Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tamasyeahAvatar border
TS
tamasyeah
19 WISATA ACEH YANG BIKIN KAMU NGGAK MENOLEH
Kamu mungkin sempat berpikir, "Aceh? Di sana kan apa-apa serba nggak boleh." Katanya perempuan nggak boleh naik motor lah, keluar malam lah atau pake bikini di pantai. Tenang aja, nggak semua larangan tersebut benar kok. Yang pasti benar di Aceh banyak bangeeet tempat wisata yang bikin kamu nggak menoleh. Ada apa aja? Yuk bahas satu-satu 19 wisata Aceh yang bikin kamu nggak menoleh!

1. MASJID BAITURRAHMAN ACEH

Ini dia nih landmark-nya Aceh! Ibarat kata kalau Paris punya Menara Eiffel maka Banda Aceh punya Masjid Baiturrahman.



Arsitektur masjid ini merupakan salah satu yang terindah di Indonesia, Instagram-able pastinya.





Jangan ditanya sudah berapa tahun masjid ini berdiri? Sama kakeknya kakek kakek kamu pun masih lebih tuaan Masjid Baiturrahman. Ada yang bilang bangunan ini berdiri sejak tahun 1200an ada juga yang bilang sejak tahun 1600an, entah yang mana benar yang pasti pada tahun 1945 Indonesia merdeka haha.





Untuk menemukan Masjid Baiturrahman ini nggak sulit. Lokasinya ada di pusat Banda Aceh, di kelilingi oleh jalan protokol kota ini dan bersebelahan langsung dengan Lapangan Blang Padang tempat Pesawat pertama Indonesia yaitu Pesawat Seulawah berada.



2. PULAU WEH

Pulau Weh emang wah banget kalo ngomongin soal pantainya. Nggak heran, karena Pulau Weh emang punya sederet pantai dengan kelebihannya masing-masing.





Salah satu pantai di pulau Weh adalah Pantai Iboih yang warna airnya biru-biru kehijauan gitu, bikin pengen langsung nyemplung rasanya.





Dari Pantai Iboih ini kamu juga bisa nyebrang ke Pulau Rubiah, cuma 10 menit dengan speedboat tapi pemandangannya jauh lebih keren dari Pantai Iboih itu sendiri!





Pantai lainnya di Pulau Weh adalah pantai Sumur Tiga yang dinamakan demikian karena terdapat tiga sumur air tawar di sepanjang pesisirnya. Pantai Sumur Tiga ini memiliki pasir putih yang halus banget berpadu sama air laut yang kalau dari jauh keliahatan berwarna toska.


Sayangnya, selain berpasir halus, Pantai Sumur Tiga ini juga memiliki banyak batu-batu kecil yang bercampur dengan si pasir halus tadi, membuat bermain air di pantai ini akan sedikit membuat terasa sakit. Tapi tetup, duduk-duduk aja di sini juga udah asyik banget.



Belum puas main di Pantai Iboih dan Pantai Sumur Tiga, kamu masih punya 1 pantai lagi yang bisa dikunjungi, Pantai Gapang namanya.





Di Pantai Gapang ini, banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di sepanjang bibir pantainya, membuat Pantai Gapang ini paling cocok buat lokasi leleyehan, bobok-bobok lucu di atas hammock misalnya.





Selain pantai-pantaian, di Pulau Weh juga ada Tugu Nol Kilometer. Meskipun letaknya nggak benar-benar di batas terluar Indonesia, tugu ini menyimbolkan batas terluar Indonesia bagian barat.





Kalau foto aja nggak cukup kuat untuk dijadiin bukti kalau kamu udah pernah ada di sisi paling baratnya Indonesia, tenang aja di sini juga disediain loh sertifikat yang menunjukkan kalau kamu emang bener-bener pernah ke Tugu Nol Kilometer ini lengkap dengan tanda tangan Walikota Sabang segala!



Sudah puas, sekarang saatnya kamu santai sejenak di Goa Jepang di kawasan Pantai Anoi Hitam.





Sebenernya Goa Jepang ini kurang menarik kalau dari segi bangunan, tapi justru rumput-rumput di daerah sekitar Goa Jepang yang langsung menjadi pembatas dengan laut yang bikin kamu wajib main ke sini. Bagus banget!





3. PULAU RUBIAH

Pulau ini merupakan tetangganya Pulau Weh, nggak jauh deh sama Pantai Iboih. Pertama kali denger sempet menduga pulau ini adalah pulau harta karun, maklum aja namanya mirip sama nama mata uang negeri kita tercinta.




Ternyata, Rubiah adalah nama seorang perempuan yang makamnya ada di pulau tak berpenghuni ini. Eh..kok terdengar angker ya? Eh tenang aja, kamu nggak bakal merasa seram sama sekali karena disini kamu bakal keasyikan snorkeling karena air di Pulau Rubiah ini super duper bening.





Dan lagi, ikan-ikan di Pulau Rubiah ini juga beda dari spot snorkeling kebanyakan, misalnya ada ikan yang siripnya ada di atas dan di bawah dan nggak diketahuin apa namanya.







4. PULAU BANYAK
Ini merupakan suatu gugus kepulauan yang terdiri dari sekitar 99 pulau (Ragu sih, siapa coba yang rajin ngitungin?). Pulau-pulaunya masih pada virgin kayak yang nulis (Eh ini pamer apa curhat?).



Pulau-pulau di gugusan Kepulauan Banyak sama persis dengan deskripsi pantai-pantai tropis ala orang barat, yang mana memiliki pasir putih, air berwarna toska dengan pohon kelapa yang menjulang berbaris di bibir pantainya.





