Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mayaarviniAvatar border
TS
MOD
mayaarvini
Integritas, Kunci Sukses dalam Bekerja


Hai Agan dan Sista!
emoticon-Ultahemoticon-Ultah

Kembali lagi barsama ane, Maya Arvini. Untuk profil lengkap ane, bisa dicek di link ini ya. Ane udah nulis beberapa tips seputar karir buat agan dan sista lho. Penasaran sama apa aja yang udah ane tulis? Cek ada di kategori “News & Info”, forum “Bisnis” sub forum “Dunia Kerja dan Profesi”, disitu agan dan sista bisa baca thread-thread yang udah pernah ane tulis.
Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :
1. Ane baca dan reply thread setiap selasa dan kamis jam 8 – 9 malem.
2. Untuk yang mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yang bersifat komplen, beraura negatif, bikin semua yang baca jadi bete.
3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.
4. Ane hanya akan jawab agan yang nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu dihina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.
Sebelumnya ane uda bahas tentang ayo buat suasana kantor menyenangkan. Yang belum sempet baca, bisa klik link ini.


KENAPA HARUS JUJUR SIH??


Sebelumnya, agan sista harus tau dulu apa sih makna integritas sebenarnya. Menurut KBBI, integritas berarti mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran.
Menurut Henry Cloud, penulis buku Integrity: The Courage to meet the Demands of Reality, bahwa integritas adalah kunci kesuksesan seseorang. Untuk masalah topik ini, ane pernah sampein di seminar mahasiswa STAN berikut linknya: http://mayaarvini.com/2015/11/semina...-stan-jakarta/.

https://parentingbydrrene.files.word...b_62393847.jpg
Banyak yg mengaitkan integritas dengan kejujuran, ada juga yg mengaitkan integritas dengan konsistensi. Maksudnya konsisten antara yg diomongin dengan yg dilakukan. Untuk ane sendiri integritas adalah kemampuan diri kita untuk bisa berkata dan bertindak benar ketika kita memiliki pilihan untuk tidak memilikinya.
Maksudnya ? berkata dan bertindak benar atau jujur itu sebenanrnya ga susah-susah banget apalagi buat orang yg emang udah jujur dari sananya. Yang sebenarnya susah itu ketika kejujuran itu diuji. Misalnya nih, jaman sekolah dulu banyak temen-temen ane yg hobi nyontek, ya nyontek ke buku pelajaran, nyontek ke temennya atau minta contekan ke ane. Maklum ane langganan Juara jadi langganan juga dicontekin hahaha…..disaat itu sebenarnya semua orang punya pilihan, apalagi kalo pengaawas atau gurunya longgar, semua siswa punya kesempatan yg sama untuk nyontek.
Dalam konteks kehidupan, integritas juga berhubungan dengan konsistensi. Belakangan sering lihat banyak koruptor yg dalam tampilan sehari-hari terlihat religious, pelihara jenggot, suka Kasih ceramah keagamaan, eh ketangkep OTT sama KPK. Itu ga Cuma ga punya integritas tapi juga munafik. Semoga kita bukan orang-orang seperti itu. Ketika kita punya keyakinan ttg sesuatu dan kemudian menyuarakannya ke banyak orang apalagi ke publik, kita sendiri harus menerapkannya. Itu yg namanya konsistensi, atau istilah Bahasa Inggrisnya : walk the talk.

yuk simak alasana kenapa jujur itu penting, cekidot:
emoticon-cystgemoticon-cystg
1. Bisa dipercaya rekan kerja dan atasan

(ane dengan bos ane, Pak Husodo Angkosubroto).

Quote:


Dengan memiliki integritas atau sikap jujur di semua perilaku, tindakan dan perkataan akan secara perlahan membentuk karakter pribadi yang lebih professional dan loyalitas dalam bekerja yang membuat orang yang berada disekitar agan sista punya rasa percaya sehingga baik sesame rekan kerja maupun atasan bisa menaruh dan menempatkan agan dalam posisi apapun untuk mengatasi masalah tanpa perlu takut terjadinya kecurangan yang bisa merugikan banyak pihak.

