Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang
Tahun baru adalah salah satu perayaan yang penting bagi masyarakat Jepang. Tentunya, sebagai negara yang kecintaannya terhadap tradisi. Tidak tergerus oleh kemajuan teknologinya, banyak hal yang masyarakat Jepang selalu lakukan setiap tahun baru. Seperti apa sih cara merayakan tahun baru di Jepang?

Oosoji

Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang
Pada akhir tahun, orang jepang akan membersihkan rumah mereka dengan lebih telaten. Dengan membersihkan kotoran yang telah menumpuk selama setahun, diharapkan dapat memulai tahun baru dengan hati yang baru. Wah patut kita tiruh nih, bagaimana termotivasi tidak untuk bersih bersih rumah nih?

Kadomatsu
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Kadomatsu adalah hiasan yang ditaruh di pintu rumah orang Jepang selama masa tahun baru. Kadomatsu dibuat dari cabang pohon pinus, bambu dan pohon prem. Ketiga hal tersebut dianggap dapat membawa keberuntungan, terutama pohon pinus yang melambangkan panjang umur. Hmmm, dekorasi yang menarik yaa.. bagaimana menurut kalian?

Shimekazari
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Shimekazari adalah hiasan yang digantung di pintu rumah selama masa tahun baru. Dibuat dari berbagai barang yang diyakini membawa keberuntungan, hiasan ini dipercaya dapat menolak bala. Setelah masa tahun baru selesai, hiasan ini dan kadomatsu akan dibawa ke jinja untuk dibakar.

Kagamimochi
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Dua buah mochi besar dan kecil dengan diameter 10-20 sentimeter yang diletakkan di atas meja khusus. Biasanya di atasnya pun diletakkan sebuah jeruk. Benda ini dimaksudkan sebagai persembahan untuk para dewa, namun belakangan ini dianggap hanya sekadar hiasan tahun baru saja. Hmm, gimana ya rasanya makan mochi ketika tahun baru pasti mengasikan!

Osechi-ryori
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Masakan khusus yang dimakan pada tanggal 1 sampai tanggal 3 pada tahun baru, berbentuk masakan yang dipanggang, direbus, dan acar yang dikemas dalam kotak tumpuk. Selain terlihat mewah, kekhususan masakan ini adalah masakannya tidak mudah basi. Dipercaya bahwa pada awalnya, masakan ini dimaksudkan untuk meringankan beban pekerjaan dapur di masa tahun baru.

Ozoni
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Masakan ini adalah sejenis sup yang berisi sayur dan mochi, dan merupakan salah satu masakan wajib tahun baru. Bentuk mochi, rasa, dan lauk yang ditambahkan ke dalamnya berbeda-beda di setiap daerah di Jepang

Joya no Kane
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Ini adalah lonceng besar yang biasanya dibunyikan di kuil pada saat mendekati pukul 12 tengah malam di malam tahun baru. Lonceng ini dibunyikan sebanyak 108 kali, yang menggambarkan jumlah nafsu duniawi manusia.

Toshikoshi-soba
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Soba yang dimakan pada malam tahun baru sebagai doa untuk dapat hidup tanpa kesulitan dan berumur panjang. Soba ini harus habis dimakan sebelum tahun berganti. Dipercaya kalau keberuntungan akan sulit datang pada tahun yang akan datang jika soba ini masih tersisa.

Hatsumode
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Hatsumode berarti kunjungan pertama ke jinja atau kuil dalam tahun yang baru. Kesempatan ini biasanya digunakan untuk mendoakan ketenangan dan keselamatan sepanjang tahun tersebut.

Nengajo
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Kartu pos yang ditulis pada bulan Desember dan diatur agar terkirim pada tahun baru, berisi doa untuk tahun yang baru dan rasa terima kasih kepada pihak yang dikirimi kartu. Tidak hanya kepada teman dan kerabat, belakangan ini, banyak juga yang mengirim nengajo pada relasi di pekerjaan.

Otoshidama
Gini Nih Serunya Tahun Baru di Jepang

Amplop kecil berisi uang yang diterima anak-anak dari orang tua dan kerabat pada masa tahun baru. Sama seperti angpao di Indonesia. Bagi anak-anak Jepang, ini adalah hal yang paling dinantikan pada tahun baru

Gimana, serukan perayaan tahun baru di Jepang, hayo dari semuanya mana yang paling kalian sukai?

Sumber: www.japantips.co/keseruanmerayakantahunbarudijepang

Untuk teman teman yang mau berkunjung ke jepang boleh cek 6 hal yang harus dipersiapkan sebelum ke Jepang dijamin bakal berguna banget dech!
Diubah oleh Kaskus Support 15 10-01-2017 04:32
0
2.9K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.