Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifaulia94Avatar border
TS
arifaulia94
Banking Operational Staff Jakarta BANK MANDIRI 2017
Halo agan2 semuanya. Mau share nih tentang pengalaman ane buat posisi Banking Operational Staff di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jadi so langsung aja yah gue mulai ceritanya untuk pengalaman gw selama ini....... So here my story

perjalanan gw untuk kerja di Bank Mandiri, udah ada sejak awal pas mulai lulus dari kuliah sih, Cuma mungkin Baru kepikiran tahun 2016 kemarin hehehe. Tahun 2016 kemarin gw awal pertama coba test dari mandiri adalah untuk posisi Business Support Staff cuma kemarin ane gagal pas di tahap 3 (Psikotest dan Assestment Test) Sempet galau gara2 kok gak keterima sih dan sempet nyepelein kemampyuan diri sendiri sih...... (Agak ga baik sih ya)

Setelah 3 minggu dr gak lolos untuk posisi BSS itu kembali coba website mandiri workable dan coba apply BSS FST dan coba Keuntungan baru untuk coba Apply posisi Bank Operational Staff (Jakarta Regional III) ya daftar kali ini ya nothing to loose ya gak seoptimis pas pertama daftar untuk posisi bss pertama sih.

Daftar pertama sih pertama bulan november pertengahan sekitar tanggal 15an. Hari demi hari gw tungguin, udah sampe 14 hari sejak gw daftar di website kok gak dipanggil ya...... Huhu (Udah mulai hopeless) karena kmrn pas pertama kali daftar BSS 10 hari dari daftar udah dipanggil tapi ini kok blm ya? Yaudah udah hopeless gak akan keterima. Huhuhuemoticon-Frown 3 minggu berlalu, tepatnya tanggal 8 Desember 2016 ternyata Sms bunyi masuk dan pas diliat ternyata dari Bank Mandiri yang isinya suruh dateng untuk interview Banking Operation Staff di Menara Mandiri jam 8 dengan membawa CV dan Berpakaian Rapih.

Besoknya, 9 Desember 2016 berangkat dari rumah pagi jam 6 karena takut telat + ambil cuti dari kantor (Ya gw saat ini msh bekerja di perusahaan asuransi di Jakarta) Perjuangan pun dimulai saat naik kereta karena kereta kalau jam segitu ramenya keterlaluan. Sampe di Stasiun Tebet jam 07.00 dan lsg ke Menara Mandiri naik Uber dan sampe jam 07.45 (udah mau telat sih yaaaa, heeee) Nyampe di Menara Mandiri udah ngeliat jutaan peminat juga (lebaaayyyy) hahaha pokoknya banyak deh ada ratusan yang dipanggil juga dan dikumpulin di Aula gt.

Setelah jam 8 teng, agak ngaret dan Usernya baru masuk jam set 9 di Aula. Ternyata BOS ini kurang lebih seperti Kriya. Tapi tidak sepenuhnya Kriya lohhh. Karena jika lulusan S1 bisa untuk diangkat jadi permanent staff dan bisa dipindahkan ke divisi lain di mandiri tanpa test juga. Sedangkan lulusan DIII dan SMA belum bisa untuk diangkat menjadi permanent staff loh, jd mereka cm dikasih certificate doang setelah mengikutin kontrak di BOS ini. Masalah Salary,Dll juga berbeda menurut jenjang pendidikan. So it depends on your education level!..... Nah setelah dijelaskan panjang lebar kira dikasih tau kalau hari itu akan ada 2x interview dan sistemnya gugur. Yg gak lolos pertama akan interview ke dua dan yg gak lolos boleh pulang. Di interview pertama sih, kita dipanggil ber-10 dan masuk keruangan yang isinya 5 user dan kita disuruh Selling yourself and How you to make your impressions at the first sightemoticon-Smilie So the key is just be yourself and underline and telling your strength!

