Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

melody.antAvatar border
TS
melody.ant
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Bangsa China, Arab dan Italia saling mengklaim sebagai peradaban penemu sajian Mie. Namun catatan dan bukti tertua ada pada bangsa China, mereka sudah makan mie sejak masa 200 sampai 25 tahun sebelum Masehi. Dan Mie sudah tersebar ke berbagai belahan dunia setidaknya sejak 2000 tahun lalu.

Bukti terbaru soal mie muncul pada tahun 2005. Para arkeolog menemukan artifak mie dalam sebuah mangkuk yang disegel terbalik. Artifak itu terkubur sedalam tiga meter bersama sedimen di Qinghai, China Barat Laut. Para ilmuwan berhasil mengungkap mie itu sudah berusia 4.000 tahun. Artifak mie itu menunjukkan jika mie cukup panjang, berwarna kuning tipis yang terbuat dari millet jagung dan gandum. Dari bahannya, itu menunjukkan tingkat pengolahan yang cukup tinggi secara kuliner.

Mie bertahan selama berabad-abad dan diterima berbagai budaya karena relatif murah, bergizi , mengenyangkan, mudah menyajikannya, bisa dimakan panas atau dingin, bisa disimpan cukup lama dan dapat diangkut dengan mudah.

Kuat dugaan jika hidangan Mie mulai dikenal oleh bangsa Nusantara sejak Pelaut Bangsa Cina mendarat di wilayah pantai Nusantara pada abad ke 5 . Dengan cepat, hidangan Mie kemudian diserap oleh berbagai budaya lokal dengan berbagai modifikiasi.

Berikut beberapa jenis variasi hidangan khas Indonesia yang berhubungan kuat dengan bahan jenis Mie.

Soto Mie Bogor
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Ada yang bilang ini adalah kuliner khas Bogor, ada juga yang bilang khas Betawi. Tapi yang jelas soto mie ini memang mudah ditemukan di dua kota tersebut. Mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun bersatu dalam mangkok yang diguyur kuah soto bening yang segar. Walau tersedia hamper di seluruh wilayah Jabodetabek, tapi Bogor masih jadi kota jagoan untuk racikan Soto Mie dengan banyaknya penjaja soto mie yang lezat.

Mie Kocok Bandung
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Mie kuning dan tauge dengan kikil sapi dan kuah kaldu sapi yang kental andalan kota Bandung. Di beberapa tempat, sumsum sapi jadi tambahan topping istimewa yang menggiurkan. Di Kota Paris van Java ini banyak penjaja mie kocok dapat kita temui di kota Bandung, baik yang menggunakan gerobak keliling, ataupun yang menjualnya di kedai/kios permanen.

Mie Ongklok Wonosobo
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Jika pernag berwisata ke Dieng besar kemungkinan anda pernah menyantapnya. Ini adalah kuliner mie khas kota Wonosobo. Mie Ongklok masih jarang ditemui diluar kota Wonosobo. Racikannya berupa Mie kuning ditambah kol rebus, kemudian diguyur dengan kuah “jenang” berbahan tepung kanji. Mie Ongklok sangat khas dengan cacahan daun kucai, taburan bawang goreng dan potongan cabe rawit. Cita rasa manis dan gurih dari ebi jadi rasa khas besama pedas dari cabe rawit. Biasanya Mie Ongklok ini juga disantap bersama sate ayam dengan bumbu kacang yang manis.

Mie Koclok Cirebon
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Sajian Mie dari kota Cirebon ini semarak dengan irisan kol dan tauge denngan kuah putih kental. Kuah itu terbuat dari campuran tepung maizena, kaldu ayam, santan kental, bumbu merica dan garam. Mie makin menarik selera dengan suwiran daging ayam, dun bawang dan bawang goreng. Seperti jenis mie lain dalam daftar ini, ada juga potongan telur ayam rebus. Mie ini khas dengan rasa dan teksturnya yang special. Dan, jenis hidangan mie satu ini masih jarang ada di luar kota Cirebon.

