Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
metrotvnews.com
GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata
GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata

Metrotvnewscom, Jakarta: Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diminta menjaga tutur katanya. Bila tidak, kontroversi perkataan Ahok bisa terulang kembali.


"(Tim pemenangan) mesti dingatkan Pak Ahok. Perlakuan Ahok kepada kiai, yang lebih tua. Dia (Ahok) harus bertutur kata yang baik," kata Ketua Hubungan antar Lembaga Gerakan Pemuda (GP) Ansor Redim Okto Fudin dalam diskusi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (4/1/2017).


Mantan Bupati Belitung Timur dinilai tidak pantas mencecar hingga mengintimidasi Ma'ruf Amin. "Beliau (Ma'ruf) tokoh yang bisa persatukan (umat), selesaikan, beri solusi kegaduhan," jelas dia.


Rodim menilai, pernyataan Ahok di sidang merupakan blunder politik. Hal itu bisa memicu ketegangan antara Ahok dan GP Ansor.


"Ansor Banser selama ini enggak pernah mengusik Pak Ahok. Enggak pernah buat pernyataan tidak mengenakan. Enggak pernah keluarkan kata-kata tidak pantas ke Ahok. Tapi, ketika kiai kami diperlakukan seperti ini, asli kita marah betul," jelas dia.


Baca: Perjalanan Ma'ruf Amin hingga Hadir di Sidang Ahok


Dalam persidangan, Ahok dan kuasa hukum meragukan objektivitas Ma'ruf dalam mengeluarkan sikap keagamaan terkait ucapannya soal surat Al Maidah ayat 51. Kubu Ahok juga mempertanyakan hubungan Ma'ruf dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.


Ahok menyebut Ma'ruf bertemu dengan pasangan kepada daerah DKI Jakarta nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni pada 7 Oktober 2016 yang diusung SBY. Ahok juga menyasar posisi Ma'ruf yang sempat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) era SBY.


"Saya juga keberatan tapi itu hak saksi, setelah dibuktikan meralat 7 Oktober ketemu paslon nomor satu dan jelas menutupi riwayat hidup pernah jadi wantimpres SBY, dan tanggal 6 Oktober pukul 10.16 WIB ada bukti minta pertemukan saudara dengan Agus-Sylvi. Saudara sudah tidak pantas jadi saksi karena tidak objektif dan mengarah dukungan pada paslon satu," kata Ahok dalam persidangan, Selasa, 31 Januari 2017.


Baca: Kubu Ahok Ingin Hadirkan SBY di Persidangan


SBY pun mempertanyakan rekaman yang dimiliki kubu Ahok tentang pembicaraannya dengan Ketua MUI Ma`Ruf Amin. SBY menyebut rekaman itu ilegal.


Menurut SBY, jika benar rekaman penyadapan itu ada, pelakunya melanggar Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dia mengungkapkan, sesuai Pasal 31 UU 11 Tahun 2008, seseorang yang tidak memiliki kewenangan `menguping` dapat dipidana penjara 10 tahun dan denda Rp800 juta.


“Konstitusi kita melarang penyadapan ilegal. Saya mohon, kalau pembicaraan saya dengan Ma`ruf Amin disadap, saya harap polisi, jaksa, dan pengadilan menegakkan hukum sesuai UU ITE,” ujar SBY, Rabu, 1 Februari 2017.


Ahok sudah meminta maaf dan mengklarifikasi duduk permasalahannya melalui media. Ma'ruf telah memaafkan ucapan Ahok.


Ma'ruf mengaku memaafkan Ahok tanpa melihat video tersebut. Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak memaafkan seseorang yang sudah memohon maaf. “Ya harus dimaafkan kalau dia sudah meminta maaf,” kata Ma’ruf dalam tayangan Metro TV, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2017.


Ketua Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu juga meminta seluruh kader PBNU dan umat Islam menahan diri guna menciptakan kondisi yang tenang dan damai.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...aga-tutur-kata

---

Kumpulan Berita Terkait KASUS HUKUM AHOK :

- GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata

- GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata MUI Minta Bukti Percakapan Ditampilkan di Sidang Ahok

- GP Ansor Minta Ahok Jaga Tutur Kata Perjalanan Ma'ruf Amin hingga Hadir di Sidang Ahok

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.9K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.id
KASKUS Official
23KThread608Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.