Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tamasyeahAvatar border
TS
tamasyeah
14 REKOMENDASI WISATA PANTAI DAN PULAU DI MALUKU
Maluku aka Moluccas aka Molukken adalah sebuah provinsi di Indonesia yang bentuknya kepulauan, jadi udah kebayang kan pantainya akan seindah apa. Letaknya yang ada di timur Indonesia membuat daerah ini tambah eksotis lagi, masih jarang wisatawan menjelajah daerah ini sehingga tempat wisatanya masih bersih dan belum terlalu terkomersialisasi. Langsung dicek aja dibawah ini gaes untuk 14 rekomendasi wisata pantai dan pulau di Maluku yang bisa kamu jelajahi.

1. KENYANG BERENANG DI BANDA NEIRA

Di teaser atas udah kita woro-woro tentang keindahan perairan di daerah Maluku. Nah Banda Neira ini akan jadi surga buat kamu yang suka diving karena Banda Neira menyimpan 350 spesies biota laut yang akan nemenin aktivitas renang kamu dengan clear visibility-nya yang sampai 40 meter.



Buat yang ngga punya license diving jangan sedih gitu, karena snorkeling aja ternyata juga udah WOW banget. Airnya bening, bahkan ngeliatin dari permukaan pun udah cukup rasanya!



Tapi sayang banget dong kalau cuma liat dari permukaan aja, kamu juga harus rasain snorkeling langsung dan melihat terumbu karang eksotis ala Indonesia Timur dari dekat.





Kalo udah ngeliat yang kayak gini, walau cuaca sepanas apapun dijamin hati akan tetep adem ya..



Mau yang lebih wah lagi? Cobain deh berenang saat sunset. Cara baru berenang ala Indonesia Timur, karena pertunjukan langit sorenya yang dramatis abis emoticon-Smilie



2. SANTAI SIANG DI PANTAI LIANG YANG SUPER TENANG

Tau ngga kalau Pantai Liang aka Pantai Hunimua di Maluku Tengah pernah mendapatkan predikat pantai terindah se-Indonesia pada tahun 1990 dari UNDP? Ngga heran sih, secara Pantai Liang ini memang indah banget, Pantai-nya berarus tenang bikin kamu bawaannya pingin santai siang aka leyeh-leyeh terus aja.



Karena Pantai Liang ini berarus tenang, jadi kamu bisa tenang tuh untuk cebur-cebur lucu tanpa harus khawatir terbawa arus.



Ngga puas cuma cebur-cebur lucu aja? Kamu bisa juga kok dayung perahu, bahkan sampai ke pulau seberang! Tenang aja, kan arusnya tenang!





3. MANDATORY SELFIE DI PANTAI PINTU KOTA AMBON

Kalau sudah sampai di Ambon, wajib banget untuk mampir ke Pantai yang menjadi ikon wisata Kota Ambon ini.



Sesuai namanya, penampakan Pantai Pintu Kota pun bentuknya mirip pintu gerbang benteng gitu. Rasanya seakan-akan memanggil kita untuk masuk dan mampir ke dalam.



Tapi disini harus hati-hati karena berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Maluku yang berpasir putih, Pantai Pintu Kota justru dipenuhi batuan karang. Maklum, karena ikon 'pintu' yang dijual oleh pantai ini pun sebenernya adalah batu karang besar yang menjulang tinggi.



Selain itu gelombang di salah satu sisi Pantai Pintu Kota juga lumayan besar. Karena ternyata, kalau dilihat di peta, Pantai Pintu Kota ini lokasinya langsung menghadap ke Laut Banda.





Tapi ngga usah khawatir, kamu tetep bisa kok nyebrang ke sisi lainnya dengan ngelewatin karangnya. Tahan napas dan siap-siap dengan apa yang akan kamu liat di balik karang besar itu!