2. Membangun Kredibilitas, Profesionalitas, dan Sikap Konsisten
Sikap jujur dalam segala tindakan dan perkataan tidak hanya akan membuat agan sista menjadi orang yang bisa dipercaya sesama rekan kerja maupun atasan, lebih dari itu sikap integritas di dunia kerja mampu membimbing agan sista dalam pembentukan karakter yang lebih kredibel, professional, dan konsisten. Kredibilitas merupakan langkah lanjutan dari kepercayaan (trust) yang dibangun dari sikap intergritas karena membangun integritas menuntut konsistensi sikap dan perilaku agan sista sehari-hari. Kredibilitas, berhubungan dengan bisa tidaknya seseorang dipercaya dalam dunia kerja. Sebagai contoh agan dikasih tugas kantor dan bisa menyelesaikannya tepat waktu dan hasilnya optimal, bisa disebut agan punya kredibilitas alias dapat dipercaya. Buat ane pribadi, integritas adalah hal yang sangat sulit untuk dikompromikan karena intergritas mencakup banyak hal seperti sikap tanggung jawab sebagai modal untuk bisa lebih professional dalam bekerja, kapasitas untuk bisa dipercaya dan diandalkan serta komitmen yang tidak mudah luntur sebagai mana bisa menunjukan bahwa ane punya sikap yang konsisten pada nilai yang ane pegang serta konsisten dalam bekerja.

3. Membangun Lingkungan kerja yang bersih dan terbuka

http://i43.tinypic.com/2lkcjk4.jpg

Sepanjang usia ane, integritas merupakan salah satu nilai yang sangat ane jaga. Ane pribadi tidak pernah memamipulasi nilai dengan melakukan plagiat selama sekolah dan kuliah. Sikap ini berlanjut saat ane udah masuk dunia kerja. Ketika bekerja tentu lebih banyak godaan untuk tidak jujur lebih besar, seperti godaan untuk melakukan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Hal tersebut bisa jadi menjadi batu penghalang ane dalam meraih kesuksesan di dunia kerja. Tentu bukan hal yang tabuh tindakan KKN di dunia kerja banyak terjadi, bahkan ketika ane bekerja dna berhadapan dengan orang-orang yang ingin memenangkan tender di kantor, tidak jarang mereka menggunakan cara lain yang mengarah ke KKN, perusahaan ane pun selalu mewanti-wanti agar karyawannya untuk tidak menerima tawaran dari pihak mana pun yang ingin memenangkan tender dengan cara curang. So, integritas akan membantu agan sista dalam membangun lingkungan kerja yang bersih dan tebuka sehingga tidak ada pihak manapun yang dirugikan.

Setalah memahami tiga manfaat diatas, tentunya agan sista penasaran bagaimana cara untuk membangun sikap jujur atau integritas di dunia kerja. Berikut tips dari ane :

1. Jujur pada diri sendiri
Quote:


Sebelum jujur pada orang lain, pertama kali agan yg diperlukan pastinya jujur terhadap diri sendiri. Simplenya nih ya, gimana mau bisa jujur sama orang kalo sama diri sendiri aja kita ga bisa jujur. Jujur pada diri sendiri sangat diperlukan untuk membuka pikiran dan nurani agan sista sebagai makhluk hidup. Dengan jujur pada diri sendiri, agan lebih ngerti dan tau sebenernya apa sih yang ingin agan capai atau dituju dalam hidup agan, jujur deh pada nurani sebenernya berbohong aka ngibul itu bener atau salah sih? Coba jujur juga pada diri sendiri sebenernya korupsi atau kawan-kawannya itu termasuk mencuri dan dosa ga sih? Jujur pada diri sendiri bisa membantu menemukan jati agan sista yang mungkin selama ini sulit untuk ditemukan, agan perlu tau siapa sebenarnya agan sista itu, apakah seorang pencuri, koruptor, maling, atau orang yang jujur, bisa diandalkan, dan orang yang bisa dipercaya oleh orang lain. Dan jujur pada diri sendiri apa mau dikenang sebagai orang baik atau dikenang jadi orang jahat. So, be honest with yourself.

