Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
902
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585c25509478687a6d8b4568/modus-penipuan-toko-toko-kamera-di-istana-bec-bandung
Malem Agan agan semua... Ane mau menceritakan pengalaman ane hari ini bisa untuk pembelajaran kita semua. . . Ane ga tau harus posting ini dimana. . .jadi ane post di the lounge. . . kalo ane salah kamar, tolong infoin aja mari langsung ane ceritakan. . . Dimulai dari kemaren sore ane lagi jalan nyari VGA, kebetulan iseng nanya-nanya kamera mirrorless titipan temen ane, karena ane paham dunia foto
Lapor Hansip
23-12-2016 02:11

Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung

Malem Agan agan semua...
Ane mau menceritakan pengalaman ane hari ini bisa untuk pembelajaran kita semua. . .
Ane ga tau harus posting ini dimana. . .jadi ane post di the lounge. . . kalo ane salah kamar, tolong infoin aja

mari langsung ane ceritakan. . .

Dimulai dari kemaren sore ane lagi jalan nyari VGA, kebetulan iseng nanya-nanya kamera mirrorless titipan temen ane, karena ane paham dunia fotografi jadi dimintain tolong buat nyariin kamera yang sesuai buat temen ane.
Bermula dari iseng nanya ke toko yang ane lewatin, karena tiba-tiba BEC yang sekarang berjibung banget toko kamera yang cling-cling..
ane langsung tanya kamera Seri A (ane sensor ya). . .
fyi : Harga pasaran kamera tsb Rp. 5.999.999

toko 1 : Rp. 5.000.000 (udah sama bonus)
toko 2 : Rp. 5.400.000 (udah bonus, double batre) / Rp 4.700.000 (single batre)
toko 3 : Rp. 4.900.000 (udah sama bonus)
toko 4 : Rp. 4.200.000 (udah sama bonus)
dan beberpa toko yang jual d bawah harga pasaran lainnya berkisar Rp 4.500.000-5.300.000

berhubung budget temen ane cuma Rp 5.000.000, ane menyarankan buat cari second dan masih bergaransi..
tapi pas ane nanya di BEC kemaren, ane bilang sama temen ane buat beli baru aja karena ada yang jual harga murah dengan garansi resmi. . .

kembali lah ane hari ini ke BEC,
ane datangin toko - toko yang ane tanyain kemaren, dan WAAAAHH semua harga beda dengan yang mereka sebut seakan akan mereka semua nembak harga aj se-enak udel.. ada yang jawab "harga baru di update tadi". . .

mulai lah ane melakukan pencarian satu persatu toko ane datangin, ane catet harga dan nama toko satu persatu yang menawarkan harga di bawah 5jt. Toko yang jual di atas 5jt cm ane senyumin..di sebuah toko ane diajak ngobrol sama bapaknya, seinget ane toko ini memang udah ad sejak lama. begini percakapnnya :

B : dek, bapak kasi tau ya, bapak bukan mau menjelekan toko orang, tapi toko-toko baru itu penjahat semua. . .
adek di kasi harga murah, nanti pas adek mau beli kamera A itu di setting manual trus di bikin jelek, ya entah gelap ga fokus dll.. dan nanti adek ditawarin kamera M yang di setting bagus trus adek tergoda trus mereka jual harga dengan beda 1-2jt diluar pasaran. dia ga akan jual kamera A itu ke adek seharga segitu, karena pasti rugi . . mereka itu pindahan dari Jakarta, karena dijakarta modusnya sudah ketauan, banyak toko yang tutup dan pindah ke sini, yang punya nya sama semua. . .
A : oh, begitu pak, makasih saya udah di kasi tau (dalam hati ane sempet neting ama c bapak buat jelekin saingannya)

berlanjutlah ane mendatangi sebuah toko yang kasi ane harga Rp. 4.600.000 ketika ane melakukan putaran sesi tanya harga. . .

TOKO 4,6jt Story


dalam hati ane mulai berasa cerita si Bapak itu benar, lanjut ke toko hasil survey berikutnya . .