Berlawanan dengan sisi sebelahnya, setelah melewati karang besar itu kamu akan melihat pantai yang berarus tenang bahkan cenderung ngga berarus sama sekali. Tapi, tetep ya, batu-batu karang masih mendominasi.



Gatel pingin berenang setelah ngeliat pantai berarus tenang ini? Tunggu dulu karena kamu masih punya mandatory selfie di depan ikon dari Pantai Pintu Kota ini! Foto yang banyak sebagai bukti kalau kamu emang pernah mampir ke sini.





4. "BERBURU" BURUNG MALEO DI PULAU NUSA POMBO

Pulau ini awalnya merupakan habitat hewan endemik Maluku yaitu Burung Pombo atau burung
Maleo. Kalau mau kesini, kamu bisa naik speedboat selama satu jam dari pelabuhan Ambon.



Sayangnya, sekarang jumlah burung Maleo di Piulau Nusa Pombo ini sudah berkurang karena diperkirakan populasi burung langka ini pindah tempat ke Desa Kailolo di Pulau Haruku, kira-kira 3km dari Pulau Pombo. Jadi kamu harus ngeluarin ekstra tenaga untuk bisa "berburu" burung ini. Tapi kalau udah ketemu, dijamin kamu seneng kok karena mereka kelihatan cantik banget emoticon-Smilie



Selain "berburu" burung Maleo, di Pulau Nusa Pombo ini kamu juga bisa puas berenang, bejemur, sampe koprol pun sah-sah aja karena satu-satunya penghuni pulau ini ya hanya burung Maleo ini. Jadi ngga perlu takut kena marah karena terlalu pecicilan.







Untuk underwater-nya ngga kalah cantik sama penampakan si burung Maleo itu sendiri. Underwater di sekitar Pulau Nusa Pombo ini sangat kaya, biota lautnya beragam dan banyak karang-karang superb yang bertebaran di dasarnya. Siap nyempurnain kunjungan "berburu" burung Maleo kamu ke pulau ini.





5. MENGUNJUNGI RAJA AMPAT VERSI MINI DI PULAU BAIR, TUAL

Kalau belum sempat ke Raja Ampat, kamu bisa ke Pulau Bair di Tual yang letaknya lebih barat dari Papua. Pulau ini unik karena ada dua teluk yang air lautnya jernih dan tenang serta warnanya biru hijau, yang seakan dipagar sama tebing batu. Kalau diliat dari atas terlihat mirip sama Pulau Pianemo di Raja Ampat, cuma ukurannya aja yang lebih kecil.





Ngga cuma menyaksikan Pulau Pianemo versi mini, berkunjung ke Pulau Bair ini juga bisa membawa kamu bertemu dengan anak Hiu Blackpit. Karena ternyata anak Hiu Blackpit ini banyak hidup di sekitar perairan Pulau Bair dan menjadi atraksi favorit buat mereka yang main ke Pulau Bair.



Namanya Maluku, cuaca di sini super terik seakan-akan matahari ada di atas kepala. Warga lokal pun ngga kehabisan akal untuk memanjakan tamu yang sedang liburan ke Pulau Bair ini. Mereka akhirnya membuat kapal beratap supaya bisa tetep adem sambil ngambang-ngambang di atas air.



Selain melihat mini Pianemo, trus ngapain lagi? Tenang, banyak banget aktivitas yang bisa kamu kerjain disini. Mulai dari berenang..



Berendam lucu di tengah-tengah tebing batu..



Bejemur sambil nyantai di atas pelampung (dan wow pelampungnya kelihatan ngambang!)



Atau sekedar leyeh-leyeh di atas hammock di pinggir pantai sambil nikmatin syahdunya angin Pulau Bair..



Bahkan kalau kamu superberani, bisa juga coba pacu adrenalin dengan lompat dari bukit. Tapi ini harus dilakukan dengan bertanggungjawab ya gaes, tanya warlok dulu sebelum mencoba.





