Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

njiiingAvatar border
TS
njiiing
Harga Ayam di Peternak Anjlok Jadi Rp 12.500/Ekor, Ini Penyebabnya
Bogor - Harga ayam di kandang yang anjlok hingga Rp 12.500/ekor, jauh di bawah Harga Pokok Produksi (HPP) di rata-rata Rp 16.000/ekor. Satu ekor ayam siap potong memiliki berat kisaran 1,5 kilogram.

Wimarianto, salah seorang peternak ayam Kabupaten Bogor, bercerita harga ayam sebenarnya sudah sangat fluktuatif sejak 3 tahun belakangan ini. Harga ayam di kandang yang terjun bebas ini diperburuk dengan sulitnya mendapatkan pasokan anakan ayam atau Day Old Chick (DOC).

"Sekarang harga turun, karena sulit bersaing dengan ayam dari kandang milik integrator. Saya punya langganan (pengepul) 10 tahun. Saya biasa jual ke pasar Rp 18.000/ekor, integrator kasih harga lebih murah yakni Rp 17.500/ekor, dia masih ambil ayam ke saya," ucap Toto, sapaan akrabnya, ditemui di peternakan ayam Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Senin (6/2/2017).

"Tapi begitu saya jual ayam Rp 18.000/ekor, kemudian pabrik (integrator) bisa jual Rp 16.500/ekor, kalau melihat kayak begini, pasti langganan saya pindah. Karena dia (pengepul) enggak bisa jual di pasar kalau ada pedagang lain yang jual lebih murah dari pabrik," katanya lagi.

Integrator sendiri merujuk pada perusahaan-perusahaan peternakan unggas yang terintegrasi, mulai dari produksi DOC, pakan ayam, obat, vaksin, sarana produksi ternak, ayam potong, hingga produk olahan ayam.

Toto menampik soal tudingan peternak mandiri yang kalah efisien ketimbang kandang budidaya milik integrator. Selama ini, biaya produksi, terutama pakan, yang diterima peternak mandiri jelas lebih mahal daripada integrator.

"Kita beli pakan dari integrator, harganya sudah dilebihkan sedikit, kadang pula kualitasnya tak sebanding dengan harganya. Saya jamin kita peternak rakyat bisa bersaing dengan integrator, kalau input kita sama. DOC saja kita belinya mahal," ujar Toto.

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak peternak mandiri yang gulung tikar lantaran fluktuasi harga ayam. Memilih jadi peternak mitra atau plasma dengan integrator juga bukan pilihan, lantaran beberapa peternak juga punya sering merugi.

Peternak ayam lainnya, Listianto, mengungkapkan hal yang sama. Melimpahnya pasokan ayam dari kandang integrator membuat harga ayam di kandang peternak mandiri anjlok. Di sisi lain, turunnya harga ayam di peternak tak diikuti dengan penyesuaian harga daging ayam potong di pedagang pasar.

"Terpaksa saya jual Rp 12.500/ekor. Karena benar-benar enggak laku. Kalau saya enggak jual ayam saja, ayam saya yang lain enggak bisa makan, uangnya dipakai buat beli pakan lagi. Bandar juga enggak salah, dia pasti nyari untung banyak dengan modal seminimal mungkin. Kalau integrator bisa kasih harga ayam lebih murah, pasti dia beli dari sana," ujar Listianto.

Sementara itu, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf, menilai perlu ada regulasi ketat yang mengatur sistem plasma mitra antara integrator dengan peternak mandiri. Menurutnya, sejumlah peternak mengaku dirugikan dari perjanjian mitra dengan integrator.

"Harus ada pola kemitraan yang benar-benar bisa tumbuh bersama, antara peternak dan integrator. Kan aneh ada perusahan integrator besar tahun 2015 bisa laba Rp 1,8 triliun, tapi di sisi lain peternak malah pada bangkrut," pungkas Syarkawi. (idr/hns)

https://m.detik.com/finance/ekonomi-bisnis/3415189/harga-ayam-di-peternak-anjlok-jadi-rp-12500-ekor-ini-penyebabnya

Gue gak seberapa ngeh tentang alur perdagangan ayam, baru 2 bulan ini aja agak ngerti fluktuasi harganya gara2 disuruh bantuin nyari supplier, setau ane dipasar harga perkg karkas masih 26rb, untuk di rpa swasta sekitar 22-24rb perkg dalam keadaan frozen, bisa lebih murah kalo beli diatas 3 ton. Tapi baru ngerti kalo harga ayam idup cuman 12 rb per ekor ya dari brita ini emoticon-Big Grin ane sih dapet harga per ekor 12 rb, tapi berat karkasnya cuman 4,4 ons per ekor emoticon-Big Grin
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
16.6K
163
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.