penunggang.ontaAvatar border
TS
penunggang.onta
Ketua MUI Ma'ruf Amin: Ahok bebas, umat bereaksi
Belakangan Ma'ruf Amin disorot publik, termasuk lembaga yang dipimpinnya: Majelis Ulama Indonesia (MUI). Musababnya adalah sikap yang diambil MUI terkait sejumlah permasalahan di negeri ini.

Gong besarnya ketika MUI memfatwa pidato Basuki Tjahaja Purnama di Pulau Pramuka telah menghina Alquran dan ulama. Fatwa itu kemudian jadi acuan pembentukan organisasi Gerakan Nasional Pembela Fatwa MUI (GNPF-MUI)--yang merupakan motor aksi massa 4 November dan 12 Desember tahun lalu.

Selanjutnya MUI menelurkan fatwa terkait atribut natal, yang intinya mengharamkan muslim memakai atribut non muslim. Fatwa ini mendorong tindakan sweeping yang dilakukan organisasi masyarakat tertentu.

Alhasil pro-kontra pun bermunculan. Yang kontra menuding MUI politis, sementara yang pro menganggap sikap MUI itu membela umat--yang tak ada hubungannya dengan konstelasi politik, khususnya Pemilihan Gubernur Jakarta.

Ma'ruf sendiri mengklaim MUI dan dirinya bersikap netral. Meski dua periode menjabat Dewan Pertimbangan Presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono, hal itu tak otomatis membuatnya mendukung Agus Harimurti Yudhoyono.

"Lha wong bertemu SBY saja sudah enggak pernah," ujar pria berusia 73 ini saat wawancara bersama Fajar WH, Yandi Mohamad, Heru Triyono dan fotografer Wisnu Agung, di lantai empat Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Dalam perbincangan satu setengah jam itu Rais Aam Syuriah PBNU ini menjelaskan dengan terbuka, kadang diplomatis, terhadap pertanyaan kami soal fatwa, netralitas MUI dan rencana rujuk nasional--dengan hidangan lemper dan air mineral dalam gelas. Berikut tanya jawabnya:

sumber : https://beritagar.id/artikel/infografik/index.php/artikel/bincang/ketua-mui-maruf-amin-ahok-bebas-umat-bereaksi

adil itu kalo ahok masuk penjara, kalo bebas berarti tidak adil... egois banget nih manusia suci
0
18.9K
247
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.