2. Walk the talk

https://septleipzig.files.wordpress....k-the-talk.jpg

Cara selanjutnya supaya agan bisa memulai hidup jujur adalah lakukan apa yang sudah dikatakan. Hal paling simple adalah selalu tepati ketika agan sista membuat janji atau punya janji dengan seseorang, ini merupakan langkah kecil untuk melatih kejujuran agan sista. Selanjutnya agan perlu untuk menjalankan dan melaksanakan apa yang sudah dibuat dan dimulai, selesaikan apa yang sudah agan sista mulai. Seperti pengalaman pribadi ane, dulu dimasa kuliah ane masuk dua jurusan yang berbeda, tentu itu menguras pikiran, tenaga dan waktu, tapi semua itu ane lakukan dengan rasa semangat dan tidak terbebani karena apa yang ane mulai akan diselaikan dan tidak akan berhenti ditengah jalan. Hal itu ane lakukan sejak di bangku sekolah, karena dulu ane punya cita-cita pingin jadi CEO suatu saat nanti. Untuk menggapai cita-cita itu tentu perlunya komitmen tinggi, berusaha, disiplin, daya tahan, dan daya saing yang kuat sehingga saya bisa meraih target dalam hidup ane.

Quote:


3. One word, One action

https://c1.staticflickr.com/5/4085/5...297f09dd7c.jpg

Tidak kalah penting dengan point sebelumnya, one word-one action pun dibutuhkan untuk menunjang karir agan sista. Di dunia kerja kita dituntut untuk menunjukan hasil kerja nyata yang optimal dan performa yang sempura untuk menyakinkan bahwa agan sista bisa dipercaya mengambil alih tugas kantor. Ini menuntut agan sista untuk lebih do more action than words atau istilah kerennya talk less do more.
Tidak perlu untuk banyak bicara, janji-janji ujung-ujung nya itu semua tidak bisa agan sista penuhi, malah pada akhirnya orang-orang bakalan tidak percaya lagi sama agan sista.
Mulai dari yg paling sepele, kalau memang kita janji untuk menyelesaikan suatu tugas misalnya ke rekan kerja atau ke bos kita besok akan kita kirim, tepati betul-betul kalau besok agan bakal kirim. Orang itu kalau kita berjanji pasti akan inget. Kalau sampai tidak kita tepati, nanti orang tersebut akan bisa bicara ke orang lain lagi kalau kita tidak menepati janji kita. Ga bagus kan jadinya buat diri kita sendiri?

4. Komitmen tinggi dan tanggung jawab
Quote:


Untuk membangun integritas dalam diri seseorang perlunya komitmen tinggi dan rasa tanggung jawab yang besar. Komitmen ini berguna untuk bisa mempertahankan nilai-nilai dan norma yang sudah agan sista terapkan supaya lebih bertindak jujur. Biasanya banyak orang akan tergiur dengan jalan pintas yang bisa membuat mereka lebih cepat naik ke puncak karir. Namun, jika agan sista punya sikap komitmen yang tinggi, apapun godaan dan tawaran yang diberikan, tentu itu tidak akan bisa mengoyahkan nilai kejujuran yang agan sista bangun.
Komitmen dan tanggung jawab merupakan hal yang diperlukan oleh pekerja untuk bisa membangun professionalism dalam pekerjaan. tentunya banyak orang yang berpotensi tinggi untuk bisa sukses, tapi tidak semua orang bisa dimintai pertanggungjawaban. Orang-orang seperti ini biasanya sulit diandalkan dalam dunia kerja yang secara transparan menuntut komitmen dan tanggung jawab besar. Contoh palling mudah, biasanya nih kayak ane yg sering ikut tender buat jualan system dipemerintahan misalnya. Ketika kita mengikuti tender sudah ada tenggat waktu, proposal harus dikirim paling lambat hari Selasa tanggal 31 January 2017 jam 5 sore.
Bisa aja Karena waktu yg mepet dan kerjaan yg numpuk, belum lagi harus menyediakan waktu untuk koordinasi dengan tim, ga jarang ane dan juga tim ane jadi harus begadang mastiin kita bisa memenuhi tenggat waktu yg diminta. Ga mudah memang, tapi ini yg namanya komitmen. Dan komitmen itu penting itu melihat seseorang itu professional atau tidak.