6. SEBRANGI LAUTAN KE PULAU OSI DI PULAU SERAM

Pulau Osi letaknya ngga jauh dari Pulau Seram. Tapi sayangnya, ngga ada tuh angkutan kapal untuk langsung sampai ke Pulau Osi ini. Karena, di sini sudah dibangun sebuah jembatan penghubung antara Pulau Seram dan Pulau Osi. Jadi untuk sampai di Pulau Osi pilihannya ada 2, dengan melewati jembatan kayu tersebut atau dengan berenang. Kira-kira kamu pilih yang mana?



Menyebrang ke Pulau Osi dengan melalui jembatan kayu ini menjadi semacam uji nyali bagi setiap pengunjung di sini yang hitung-hitung sebagai ajak pacu adrenalin. Jembatan kayu yang menghubungkan Pulau Osi ini memiliki panjang sekitar 2-3 km. Melewatinya agak ngeri-ngeri gitu secara di bawahnya sudah laut.



Tapi biarpun begitu, melewati jembatan kayu ini justru menjadi kegiatan yang menarik pengunjung saat mampir ke Pulau Osi. Karena, apa yang akan kamu lihat di sepanjang jembatan bener-bener memanjakan mata.



Kalau capek, kamu bisa juga kok menumpang jasa ojek untuk melewati jembatan ini. Pastinya, sensasi pacu adrenalin kamu akan makin terasa seru karena jembatannya yang memang ngga lebar-lebar banget.



Pacu adrenalin di atas jembatan kayu akan berakhir setelah kamu menemukan gapura selamat datang. Buat kenang-kenangan, jangan lupa untuk foto ya emoticon-Smilie



Sekarang saatnya kamu menikmati hasil pacu adrenalinmu. Di Pulau Osi, pantainya berpasir putih dan berarus tenang. Berarus tenang karena di sini terdapat hamparan karang yang luas sebelum akhirnya bertemu dengan lautan lepas. Kamu bisa menikmati waktumu di sini dengan bersantai di salah satu spot favorit. Ada hammock-nya juga loh!





7. FOTO-FOTO RIA DI PULAU ORA

Yang satu ini udah pada tau lah ya jadi ga usah diceritain lagi. Hehe ngga deng. Destinasi yang satu ini emang udah go international kaya Cinta Laura, karena emang cantiknya aja ngalahin si Cinta Laura. Ngga heran, banyak banget yang bela-belain datang ke sini hanya untuk foto-foto ria bareng si cantik ini. Posenya macem-macem, ada yang ala-ala asyik sendiri..







Ada juga yang seru-seruan with 'baes'..









Atau ramean bareng geng sabi juga..



Buat yang udah punya keluarga, foto full team berlatar Pantai Ora asyik juga..





Punyanya pacar? Foto berduaan dengan latar Pantai Ora keliatan romantis kok! Sungguh deh..



Saking romantisnya, Pantai Ora bisa juga dijadiin lokasi prewed kamu..



8. BERKACA DI AIR PANTAI SULAMADAHA

Kalau Kalimantan Timur punya Danau Labuan Cermin, Ternate di Maluku punya Pantai Sulamadaha. Berkarakteristik sama, Pantai Sulamadaha ini dapat dikatakan airnya sebening kaca karena saking jernihnya.



Di kalangan traveler, Pantai Sulamadaha ini memang terkenalnya sebagai Pantai Kaca. Ngga heran karena di sini kamu bisa melihat terumbu karang dan koral-koral di dasarnya langsung dari permukaan, tanpa harus nyebur! Bobok-bobok cantik di atas hammock sambil nikmatin dasar lautnya pun banyak dipilih oleh mereka yang datang ke sini.








Saking beningnya, kapal-kapal aja terlihat seperti mengambang. Karena terlalu jernih dan tenang kaya lagi di atas kaca.



Nah, untuk baca kelanjutannya, silahkan agan baca di sini yaaa: http://bit.ly/2iOlPkb
Diubah oleh tamasyeah 16-01-2017 15:29
0
2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.