Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fikjoAvatar border
TS
fikjo
Penting-kah Semua Ini ??
DIMOHON UNTUK MEMBACA KESELURUHAN TULISAN INI SEBELUM BERKOMENTAR , TERIMAKASIH ..

*silent reader diperbolehkan emoticon-Smilie


Assallamualaikum .. gan/sist
Kenalin ane joe (samaran tpi masih ada hub. Sama nama asli), disaat ane nulis ini ane kelas 11 di salah satu SMK jurusan TI di kota pelajar(you know lah) .. oke cukup kan yaa perkenalannya emoticon-Big Grin .. btw ini thread pertama ane , jdi mohon maaf klo masih berantakan ditambah ngetiknya jg dri hp , hehehe
.
sebelumnya ane mau minta maaf , ane gak bermaksud menyindir /menyalahkan/merendahkan / hal yg berkaitan dgn itu .. disini ane mau mengungkapkan apa yg menjadi pertanyaan ane sampe skrg ttg masalah pendidikan kita .
.
Jdi gini ,.. ane sekolah dari tk - sma(smk) .. nah selama ane sekolah itu ada berbagai macam pelajaran , mulai dari matematika,ipa,ips, agama , dll .. saat TK yaa pastilah diisi hanya dgn bermain , pelajaran pun hanya segelintir (read:santai) .. beranjak ke SD pelajaran mulai lebih serius tpi masih dlm taraf anak" .. lanjut SMP sampai SMA .. nah di saat ini ane mulai bertanya" .. untuk apa pelajaran yg ane pelajari sampai saat ini .. lebih rinci spt ini :
.
.
Untuk mapel matematika dan ipa(biologi,fisika,kimia,dll) .. ane akui itu penting untuk selanjutnya, karena perhitungan itu penting ..

next .. ips(sejarah,geografi,ekonomi) oke .. ini juga sama bisa dibilang perlu , sejarah untuk mengenang , mempelajari apa yg terjadi dimasa lalu , geografi membahas ttg keadaan sosial #cmiiw .. ekonomi ttg bisnis , keuangan ,dll

Selanjutnya , agama .. so pasti ..klo ini sudah pasti kita hrs mempelajarinya , karena berkaitan dgn keyakinan kita kpn yg maha kuasa

Olahraga , untuk kesehatan.. seni budaya , mempelajari budaya kita .. bahasa jawa(karena ane org jawa) .. sama spt seni budaya , bisa untuk mengenalkan budaya kita ke orang lain
Mapel produktif (pelajaran anak SMK , mungkin yg sama kyak ane ada ) .. ini juga perlu , karena buat apa kita masuk jurusan ini klo pelajarannya gak penting

Ada juga mapel bahasa .. nah ini , yg mau ane tanyakan.. pelajaran bhs inggris .. ini 50/50 ya menurut ane , penting gak penting .. klo kita mau melangkah lebih maju kita perlu mempelajarinya .. maaf bknnya ane mau menjelekkan ..

trus ada mapel bhs indonesia .. ini yg ane bingung , di mapel bhs jawa yg notabene masih di dalam lingkup indonesia , isi pelajarannya msh bisa dibilang perlu karena isinya mengajarkan ttg budaya, sopan santun , moral , bagaimana bersikap .. sedangkan bhs indonesia .. kita belajar majas , belajar teks eksplanasi .. sbnernya untuk apa ?

Trus grammar di bhs inggris , ane pernah baca di beberapa artikel seinget ane , di situ tertulis org luar juga gak sebegitu rumitnya mikirin tata bahasa mereka , malah kyak kita juga ngomongnya , kadang juga ditambahin perkataan "selipan" (you know lah yg mana) ..

Trs dari semua itu klo ane rangkum jadi .. perlukah kita belajar bahasa "serumit itu ?" .. pernah juga kan ada sindiran .. dari SD - SMA (9-12 thn) belajar bhs inggris .. knp kita gak fasih" juga ? ,pelajarannya juga pasti lebih dari 1 jam kan ? (60 menit) #cmiiw .. trus untuk bhs indonesia , berjam" belajarnya (lebih banyak dri bhs inggris) .. klo masih awal" oke itu emg perlu .. bahkan semua pelajaran perlu karena itu dasar dri semua ,.. nah klo udh tingkatan SMA , apa perlu sampe sedetail itu ? ..

malah waktu ane SMP ane selalu mikir klo pas ada ujian bhs indonesia , gini .. "buat apa kita belajar bhs indo bua ujian besok, pdhl kita kan org indonesia ? " .. faktanya , benar , pas SMP nilai bhs indonesia ane oke" aja , pdhl ane gak belajar , bknnya mau sombong , karena ini pengalaman ,.. dan itu selalu , setiap mapel bhs indo dan bhs inggris , ane mlh jarang belajar ..
Skip .. ane pernah juga berpikir , apa penulis , penyair , atau yg berhubungan dengan seperti itu .. apakah memerlukan rumus" bahasa / apalah itu ?? ... dan serumit itu kah pelajaran bahasa ?? Sampai" mayoritas siswa malah menghindar dri pelajaran itu ? ..

Ane pernah tanya ke temen" ane , "emg perlu pelajaran kyak gini(materi saat itu) " .. mereka jawab, "mbuh(gak tau) .. ketokke ora dehh(kyaknya nggak deh)" .. jujur , ane bknnya gak berani menanyakan hal tsb ke guru yg bersangkutan , cman ane berusaha menghormati beliau sbg guru , sbg org yg lebih tua , walaupun bisa saja ane mendapat jawaban dri beliau , ttp rasanya nggak sopan klo ane tanys begitu .. toh ini menyangkut pekerjaan / mata pencaharian seseorang ..

Mungkin agan/sista disini bisa ngejawab pertanyaan yg selalu terlintas dipikiran ane ini setiap mengikuti pelajaran tsb .. sekali lagi , ane gak bermaksud menjelekkan, atau sejenisnya .. disini ane mau mengungkapkan apa yg menjadi pertanyaan ane selama ini .. atau mungkin ada juga disini yg berfikiran sama spt ane .. bisa silahkan kasih masukannya / tambahannya

Terakhir .. terimakasih dan Wassallamualaikum emoticon-Smilie
Diubah oleh fikjo 29-01-2017 11:58
0
2.2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.