatan utang luar negeri berjangka panjang yang tumbuh 6,1 persen dibanding November 2014, dan tumbuh 5,5 persen bila dibandingkan bulan Oktober 2015.

Peningkatan utang ini mencemaskan sebagian pihak. Partai Gerindra bahkan sampai mengingatkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang sudah besarnya utang negeri ini.

Hal ini juga dijadikan “amunisi” oleh para pembenci Jokowi untuk menyerang pemerintahan Jokowi. “Duh, Utang Jokowi Lebih Besar daripada 30 Tahun Soeharto Berkuasa”, demikian judul artikel yang dipublikasikan sebuah media online yang sangat anti Jokowi. Betapa “dahsyatnya” media ini menyerang Jokowi dengan amunisi utang, sampai-sampai menobatkan Jokowi sebagai pemerintahan dengan utang terbanyak hingga mengalahkan utang rezim Soeharto.

Pemerintahan Jokowi memang masih berhutang. Tapi benarkah pemerintahan Jokowi “raja utang”?

Untuk itu, mari kita tinjau besaran utang tiap pemerintahan selama Republik Indonesia ini berdiri. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, jumlah utang Indonesia mencapai US$6,3 miliar. Sebagian besar utang itu, atau US$4 miliar adalah warisan utang Hindia Belanda

Di masa rezim Soeharto, utang pemerintah bertambah menjadi US$ 67.328 milyar. Dengan kurs US$ 1 sama dengan 10.000 rupiah, itu berarti utang di era Soeharto sebesar Rp673,28 trilyun.

Sedangkan di masa pemerintahan BJ Habibie, utang Indonesia menjadi US$75.862 milyar atau setara dengan Rp758,62 trilyun.

Untuk Presiden pengganti Habibie yakni, Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur,utang Indonesia turun menjadi US$72.197 milyar, atau setara dengan Rp721,97 trilyun.

Sementara pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, data Statistik Utang Luar Negeri Indonesia Volume I Februari 2010, menunjukkan pemerintahan Megawati meninggalkan utang sebesar sebesar US$83,296 milyar atau setara dengan Rp832,96 trilyun.

Dan untuk masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memerintah selama dua periode, peningkatan hutang pemerintah tercatat cukup besar. Pada periode perstama pemerintahan SBY berakhir pada tahun 2009, hutang pemerintah tercatat US$98.859 milyar atau 968,59 trilyun. Kemudian pada bulan Juli 2014, tatkala pemerintahan SBY akan mengakhiri periode kedua jabatannya, hutang luar negeri melejit menjadi US$ 134.150 miliar atau Rp1.341,5 trilyun. Jadi 10 tahun pemerintahan SBY telah membuat hutang pemerintah bertambah Rp508,23 trilyun dari Rp832,92 trilyun menjadi Rp1.341,15 trilyun.

Itu baru utang pemerintah. Apabila hutang swasta juga ikut diperhitungkan, sesuai data DJPU Kementerian Keuangan selama 10 tahun menjabat sejak 2014, pemerintahan SBY telah menambah utang luar negeri menjadi Rp1.232,31 triliun atau naik 94,82 persen hingga Agustus 2014. Angka tersebut terlihat dari posisi utang pada Desember 2004 sebesar Rp1.299,5 triliun hingga Agustus 2014 sebesar Rp2.531,81 triliun.

Dan tatkala pemerintahan SBY mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2014, data BI menunjukkan utang luar negeri Indonesia tembus USD 294,5 miliar atau setara dengan Rp 3.727 triliun. Maka, penambahan utang paling dahsyat memang terjadi di era SBY. Kini, BI mengungkapkan utang luar negeri Indonesia mencapai Rp4.234 triliun. Maka, bisa dilihat sebenarnya pemerintahan siapa yang berkontribusi besar terhadap penambahan utang tersebut.

Memang, berhutang merupakan pilihan terburuk bagi sebuah bangsa dalam melakukan pembangunan. Banyak negara akhirnya berjuang menghapus hutangnya tatkala tak mampu membayarnya, seperti halnya Argentina. Dan tatkala pemerintahan Jokowi masih berhutang, hal itu memang patut disesalkan.

Namun, apabila pemerintahan Jokowi dikatakan sebagai “raja hutang”, hal itu sangat berlebihan. Sebab, berdasarkan rekam jejak, “raja hutang” adalah SBY.

Source: http://mobile.seruu.com/utama/sketsa...g-sesungguhnya


Hutang jaman SBY dipake utk subsidi listrik,BBM dan BLT. Itu kebijakan jangka pendek semua. Wajar harga jaman tsb murah emoticon-Cape deeehh

Utang jaman jokowi digunakan utk membangun infrastruktur dan pemerataan pembangunan diluar jawa. Ini proyek jangka panjang emoticon-I Love Indonesia

0
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:07
Quote:Original Posted By reythato
Ane jd inget kowi smpet bilg..
"Dulu subsidi BBM Rp 300 triliun saja diam semuanya. Ini Rp 800 miliar saja kok rame?"

