Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Pilkada
  • Survei Alvara: Elektabilitas Ahok 34,8%, Agus 31,8%, Anies 22,2%

cuman.numpangAvatar border
TS
cuman.numpang
Survei Alvara: Elektabilitas Ahok 34,8%, Agus 31,8%, Anies 22,2%
https://news.detik.com/berita/d-3406...-318-anies-222
Jakarta - Alvara Research Center merilis hasil survei terkait kontestasi kandidat di Pilgub DKI Jakarta. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat unggul dan disusul oleh pasangan calon nomor urut 1, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni serta pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada tanggal 11 sampai 17 Januari 2017 dengan 1.200 orang warga DKI yang menjadi responden. Responden dipilih dengan metode Multi-stage Random Sampling. Hasil survei memiliki margin of error 2,8 persen dengan tingat kepercayaan 95 persen.

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan survei dilakukan untuk mengukur elektabilitas para pasangan calon. Responden diberikan pertanyaan 'Jika Pilgub DKI Jakarta dilaksanakan hari ini, maka responden memilih pasangan?'.

"Ternyata saat dilakukan survei, pasangan nomor urut 2 Basuki-Djarot paling tinggi yakni 34,8 persen. Di peringkat kedua, pasangan Agus-Sylvi 31,8 persen, kemudian Anies-Sandi 22,2 persen," kata Hasanuddin dalam konferensi pers di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2017).

"Yang belum memutuskan 11,3 persen," lanjutnya.

Meski unggul, Ahok-Djarot belum aman. Hasanuddin mengatakan bahwa keunggulannya belum signifikan sehingga Pilgub DKI 2017 kemungkinan 2 putaran.

"Secara elektabilitas meski pasangan Basuki-Darot unggul tapi keunggulannya masih belum signifikan sehingga Pilkada DKI Jakarta berpotensi dua putaran di mana pasangan Agus-Sylvi dan Basuki-Djarot yang berpotensi maju di putaran 2," jelas Hasanuddin.

Hasanuddin mengatakan, dari hasil survei, terlihat bahwa tiap kandidat sudah memiliki citra tersendiri di mata pemilih. Masing-masing kandidat punya diferensiasi.

Dia memaparkan pasangan Agus-Sylvi dinilai masyarakat sebagai pasangan yang nasionalis, berjiwa pemimpin dan muda. Pasangan Ahok-Djarot dicitrakan perbuatan sesuai dengan perkataan, mampu membuat perubahan, dan pekerja keras. Pasangan Anies-Sandiaga dinilai pintar, intelektual, cerdas, berwibawa, dekat dengan rakyat, dan religius.

"Pemetaan citra ini, (menunjukkan) pemilih DKI sangat paham kekuatan dan kelemahan masing-masing kandidat," sambungnya.

Menurut Hasanuddin, sejauh ini hampir seluruh masyarakat DKI sudah sangat mengenal pasangan cagub yang akan mengikuti pilkada 2017. Rata-rata mereka mengetahui lewat televisi.

"Ternyata kalau kita lihat pengaruh TV itu sangat dominan. Jadi mereka di atas 90 persen tahu kandidat dari TV. Baru dari media lain," urai Hasanuddin.
=========
survey abal-abak nih, harusnya ahok satu putaran
Survei Alvara: Elektabilitas Ahok 34,8%, Agus 31,8%, Anies 22,2%
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.5K
9
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilkada
PilkadaKASKUS Official
5.3KThread662Anggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.