TOKO 4,8JT Story


karena saya makin kuat ngerasa kalo cerita Bapak itu benar. . .
ane iseng buat terakhir kalinya datengin satu toko terakhir yang jual dibawah 5jt.

4,950 story


Dah, ane memutuskan buat datengin toko-toko lama langganan ane toko kamera yang uda ada sejak BEC baru buka dan temen genk toko c koko itu. . . bener aja harga resmi karena ada promo cash back jadi 5,499,000 . .
ane ceritain pengalaman ane barusan ke mas yang jaga, doi senyum aja dengernya. . .dan ane dapet info bahwa toko kamera baru menjamur disana dalam setaun komplotan itu buka 20 toko lebih, dan pernah ada cerita yang ketipu dengan modus yang sama, ngebingungin pembeli, nawar-nawarin seri lain, dan jual harga hampir 2x lipat. . . mereka pindahan dari jakarta, karena di jakarta udah pada bangkrut ga bisa nipu lagi, dan orang-orang itu asalnya dari kalimantan . . Ane ga tau bener atau enggak, ane hanya menyampaikan apa yang ane denger. . .

sebelum pulang, ane lewatin satu toko yang rasanya ane belum tanyain. . .toko itu kasi hrga 5,4jt,, ane jawab dengan halus.. budget ane ga masuk . .c koko nya nanya berpa budget ane.. ane jawab 4,8. . dia nyruh ane nunggu bentar di dalem, tapi ane ga mau.. ane nunggu diluar aja.. dan ane d kasi harga 5,1 all in.. berhubung over budget ya ga ane beli..

lewat lagi satu toko terakhir . . .
sama aja nepu


Jadi, agan agan udah bisa menarik kesimpulan kan?
bahwa mereka bermodus sama. . .
1 . menjatuhkan produk yang agan mau beli
2. kasih produk yang katanya lebih bagus
3. bikin agan pusing dan bingung pengen beli yang mana
4. jual produk lain lebih mahal, karena lebih bagus *katanya mereka*
5. ga akan jual produk yang agan mau dengan harga yang mereka sebutin di awal. . .

Saran ane, ketahui dengan baik produk yang agan minati, cari hrga pasarannya.. beli di toko terpercaya kalo mau di BEC ada tokocamzone, titan foto, semut magenta, semut foto, sama sebelahnya yang jual alat studio, ada juga yang langganan ane udah tutup 2 toko, jual lensa 2nd hiks. . .

sebenernya ane juga motret toko2 kamera yang ane masukin.. . tapi ane masih ga tega buat majang foto mereka. . .biar Tuhan yang bales mereka. . .

ane nemuin beberapa sumber mendapati pengalaman yang sama dengan ane :


makasih yang udah mau baca panjang panjang. . .semoga bermanfaat
Diubah oleh 16.21.5.20
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 36 dari 46
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
08-01-2017 23:45
hahaha abang nya dateng noh emoticon-Big Grin

ngambil untung bole la tapi pake etika donksemoticon-Om Telolet Om!

jualan ampe segitunya. hehehehemoticon-Hammer
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
08-01-2017 23:49
Quote:Original Posted By 16.21.5.20
Malem Agan agan semua...
Ane mau menceritakan pengalaman ane hari ini bisa untuk pembelajaran kita semua. . .
Ane ga tau harus posting ini dimana. . .jadi ane post di the lounge. . . kalo ane salah kamar, tolong infoin aja

mari langsung ane ceritakan. . .