800M bisa bkin bensin papua sama ama d jawa..
2,1T bisa bkin jalan trans papua..
Hmmm... Btw, bbm subsidi 300T, tp harga bbm papua tetep mahal.. Apa gk kebagian??
0,3% nye subsidi beye ama kowi bisa buat nurunin bnsin d papua..

Yang bener yang mana nih, duit dari pengurangan subsidi bbm atau dari utang LN buat bangun infrastruktur?? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:08
Harusnya pemerintah indonesia itu belajar dr warganya

Kalo hutang, pas ditagih kita harus lebih galak
Kalo masih ditagih bilang tarsok
Kalo masih ngeyel nagih besok ganti nama jadi indonistan kalo perlu pindah alamat
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:12
Quote:Original Posted By fslaa


Hutang jaman SBY dipake utk subsidi listrik,BBM dan BLT. Itu kebijakan jangka pendek semua. Wajar harga jaman tsb murah emoticon-Cape deeehh

Utang jaman jokowi digunakan utk membangun infrastruktur dan pemerataan pembangunan diluar jawa. Ini proyek jangka panjang emoticon-I Love Indonesia


Yakin mayoritas subsidi ? Kalo emang subsidi, harusnya rakyat taraf hidupnya naik drastis, anak2x yang dewasa sekarang pendidikan dan nalar tinggi karena 10 tahun diberi sendok perak.
Tapi nyatanya jangka pendek aja ga ada. Yang ada makin menonjol dan bulat diwakilkan. Ada candi baru. Internet cepat yang seharusnya ada dari 7 tahun yang lalu diblok karena yang ditunjuk jadi mentrinya aja tidak tahu gunanya buat apa. Yang ada makan pake tangan kanan, padahal kalau memang orangnya tangan kanan pasti makan pake tangan kanan. Program 2x yang sia2x.
Diubah oleh d2000
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:16
waduh apa bisa dibayar hutang segitu besar. Nilai hutang dalam dollar terus bertambah, belum lagi nilai tukar rupiahnya juga sudah jatuh berapa ratus persen. Rencana pelunasan hutang ini gimana caranya ya? Apa mungkin ada Debt Amnesty (penghapusan hutang) ?
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:20
Tetangga ane, modal 12 jt, diutang2in kelililing kampung, modal jd 2 x lipat dlm tempo 4bln lbh dikit.
ga tau gimana cara muterinnya dan itung2annya.
Bocoran dari nasabah yg jg tetangga, dia pinjem 3 jt tp yg diterima 2,5 jt, trus sisanya dibayar 4 kali dlm 1 bln, masing2 800 rb.
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:24
kowi lagi kowi lagi, padahalmah sebeye sama harto emoticon-Leh Uga
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:24
Quote:Original Posted By adekgantengom
Adek utang bakwan di warung udah bayar kok om emoticon-Frown


Bayar dek...
Udah kenyang tapi gak bayar...

Sakit perut baru tau rasa
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:26
Quote:Original Posted By mitra01
Harusnya pemerintah indonesia itu belajar dr warganya

Kalo hutang, pas ditagih kita harus lebih galak
Kalo masih ditagih bilang tarsok
Kalo masih ngeyel nagih besok ganti nama jadi indonistan kalo perlu pindah alamat


Ini kebiasaan mendarah daging...
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:27
Duidnya di korupsi jaman kebo
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:31
Quote:Original Posted By ale.tomo
Bilang makan satu taunya ambil 3 yak dek emoticon-Mad


Nggak kok om emoticon-Frown
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:31
Quote:Original Posted By johnnx4
Bayar dek...
Udah kenyang tapi gak bayar...

Sakit perut baru tau rasa


Udah bayal om emoticon-Frown
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:39
Quote:Original Posted By adekgantengom


Udah bayal om emoticon-Frown


Kapan bayarnya...

*Struknya mana?

Setiap pembelian harus disertakan dengan struk pembelian
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:52
Quote:Original Posted By johnnx4
Kapan bayarnya...

*Struknya mana?

Setiap pembelian harus disertakan dengan struk pembelian


Berhubung struknya udah dikasih ke adek, ya adek mamam sekalian emoticon-Wink
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 00:56
kutang nya utang Pak Beye
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 01:31
Quote:Original Posted By adekgantengom


Berhubung struknya udah dikasih ke adek, ya adek mamam sekalian emoticon-Wink


Zzzzzz...

Si adek mah doyan....
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 02:01
banyak amat tu duit bre emoticon-Wow
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 03:10
Dasar garong, proyek bnyk yg mangkrak di zaman SBY. Merasa prihatin dan terzolimin!
Cuihhh
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 03:23
nunggu cuitan pak baper
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 03:43
hutang abadi yg tak akan pernah terlunaskan oleh indonesia. yakinlah.
0 0
0
SIAPA RAJA HUTANG SESUNGGUHNYA?
09-02-2017 04:07
man of baper 2017 emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 91.000
bottle-cap-usb-aromatherapy-humidifier
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.