Setelah itu kita disuruh keluar dan kalau sudah semua akan diberitahu siapa saja yang lolos. Setelah nunggu 30-45 menit. Kita dikasih tau siapa saja yg lolos. Dan Alhamdulillah nama gw disebut pertama yang lolos lohhh. Lumayan banyak yg di cut-off. Sekitar 250 yang dateng. Yang lolos tahap ini cuma sekitar dibawah 100orang. Nah setelah itu yg lolos dikumpulkan dan kita disuruh data di laptop dan akan dipanggil berdua dua didepan interviewer yang pertama ini. Disini adalah tahap dimana interviewer yang nanya kita, lebih nanya dan mau tau tentang diri kira sih sebenernya dan motivasi masuk mandiri dll. The key is jawab aja jujur dan sebisa mungkin dan jangan ada yang ditutup2ib. Setelah itu dikasih tau kalau nanti lolos akan diberitahukan 2 minggu dari ini atau paling telat 1 bulan dan kami disuruh pulang

Ternyata 1 minggu kemudian tepatnya tanggal 15 Desemver 2016, sore sore hp ada telfon dan gw amgkat ternyata dari Bank Mandiri yang bilang gw lolos untuk tahap selanjutnya dan besok akan diundang Psikotest di Bank Mandiri Depok Margonda. Btw, Psikotest Mandiri menggunakan SHL bukan dr PPM. Karena berhubung pernab ikut psikotest mandiri juga pas pertama kali daftar yg gak lolos itu, so ane harus prepare sebaik mungkin dan latihan terus biar bisa lolos buat tahap ini.

Besoknya, tanggal 16 Desember 2016 gw dateng di TKP on time ternyata ada 3 orang yang test di Mandiri Depok looh. Dan seperti biasa kita disuruh pulang dan disuruh tunggu maks 2 minggu kalau lolos akan diberitahu.

Ini adalah tahap paling lama dari seluruh tahap, karena gw udah mikir yang buruk2 aja. Gw sempet mikir kl ane gak lolos yang kedua kali di tahap psikotest ini karena gak ada kabar. Akhirnya udah legowo nerima kl gak lolos tahap ini. Tapi Allah denger doa gw, setelah hampir 1 bulan tepatnya tanggal 10 Januari 2017 dikasih tau untuk datang Medical Check up tanggal 12 Januari 2017 di Gedung Manggala Wanabakti di Senayan jam 8 dan disuruh puasa dari jam 10 malem.

Tanggal 12 Januari 2017, ane cuti lg dr kantor untuk ikut medcheck ini. Berangkat dari rumah jam 6 dan kembali berkutik dengan ramenya kereta jam 6 (maklum lah biasanya naik yg jam 7 kl kerja, Heeee) Terus naik gojek dr tebet dan sampe jam set 8 disana dan baru ada 2 orang dan makin lama makin banyak. Dan ternyata cuma ada 14 orang yang di medical check up dan semuanya untuk posisi BOS Mandiri. Untuk medical check up mandiri banyak yg ditest, yaitu : urin, mata, jantung, gula darah, internis, tinggi dan berat, kolesterol, HIV, Narkoba, dll. Banyak tetuah bilang "Biasanya kl udah medical dan as long as lo sehat sehat aja ya biasanya lo lolos" Cuma kan ini BUMN dan banyak yg gak lolos juga banyak kan di tahap ini kl liat di thread sebelumnya. Nah setelah medcheck yg durasinya lama. Kami disuruh pulang dan akan diberitahu kl lolos.

13 hari kemudian, tepatnya tanggal 25 Januari 2017, saya kembali di telfon oleh Bank Mandiri yang menyatakan saya lolos seluruh tahap untuk posisi BoS di Bank Mandiri ini. Dan diberitahu untuk Offering Letternya tanggalnya akan diberitahukan menyusul. Alhamdulillah tanpa henti yang saya ajukan. Ya gimana nggak. Ini kayak mimpi, kayak all efforts is paid off! Well, after a long time bisa bergabung menjadi Mandirian. Dan I ensure myself to develope my expertise and challenge myself to learn more about this position and grow together to work as well as I wish. Semoga bisa mengemban dan bekerja sebaik mungkin di sini. Amiiiinnn


Ps: Buat temen2 yang sedang berjuang melamar di Bank Mandiri, Tetap semangat yah! Jangan lupa terus usaha dan berdoa. Berharap juga penting! Tetap positif sama diri sendiri ya. InsyaAllah all those positive things can feed back on you directly kok. Well..... Goodluck!❤
0
44K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.