Dimulai dari kemaren sore ane lagi jalan nyari VGA, kebetulan iseng nanya-nanya kamera mirrorless titipan temen ane, karena ane paham dunia fotografi jadi dimintain tolong buat nyariin kamera yang sesuai buat temen ane.
Bermula dari iseng nanya ke toko yang ane lewatin, karena tiba-tiba BEC yang sekarang berjibung banget toko kamera yang cling-cling..
ane langsung tanya kamera Seri A (ane sensor ya). . .
fyi : Harga pasaran kamera tsb Rp. 5.999.999

toko 1 : Rp. 5.000.000 (udah sama bonus)
toko 2 : Rp. 5.400.000 (udah bonus, double batre) / Rp 4.700.000 (single batre)
toko 3 : Rp. 4.900.000 (udah sama bonus)
toko 4 : Rp. 4.200.000 (udah sama bonus)
dan beberpa toko yang jual d bawah harga pasaran lainnya berkisar Rp 4.500.000-5.300.000

berhubung budget temen ane cuma Rp 5.000.000, ane menyarankan buat cari second dan masih bergaransi..
tapi pas ane nanya di BEC kemaren, ane bilang sama temen ane buat beli baru aja karena ada yang jual harga murah dengan garansi resmi. . .

kembali lah ane hari ini ke BEC,
ane datangin toko - toko yang ane tanyain kemaren, dan WAAAAHH semua harga beda dengan yang mereka sebut seakan akan mereka semua nembak harga aj se-enak udel.. ada yang jawab "harga baru di update tadi". . .

mulai lah ane melakukan pencarian satu persatu toko ane datangin, ane catet harga dan nama toko satu persatu yang menawarkan harga di bawah 5jt. Toko yang jual di atas 5jt cm ane senyumin..di sebuah toko ane diajak ngobrol sama bapaknya, seinget ane toko ini memang udah ad sejak lama. begini percakapnnya :

B : dek, bapak kasi tau ya, bapak bukan mau menjelekan toko orang, tapi toko-toko baru itu penjahat semua. . .
adek di kasi harga murah, nanti pas adek mau beli kamera A itu di setting manual trus di bikin jelek, ya entah gelap ga fokus dll.. dan nanti adek ditawarin kamera M yang di setting bagus trus adek tergoda trus mereka jual harga dengan beda 1-2jt diluar pasaran. dia ga akan jual kamera A itu ke adek seharga segitu, karena pasti rugi . . mereka itu pindahan dari Jakarta, karena dijakarta modusnya sudah ketauan, banyak toko yang tutup dan pindah ke sini, yang punya nya sama semua. . .
A : oh, begitu pak, makasih saya udah di kasi tau (dalam hati ane sempet neting ama c bapak buat jelekin saingannya)

berlanjutlah ane mendatangi sebuah toko yang kasi ane harga Rp. 4.600.000 ketika ane melakukan putaran sesi tanya harga. . .

TOKO 4,6jt Story


dalam hati ane mulai berasa cerita si Bapak itu benar, lanjut ke toko hasil survey berikutnya . .

TOKO 4,8JT Story


karena saya makin kuat ngerasa kalo cerita Bapak itu benar. . .
ane iseng buat terakhir kalinya datengin satu toko terakhir yang jual dibawah 5jt.

4,950 story


Dah, ane memutuskan buat datengin toko-toko lama langganan ane toko kamera yang uda ada sejak BEC baru buka dan temen genk toko c koko itu. . . bener aja harga resmi karena ada promo cash back jadi 5,499,000 . .
ane ceritain pengalaman ane barusan ke mas yang jaga, doi senyum aja dengernya. . .dan ane dapet info bahwa toko kamera baru menjamur disana dalam setaun komplotan itu buka 20 toko lebih, dan pernah ada cerita yang ketipu dengan modus yang sama, ngebingungin pembeli, nawar-nawarin seri lain, dan jual harga hampir 2x lipat. . . mereka pindahan dari jakarta, karena di jakarta udah pada bangkrut ga bisa nipu lagi, dan orang-orang itu asalnya dari kalimantan . . Ane ga tau bener atau enggak, ane hanya menyampaikan apa yang ane denger. . .

sebelum pulang, ane lewatin satu toko yang rasanya ane belum tanyain. . .toko itu kasi hrga 5,4jt,, ane jawab dengan halus.. budget ane ga masuk . .c koko nya nanya berpa budget ane.. ane jawab 4,8. . dia nyruh ane nunggu bentar di dalem, tapi ane ga mau.. ane nunggu diluar aja.. dan ane d kasi harga 5,1 all in.. berhubung over budget ya ga ane beli..

lewat lagi satu toko terakhir . . .
sama aja nepu


Jadi, agan agan udah bisa menarik kesimpulan kan?
bahwa mereka bermodus sama. . .
1 . menjatuhkan produk yang agan mau beli
2. kasih produk yang katanya lebih bagus
3. bikin agan pusing dan bingung pengen beli yang mana
4. jual produk lain lebih mahal, karena lebih bagus *katanya mereka*
5. ga akan jual produk yang agan mau dengan harga yang mereka sebutin di awal. . .

