fokusbannedAvatar border
TS
fokusbanned
Buktikan Tuduhan Penyadapan, Kepolisian Diminta Periksa HP SBY


Jakarta - Kepolisian diminta untuk dapat memeriksa seluruh sarana telekomunikasi, termasuk telepon genggam mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Semua dilakukan untuk membuktikan apakah memang ada upaya penyadapan atau tidak.

"Cara menyadap bisa dengan memasukkan bug, trojan atau aplikasi malware yang membuat HP tidak aman. Karena itu harus dilihat gadget Pak SBY, diperiksa apakah ada aplikasi-aplikasi yang dicurigai digunakan sebagai penyadap," kata pengamat intelijen Ridlwan Habib, Kamis (2/2) di Jakarta.

Alumni S2 Kajian Strategi Intelijen Universitas Indonesia (UI) tersebut, menuturkan, saat ini metode penyadapan sudah semakin canggih. Sebuah aplikasi atau file bisa menginfeksi handphone sehingga bisa di-cloning oleh orang tak bertanggungjawab.

"Polisi perlu melakukan cek total HP Pak SBY, dilihat secara menyeluruh, untuk mendeteksi bug atau bad malware yang mungkin saja ada di HP itu," ujarnya.

Hasil digital forensik yang lengkap nantinya bisa membuktikan apakah HP SBY disadap atau tidak. Dengan demikian, berbagai tuduhan yang semakin liar dapat dihindari.

"Jika Pak SBY menuntut keadilan, saya kira Polri tanpa harus menunggu laporan harus melakukan uji forensik digital terhadap handphone yang digunakan Pak SBY, terutama HP yang digunakan saat komunikasi dengan Ketum MUI itu," ungkapnya.

Selain itu, cara penyadapan bisa juga dilakukan dengan cara memasang alat sadap di rumah atau kantor. Ini pernah dilakukan terhadap Jokowi saat menjabat sebagai gubernur DKI 2013. Saat itu, ada tiga alat sadap yang ditemukan di rumah dinas Jokowi sebagai Gubernur.

"Polisi bisa juga dibantu oleh aparat negara yang mempunyai kemampuan sweeping alat penyadap, juga perlu melakukan cek total kediaman Pak SBY di Puri Cikeas," kata Ridlwan Habib.

Alat sadap bisa disamarkan dalam bentuk apa saja. Pada kejadian penyadapan di rumah dinas Jokowi 2013, alat sadap ditemukan ditempel menggunakan lem.

"Sekali lagi, ini bukan delik aduan, jadi tanpa harus menunggu pak SBY, Polri bisa melakukan sweeping di Puri Cikeas untuk memastikan apakah rumah Pak SBY steril atau tidak dari alat sadap," ujar koordinator Indonesia Intelligence Institute itu.

http://www.beritasatu.com/politik/41...sa-hp-sby.html

Nah, biar jelas.
Selain itu, persidangan itu setahu ane selalu ada rekamannya deh. Coba polisi diminta utk dengarkan rekaman itu emoticon-Motret
0
4.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.