Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
[TRIT PERDAMAIAN] Rambut Kemaluan Lebat yang Seperti Ini Rentan Infeksi Jamur
http://health.detik.com/read/2014/04...-infeksi-jamur

Ulasan Khas Rambut Tubuh
Rambut Kemaluan Lebat yang Seperti Ini Rentan Infeksi Jamur
Adisti Lenggogeni - detikHealth
Rabu, 16/04/2014 15:01 WIB


Jakarta, Tak hanya rambut di ketiak, banyak orang cenderung memberi 'perlakuan' lebih saat merawat rambut kemaluan karena jika dirawat sembarangan, khawatir akan timbul infeksi jamur. Benarkah demikian?

Dikatakan dokter spesialis kulit dan kelamin di D&I Skin Centre, Denpasar Bali, dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, infeksi jamur di area kemaluan bukan karena rambut kemaluan tapi kadar kelembabannya.

"Jamur itu sebenarnya flora normal di kulit. Orang yang kencing manis atau sedang menurun daya tahan tubuhnya, jika jarang membersihkan kulit pasti akan ada jamurnya," tutur dr Gusti saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (16/4/2014).

Menurut dr Gusti, yang berbahaya adalah rambut kemaluan lebat bisa menimbulkan semacam kutu seperti yang ada di rambut kepala. Jika tidak dirawat kebersihannya, kutu itu akan muncul.

"Tidak berbahaya sih, seperti kutu normal saja dia gigit-gigit kecil. Yang bahaya adalah jika bulu kemaluan lembab, kan ada bakteri, Nanti luka hasil gigitannya itu bisa jadi infeksi," imbuh dr Gusti.

Sementara itu, dr Dianawaty Amiruddin, dr. Sp.KK. M.Si, mengatakan infeksi jamur tidak muncul karena lebatnya rambut kemaluan tetapi faktor kebersihan rambut kemaluan bisa jadi salah satu faktor pencetus infeksi jamur,

"Pada individu dengan kemaluan yang lebat disertai hygine yang buruk akan mempermudah munculnya infeksi jamur," kata dr Dianawaty

Prinsip ini pun menurut dr Dianawaty berlaku bagi bulu ketiak yang jika tidak dijaga kebersihannya bisa menimbulkan infeksi jamur. Sebab, tidak terjaganya kebersihan rambut kemaluan atau ketiak bisa menciptakan kondisi lembab yang memicu timbulnya infeksi bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Spoiler for ilustrasi:

(rdn/vta)


yang sudah brewokan, ayo dicukur-dicukur....
Diubah oleh mat_indon 16-04-2014 08:47
0
6.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.