Tapi emang bener aja, air di Pulau Banyak ini emang jernih bangeet, saking jernihnya kamu nggak perlu tuh snorkelling/diving untuk bisa melihat kedalam laut. Duh kebayang kan kayak apa jernihnya?







Bagi yang suka surfing, ombak di pulau banyak juga cukup oke untuk ditaklukan. Secara, Pulau Banyak ini langsung menghadap ke Samudera Hindia, jadi kebayang lah ya cakepnya kaya apa itu si ombaknya?





5. PANTAI LHOKNGA

Another surfing spot, Pantai Lhoknga! Pantai ini menjadi salah satu surganya anak surfing, karena ombaknya emang cakep banget, tinggi dan nggak pecah di tengah.





Buat kamu yang nggak bisa surfing, jangan sedih! Selain bisa nontonin orang-orang pada surfing, kamu juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dari pantai Lhoknga. Pokoknya pengobat banget buat kamu yang dari tadi cuma bisa jadi penonton mereka-mereka yang asyik surfing karena sunset di sini merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Banda Aceh.







6. PANTAI CERMIN ULEE LHEUE

Hmm.. agak susah sih ya nyebut nama pantai satu ini. Dibanding mengeja namanya, kayaknya lebih mudah pergi kesini deh karena pantai ini lokasinya deket banget sama pusat kota Banda Aceh.



Karena dekat dari kota, wajar sih kalau pantai ini ramai meski nggak ramai cendol kayak pantai Ancol, karena Pantai Cermin Ule Lheue ini memang jadi pusat kumpulnya warga Banda Aceh saat sedang ingin mantai.



Selain itu, pantai ini juga jadi salah satu lokasi penyebrangan ke Pulau Weh. Dari Pantai Cermin Ule Lheue ke Pulau Weh ini memakan waktu 2 jam perjalanan dengan kapal lambat dan 45 menit dengan kapal cepat. Jadi, besok-besok saat kamu mau ke Pulau Weh, ada baiknya nunggu kedatangan kapal penyebrangannya sambil minum es kelapa aja di Pantai Cermin Ule Lheue ini.



7. AIR TERJUN BLANG KOLAM

Air terjun ini lokasinya nggak jauh dari kota Lhokseumawe. Sekedar pemberitahuan atau mungkin peringatan, kalau mau kesini harus melewati anak tangga yang berjumlah 555.



Ya ampun capeeek dong! Hush katanya anak alam masa segitu aja capek hehe, jangan ngeluh ah! Karena nantinya kamu juga bakalan disuguhin pemandangan ciamik saat sudah lulus menaklukkan 555 anak tangga itu.



Kalau mau mandi untuk ngilangin keringet pasca trekking tadi, bisa banget. Sesuai dengan namanya, di air terjun ini terdapat kolam jatuhan airnya yang cukup besar dimana kamu bisa mandi menikmati airnya yang masih seger, secara sumbernya langsung dari air pegunungan.





8. AIR TERJUN SUHOM

Kalau kamu emang suka melihat air terjun tapi Air Terjun Blang Kolam belum cukup memuaskanmu, coba deh pergi ke Air Terjun Suhom. Lokasinya sekitar 1 jam berkendara dari Banda Aceh ke arah barat menuju daerah Calang, Aceh Jaya.



Meskipun tinggi air terjun cuma 50 meter (tinggi Blang Kolam sekitar 75 meter, by the way) dan kawasan sekitar belum tertata, air terjun ini cukup pantas untuk dikunjungi karena selain air terjunnya yang memang masih alami, perjalanan menuju ke sini pun terasa sangat seru.



Kalau lagi otw sini, rasanya seperti sedang jalan-jalan ke Taman Safari. Bayangin aja, di tengah jalan raya kamu akan melihat monyet dan sapi cuek berkeliaran gitu aja.





9. PANTAI LAMPUUK

Pantai ini juga lokasinya nggak terlalu jauh dari Banda Aceh atau sekitar 20 menit perjalanan dengan mobil. Yah jadi nggak se-virgin pantai-pantai di Pulau Weh sih karena sudah ramai dikunjungi.



Yang menarik dari Pantai Lampuuk ini adalah keberadaan hutan-hutan pinus di pinggir pantainya, lucu kan ada pemandangan pantai dan hutan pinus di saat yang sama.





Jadinya kalau dilihat dari kejauhan, Pantai Lampuuk ini agak-agak mirip dengan tipikal danau di luar negeri. Bagus banget deh!





Selain itu, disini juga terdapat konservasi penyu juga loh, dimana kamu bisa melihat penyu dari dekat dan secara langsung.



10. DANAU LAUT TAWAR

Ini tempat tergalau se-Indonesia raya yah barangkali, nggak jelas ini dia maunya apa, jadi Danau apa jadi Laut? Hahaha. Nggak penting namanya apa, tapi duduk-duduk menikmati pemandangan Danau Laut Tawar yang super luas dan dikelilingi rimbunnya pepohonan dijamin bakal langsung ngehapus kegalauan lo. Nggak akan lagi tuh elo kepikiran sama gebetan atau mantan yang boro-boro mikirin lo balik.





Tapi sayangnya, lokasi Danau Laut Air Tawar yang ada di daratan tinggi Takengon ini membuat udaranya dingin-dingin empuk yang bikin lo minta untuk dipeluk, jadilah elo akan kepikiran lagi sama si doi atau si mantan. (Eh tapi ya, di sini ada hukum rajam, jadi buat yang punya pacar pun nggak boleh peluk-peluk ya!).



Penasaran dengan 9 wisata lainnya? Yuk baca selengkapnya di sini: http://bit.ly/2imPobG
0
3.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.