Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MShukyDeneuveAvatar border
TS
MShukyDeneuve
ane dan pns
ini pertanyaan bodoh tapi merupakan rahasia umum. apakah nyata bisa main suap dalam seleksi masuk cpns? ane gak perlu tahu jawaban umum "sekarang nggak bisa lagi, udah bersih, bla bla bla" tapi jawaban dari oranh yang benar2 punya informasi akan hal itu.

ane sendiri adalah bukti dari seseorang yang "didorong" keluarga dari jalur suap ini, dengan modus bahwasanya ada orang dalam yang mampu membantu kelulusan ane(orang dalam sialan ini yang jadi akar permasalahan cerita ini, mati aja nape sih nih orang). inti ceritanya nanti ane disuruh ikut tes, kalo nggak jebol ya udah, tapi nanti kalo jebol maka dia akan tagih 170 juta(yang udah diamini oleh keluarga).

tentu saja ane menolak gan, dan ane bersikukuh nggak mau ikut yang begituan, tapi sulit rasanya menjelaskan kalo hal yang begitu adalah haram, apalagi keluarga punya mindset(sekarang kalo nggak nyogok mana bisa). seakan ane bakal jadi public enemy kalo ane tetap pada pendirian ane, sekarang ini ane malah udah nggak merasa nyaman kalo dekat2 keluarga karena ane takut subjek pembicaraan akan kesitu2 lagi.

ane bukannya menganggur, ane punya pekerjaan sambil ane kuliah, yah emang untuk bayar uang kuliah pastinya belum sanggup alias masih nguras kantong orang tua(ini juga masalah), cuma bisa membiayai makan ane doang.

ane minta pendapat dong dari agan sekalian mulai dari yang awam hingga yang pro dapm hal ini. bagaimana sikap ane seharusnya.
0
6.5K
86
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread28KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.