Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ellzaAvatar border
TS
ellza
PKB Desak Ahok Minta Maaf ke Ma'ruf Amin
Jakarta - Pernyataan terdakwa dugaan penistaan agama, Basuki T Purnama (Ahok) yang mempersoalkan bantahan Ketum MUI Ma'ruf Amin terkait percapakan telepon dengan Susilo Bambang Yudhoyono mengundang reaksi warga NU. PKB menyebut Nahdliyin marah dan menuntut Ahok minta maaf kepada tokoh besar NU itu.

"Sikap keras Ahok yang kasar, arogan dan ngancam-ngancam Kyai Ma'ruf saat persidangan membuat warga NU menjadi sangat marah," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan dalam perbincangan, Rabu (1/2/2017).

Sikap Ahok kepada Ma'ruf disebutnya telah melukai warga NU. Menurut Daniel, pernyataan Ahok dan tim di persidangan saat Ma'ruf bersaksi merupakan langkah blunder.

"Apa Ahok tidak paham dan sadar betapa dihormatinya Kyai Ma'ruf oleh warga NU, beliau adalah pimpinan tertinggi di PBNU saat ini," ujarnya.

Daniel menyatakan, seharusnya Ahok menyadari bahwa NU sejak awal merupakan pelindung segenap komunitas dan selalu menjadi garda terdepan dalam menjaga keseimbangan bangsa agar teduh serta damai. Mengusik tokoh NU menurutnya sama saja dengan melukai Nahdliyin.

"Ini menjadi hadiah yang sangat menyedihkan dari seorang Ahok kepada NU di hari ulang tahunnya yang ke-91," tutur Daniel.

"Apa Ahok tidak sadar kalau dalam beberapa bulan ini NU pontang-panting dan pasang badan dalam menenangkan situasi yang panas akibat ulah dan ucapannya?" sambung dia.

Dikatakan Daniel, NU bahkan mendapat kritikan keras dari banyak pihak karena hal tersebut. Namun demi menjaga persaudaraan kebangsaan dan pemerintahan serta suasana kondusif, NU tetap menjalaninya demi membuat umat paham akan pentingnya persatuan.

"Bukannya membantu kok sekarang malah ngancam-ngancam Kyai NU secara arogan," ucap Daniel.

Wakil Ketua Komisi IV DPR itu pun meminta Ahok untuk mengingat kontribusi NU kepada dirinya selama ini. Terutama perjuangan keluarga besar Ahok saat menjadi Bupati Belitung Timur hingga akhirnya bisa menjadi Gubernur DKI.

"(Itu) karena perjuangan Gus Dur dan Nahdliyin, bahkan PKB bersama Banser dulu pasang padang buat Ahok," sebutnya.

Daniel pun menegaskan, PKB meminta Ahok untuk segera menghadap Kyai Ma'ruf dan meminta maaf. Itu demi menenangkan warga NU sekaligus meneduhkan suasana kebatihan bangsa.

"PBNU dan Nahdlyin lagi marah besar. Panas dan keras di dalam. Apalagi sikap ansor. (Ahok) jangan mempolitisir urusan hukum Kyai Ma'ruf mau ditelepon atau menelepon siapa pun adalah hak beliau," tegas Daniel.

"Bahkan secara pribadi mempunyai pilihan politik kepada siapa pun juga adalah hak beliau yang dilindungi UU. Dan itu tidak ada urusannya dengan Ahok. Ahok tidak berhak mengatur apalagi memvonis hak warga negara apalagi seorang Kyai besar seperti Kyai Ma'ruf," imbuhnya.

Sebelumnya dalam persidangan, tim pengacara Ahok berulang-ulang mengajukan pertanyaan akan adanya telepon dari SBY kepada Ma'ruf untuk meminta dikeluarkan Fatwa MUI terkait ucap Ahok. Ma'ruf pun berkali-kali membantahnya.

Tak hanya tim kuasa hukum, Ahok juga ikut bicara menanggapi pernyataan Ma'ruf. Salah satu yang dipertanyakan Ahok tentang percapakan telepon itu adalah soal pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan. PBNU.

"Saya berterima kasih saudara ngotot di depan hakim meralat ini, mengakut itdak berbohong. Kami akan memperoses secara hukum. Untuk bisa membuktikan bahwa kami punya data lengkap," tukas Ahok menanggapi bantahan Ma'ruf di persidangan, Selasa (31/1).

Sumber : https://m.detik.com/news/berita/d-3410754/pkb-desak-ahok-minta-maaf-ke-maruf-amin

--------------

Gk tau trima kasih. Nu itu pemersatu bangsa, selalu brada di pihak netral bhkan bnyak melindungi minoritas.

Tobat lu hok, gk cukup minta maaf klo prlu cium kaki pak kyai.
atau tamat sudah kau hok. emoticon-Mad
0
2K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.