5. Hindari lingkungan yang tidak mendukung

http://www.lylcoach.com/wp-content/u...of-Friends.jpg

Hal yang tidak kalah pentingnya ada mencermati lingkaran pergaulan agan sista. Seperti pepatah Inggris mengungkapkan suatu fenomena pergaulan dengan tepat, “Birds of a feather flock together”. Artinya, orang-orang yang memiliki kesamaan selera, minat, atau kepentingan akan dengan sendirinya bekrumpul bersama. Sama halnya kejujuran, setelah diri agan sendiri sudah memulai untuk hidup jujur, pastikan lingkungan sekitar mendukung langkah agan. Cermati lingkaran pergaulan agan, apa mereka cukup memberikan dampak baik atau malah dampak buruk, karena pergaulan agan sista turut jaid salah saut pendorong kesuksesan di dunia kerja. Hindari teman yang bisa menjerumuskan agan ke tindakan yang curang dan tidak baik. Seperti halnya banyak orang tau, kalo kita berteman dengan penjual minyak wangi, sudah barang tentu kita ikut terasa wangi dan sebaliknya jika kita berteman dengan penjual kambing, sudah barang tentu bau kita seperti kambing juga. Jadi, mulai dari sekarang prioritaskan untuk berteman dengan orang yang bisa membawah perubahan dan bergerak ke arah yang lebih baik serta mulai untuk mengurangi intensitas bergaul dengan orang yang malah banyak memberikan dampak buruk ke agan sista.

Quote:


6. Berbicara sesuai fakta

http://www.aolcdn.com/red_galleries/...400a062507.jpg

Cara selanjutnya, agan sista perlu untuk selalu berusaha berbicara sesuai fakta. Hindari perkataannya yang berlebihan dari fakta. Memanipulasi fakta yang dilapangan dan disampaikan ke orang lain merupakan salah satu bentuk ketidakjujuran ya gan. Didunia kerja mungkin agan bakal disuruh untuk mengumpul beberapa survey untuk data statistik kantor, nah dalam pengambilan data tersebut agan sista tidak diperolehkan sama sekali memanipulasi data dan fakta karena ini bukan hanya berdampak buruk ke agan tapi kantor yang bisa salah mengambil kebijakan. Berbicara sesuai bukti, tidak ditambah-tambah atau dikurang-kurangi merupakan kunci supaya agan punya kredibilitas tinggi di dunia kerja.
Hal yang tidak kalah penting adalah hindari bergosip di kantor. Untuk alasan lebih detail mengenai hal ini agan bisa cek link berikut: https://www.kaskus.co.id/thread/5624...r-dengan-tepat. Selain bergosip bisa membuat kita membicarakan orang lain, gossip juga tidak jarang membicarakan hal-hal yang belum pasti, dan biasanya orang-orang yang bergosip punya kecendurangan untuk memanipulasi fakta yang sebenarnya. Ingat sepertinya apa yang ane udah jelasin diatas, circle of friends sangat penting ya gan, so menghindari gossip sama aja dengan mencoba untuk memilih lingkungan pertemanan agan sista yang baik.

