Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

antihoax2017Avatar border
TS
antihoax2017
Wiranto: Saya Jamin Pemerintah tak Kembali ke Rezim Otoriter
link

Wiranto: Saya Jamin Pemerintah tak Kembali ke Rezim Otoriter
18/01/2017 22:50

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menanggapi tudingan yang menyebut pemerintah seolah membawa bangsa Indonesia kembali ke masa rezim otoriter. Wiranto menegaskan, sejumlah langkah hukum yang dikesankan keras beberapa waktu belakangan ini tak lebih dari upaya menjaga supremasi hukum.

“Bukan menuju rezim otoriter. Justru langkah hukum dilakukan dalam upaya menjamin berlangsungnya proses demokrasi,” kata Wiranto usai menghadiri rapat pleno Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), di gedung MUI Pusat, Rabu (18/1).

Pemerintah, kata Wiranto, justru sungguh-sungguh mendengarkan segala aspirasi rakyat. Wiranto menjelaskan bahwa pemerintah hanya tidak ingin hukum menjadi lemah. “Saya jamin pemerintahan Jokowi-JK tidak akan kembali masuk ke dalam rezim otoriter,” kata Wiranto menegaskan.

Wiranto menjelaskan, pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebebasan berpendapat bagi tiap masyarakatnya. Wiranto menjelaskan, langkah hukum yang dilakukan selama ini diperlukan untuk menegaskan bahwa kebebasan bukan berarti tanpa aturan.

“Hukum harus jadi landasan utama setiap orang, termasuk saat menyampaikan aspirasinya,” kata Wiranto.

Wiranto juga meminta jangan sampai ada tuduhan bahwa aparat kepolisian menekan, bahkan melarang rakyat menyampaikan aspirasinya melalui demonstrasi. Pemerintah terutama aparat kepolisian, kata Wiranto, tidak pernah melarang elemen masyarakat menyampaikan pendapatnya melalui demonstrasi. “Namun aparat kepolisian tentu akan melakukan tindakan hukum jika ada aturan-aturan yang dilanggar peserta demonstrasi,” tegasnya. (ryu)

link
0
2.7K
58
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.