Cwie Mie Malang
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Cwie Mie Malang sepintas tak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Bedanya hanya pada taburan ayamnya. Cwie Mie menggunakan taburan ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon. Selain itu cwie mie menggunakan selada sebagai pengganti sawi serta memakai acar timun dan cabe sebagai pengganti sambal.

Mie Jawa
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Ada pilihan Mie Godog (rebus) atau Mie Goreng. Mie dimasak bersama aneka sayuran dan diberi toping suwiran ayam kampung ataupun ayam sayur . Mie jawa biasanya dimasak diatas wajan besi yang memakai tungku api arang . Racikan Mie Jawa bisa dibilang cukup sederhana , namun memiliki rasa super istimewa . Untuk menambah citarasa pedas , penjual biasanya menambahkan cabai rawit utuh kedalam kuah mie godog.

Mie Celor Palembang
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Ini hidangan khas Kota Palembang dan Jambi. Mirip dengan Mie Aceh, bahan mienya berukuran besar dan lurus seperti spaghetti. Juga dengan kuah kental perpaduan santan, udang dan telur. Biasanya disajikan bersama potongan telur rebus, serpihan daging udang dan bawang goreng. Rasa asin dan gurih mendominasi cita rasa dari mie celor ini. Makin mantap dengan aroma udang dan telur yang begitu terasa. Ada sedikit perbedaan Mie Celor Jambi dan Palembang, yaitu pada penggunaan daging sapi yang menggantikan udangnya.

Mie Koba Bangka Belitung
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
kobaSajian ini nampak mirip dengan Mie Celor Palembang. Koba diambil dari nama daerah di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempat dimana Mie Koba ini berasal. Berbeda dengan Mie Celor yang berkuah santan, Mie Koba mantap dengan Kuah tenggiri yang segar dan gurih plus sedikit rasa manis gula aren. Perpaduan rasa itu menjadikan Mie Koba super istimewa. Meski memakain ikan segar, tapi rasa ikannya tidak terlalu mencolok. Mie Koba disajikan dengan jeruk kunci yang khas untuk menambahkan kesegaran hidangan. Juga telur ayam rebus sebagai teman lauknya.

Mie Titi Kering Makassar
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Mie-Titi-IstimewaMie Titi jadi salah satu ikon kuliner kota Makassar. Mie yang disajikan adalah mie yang digoreng kering seperti kerupuk. Keistimewaannya terasa ketika kuah panas diguyurkan diatasnya, tekstur mienya menjadi sangat khas, antara mulai lembut tapi tetap menyisakan kerenyahannya. Kuahnya seperti kuah capcay dengan sayuran dan potongan daging ayam.

Mie Cakalang Khas Manado
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Mie CakalangDi Manado banyak penjual mie Cakalang goreng ataupun kuah. Meski bentuk penyajian mirip jenis Mie lainnya, namun Mie Cakalang punya rasa yang unik dari potongan ikan cakalang fufu alias cakalang asap, yang asin dan gurih.

Mie Lendir Rebus Kuah Kacang Batam

Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
Resep Mie Lendir Kuliner Khas BatamNamanya cukup unik ya?. Tapi jangan bayangkan lendir yang lain, soalnya ini tak ada kaitan dengan lendir yang itu. Mie Rebus Kuah Kacang lazim jadi menu sarapan di Kota Batam. Mie rebus dengan tauge, taburan bawang daun dan bawang goreng diguyur kuah kental kecoklatan dari bumbu kacang. Rasa gurih dan manis yang berpadu dengan irisan cabe rawit untuk memperkuat sentuhan rasa pedas. Diantaranya, ada satu butir telur rebus sebagai penyempurna

Mie Aceh
Wajib Dicoba: Aneka Sajian Mie Khas Indonesia
phoca_thumb_l_web-mi acehMie khas Aceh ini terkenal dengan ukuran mie kuning yang tebal. Pembeli bisa memilih irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi). Hidangan ini khas dengan kuah sejenis kari yang gurih dan pedas. Ada dua piliham Mie Aceh, Goreng (digoreng dan kering) dan Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. Tak hanya ada di Aceh, kini Mie Aceh sudah mulai tersebar ke berbagai daerah di tanah air.

sumber
0
1.6K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12.1KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.