7. Jaga prinsip dan Always be Grateful
Cara selanjutnya untuk bisa membangun intergritas adalah dengan selalu berusaha untuk selalu menjaga prinsip, nilai-nilai, dan norma-norma sosial, kehidupan serta agama kita sendiri. Agan sista sangat perlu untuk konsisten dalam rangka mempertahankan prinsip dan nilai yanga ada di hidup agan supaya tidka mudah untuk tergiur godaan yang bakal menghancurkan karir agan. Perlunya iman dan kedekatan kita ke pada Pencipta supaya setiap langkah yang kita tempuh berkah dan jauh dari hal yang menyesatkan dan memambah dosa. Coba untuk selalu ingat kehidupan setelah ini, selalu berpikir jenrinh sebelum bertindak, pikiran apa akibat dari perbuatan kita yang tidak jujur, atau bahkan korupsi. Ingat selalu Allah tidak pernah tidur, dan Maha Mengetahui.
Setelah selalu berusaha menjaga prinsip dan nilai keagamaan, agan sista perlu untuk selalu bersyukur, be grateful. Memang perjalan menuju kesuksesan akan terasa berat, tetapi begitu kita dapat meraih kesuksesan, kita akan merasakan kenikmatan yang tak dapat tergantikan dengan apa pun. Seperti apa yang ane alami di dunia kerja, agan sista pasti akan menemukan banyak kesempatan untuk mengompromikan integritas dan kejujuran yang memungkinkan agan sista mendapatkan lenih dari apa yang dimiliki sekarang, termasuk materi dan status. Namun perlu diingat, sesuatu yang didapatkan secara instan jarang sekali bisa bertahan lama, terutama bila terkait dengan urusan pekerjaan, bisa-bisa kredibilitas agan yang dipertahrukan di sana, kan gawat. Untuk menghidarinya coba lah untuks selalu bersyukur, perlu dicatatan bersyukur sangat berbeda dengan cepat puas. Bersyukur disini maksudnya agan sista perlu untuk mensyukuri segala pencapain yang diraih, jika kita selalu mencoba bersyukur tentu rasa tamak, greedy, rakus akan materi, status dan kekuasaan yang merupakan awal dari hilangnya integritas akan jauh dari diri kita, sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan KKN dan perbuatan buruk lainya. Amin.

8. Selalu evaluasi diri

http://i1.wp.com/blog.rescuetime.com...nail.jpg?w=500

Rendah hati bisa membuat agan lebih down to earth jadi tidak ada rasa yang terlalu ambisius untuk mencapai target tentu yang malah bisa memakai jalan pintas. Rendah hati tidak sama dengan rendah diri, rendah diri itu minder. Rendah hati itu tidak sombong, kita bisa mengontrol diri kita untuk tetap bersyukur. Sekeren-kerennya kita pasti masih banyak kok yg lebih keren. Karena itu kita harus selalu bersyukur dan Belajar evaluasi diri. Refleksi terhadap diri sendiri, evaluasi diri kita apa semua tindakan yang dilakukan sudah sesuai? Sudah tepat kah jalan yang kita ambil untuk mencapai target, dan selalu berkaca kita ini siapa? Pantaskah berperilaku curang dan tidak jujur. Di tahap ini perlunya rasa percaya pada diri dan jujur ke diri agan sista sendiri supaya bisa memperbaiki hal-hal yang kurang baik untuk menuju perubahan yang lebih baik lagi. Cukup sering emosi ane kepancing ketika berhadapan dengan anak buah, karyawan atau orang lain yg ane suka pikir ga kompeten. Tetapi ane selalu inget bos ane yg rendah hati dan ga pernah marah. Makanya kalau ane udah pingin marah biasanya ane inget, waduh bos ane aja ga pernah marah, ane siapa pula mana pantes punya hak marah dikantor. Walau seiring dengan usia ane yakin kita pasti akan jadi orang yg makin sabar.

Ok, sekian dulu tips dari ane. Semoga bermanfaat!
emoticon-2 Jempolemoticon-terimakasih
Twitter & Instagram : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First

www.mayaarvini.com

0
8.2K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.