Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pria vs Wanita, Siapa Yang Paling Suka ‘Likes’ Di Media Sosial ?

munahnavAvatar border
TS
munahnav
Pria vs Wanita, Siapa Yang Paling Suka ‘Likes’ Di Media Sosial ?


Ada berbagai alasan mengapa dalam menggunakan media sosial. Salah satunya untuk pamer sehingga meraih ‘likes’ sebanyak mungkin. Antara pria dan wanita, mana yang paling sering melakukan seperti itu ?

Penelitian terbaru dari Kaspersky Lab menunjukkan bahwa satu dari sepuluh orang akan membengkokkan kebenaran di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak ‘likes’ dari hasil unggahan mereka.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam rangka mendapatkan ‘likes’, pengguna, khususnya kaum pria lebih mungkin untuk mengunggah hal-hal pribadi mereka dibandingkan wanita.

Demi menarik perhatian dan memperoleh ‘likes’, satu dari sepuluh orang (12 persen) berpura-pura berada di suatu tempat atau melakukan sesuatu yang mungkin tidak sepenuhnya benar. Bahkan bagi kaum pria angka ini meningkat hingga 14 persen. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pengguna yang merasa lebih baik mendapatkan sebanyak mungkin perhatian di media sosial dibandingkan berbagi gambaran kehidupan mereka yang sesungguhnya.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pria lebih sensitif terkait banyaknya ‘likes’ yang mereka dapatkan di media sosial. Yang mengejutkan adalah dalam usaha mereka untuk mengumpulkan ‘likes’, pria lebih mungkin untuk mengungkapkan sesuatu yang memalukan atau rahasia tentang rekan kerja, teman atau pemimpin dibandingkan perempuan. Dimana 14 persen pria mengatakan mereka akan mengungkapkan sesuatu yang rahasia tentang rekan kerja, dibandingkan dengan 7 persen wanita, 13 persen pria bersedia mengunggah sesuatu yang rahasia tentang pemimpin mereka. Dan 12 persen pria berani untuk mengungkapkan sesuatu yang memalukan tentang teman dibandingkan dengan 6 persen perempuan.

Pria juga merasa kecewa jika mereka tidak mendapatkan jumlah ‘likes’ seperti yang mereka harapkan. 24 persen pria merasa khawatir apabila hanya beberapa orang yang menyukai hasil unggahannya, teman-teman pria tersebut akan berpikir bahwa mereka bukanlah sosok yang populer bila dibandingkan dengan 17 persen wanita. 29 persen pria juga mengakui bahwa mereka merasa kesal jika seseorang yang mereka anggap penting tidak menyukai hasil unggahan mereka.

Dalam proses mendapatkan ‘likes’, pria cenderung untuk melakukan tindakan yang lebih jauh lagi dibandingkan wanita. Seperti mengunggah hal-hal yang merepresentasikan diri mereka dan teman-teman mereka dengan cara yang lebih meyakinkan. Menurut Dr. Astrid Carolus, Media Psychologist di University of Würzburg, “hal ini sejalan dengan asumsi bahwa pria kurang memikirkan masalah keharmonisan sosial dan lebih berani dalam mengambil risiko.”

Evgeny Chereshnev, Head of Social Media di Kaspersky Lab membenarkan, tetapi juga memperingatkan bahwa perilaku berisiko seperti ini di media sosial dapat menempatkan mereka dalam posisi berisiko. “Dalam proses mendapatkan pengakuan sosial, banyak orang mengesampingkan batas-batas kewajaran antara apa yang pantas untuk dibagikan, dan apa yang sebaiknya disimpan dalam ranah pribadi,” katanya.

Evgeny lebih lanjut mengatakan, Sangatlah penting untuk melindungi diri kita sendiri, serta privasi orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa 58 persen orang merasa tidak nyaman dan marah ketika teman-teman mereka mengunggah foto-foto mereka tanpa ada persetujuan sebelumnya dari pihak terkait. Sebaiknya, orang perlu untuk lebih waspada dan mawas diri dalam dunia digital terutama perihal informasi yang mereka bagikan di media sosial dan menginstal softaware keamanan pada perangkat mereka untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai dari ancaman siber. “

SUMBER
0
21K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.