Saran ane, ketahui dengan baik produk yang agan minati, cari hrga pasarannya.. beli di toko terpercaya kalo mau di BEC ada tokocamzone, titan foto, semut magenta, semut foto, sama sebelahnya yang jual alat studio, ada juga yang langganan ane udah tutup 2 toko, jual lensa 2nd hiks. . .

sebenernya ane juga motret toko2 kamera yang ane masukin.. . tapi ane masih ga tega buat majang foto mereka. . .biar Tuhan yang bales mereka. . .

ane nemuin beberapa sumber mendapati pengalaman yang sama dengan ane :


makasih yang udah mau baca panjang panjang. . .semoga bermanfaat


up mantaaap gannn
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 06:37
Quote:Original Posted By banhung2017
nipu gimana jing?

jadi kalo ada pengusaha muslim beli barang 19.000 terus di jual 30.000 meskipun di toko lain dijual 20.000, terus lu mo bilang "Ngumpanin lu punya anak bini pake duit hasil nipu"

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

gitu yah? punya otak nga situ.

note : modus2 untuk menjelek2 kan barang merk lain, itu sih semua pengusaha lakuin buat abisin stok lama..
kalo lom jadi pengusaha yang punya toko.. jgn bacot yang aneh2 jing.

Buat TS = awas tuh ts kalo sampe kebaca toko nya bisa di tuntut lu penyebaran buat fitnah..
kalo lo nga senang ama toko itu, kan bisa ke toko lain, bukan sebarin fitnah nga jelas.. nanti kalo udah di laporin ke polisi lu ts kerjaan mewek.
terus ortu lu datangin pengusaha toko tsb minta di maafin..


Lu mau bilang apapun tetep aja lu tau didalam hatilu kalo elu cuman anjing tukang tipu emoticon-Ngakak

Kasian lu ya.. Orang titid mini yg beraninya ngancem pake pulisi.. Dasar hartoyo emoticon-Betty emoticon-Ngakak
Diubah oleh readenta
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 06:57
Wuaduh, pedagang yg jujur kena imbasnya jg kalau kek gitu lama2
Diubah oleh tiobiennyo
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 11:07
Quote:Original Posted By banhung2017
nyimak nih...

ini sih beda2 tipis lah penipuan ama bisnis sekali lewat.

masa sampe halaman 30 kebanyakan tulisan nya berasa ditipu..

lah ada yang bawa2 sara lagi. gue sebagai anggap aja grosir, gue jual barang ke pengecer 19.000, terus ada pembeli yang lewat si pengecer jual 30 rebu rupiah dan di belu..

terus si pembeli jalan2 lagi terus mampir ke toko gue, nanya barang serupa, gue bilang 20 rebu..

terus sekarang, masa si pembeli mo bilang gue tertipu sama si pengecer tersebut..

itu sih antara lo mau untung sendiri atau nga mengkasihani pengecer karna dia harus bayar sewa tempat ini itu dll!!

dan kalo gue liat lagi beda2 tipis segel nya udah kebuka atau dll...

contoh gini ada pembeli mo liat dulu itu barang, terus si penjual buka itu barang, tiba2 si pembeli nga mau beli..
lah perasaan si penjual gimana? mereka harus nutup tuh segel lagi..

datang pembeli berikutnya mas kenapa segel nya udah di buka?dll.. jis perasaan sebagai penjual gimana?
pembeli adalah raja, minta dibuka barang nya terus ngerocos nga di beli, terus pembeli berikutnya malah segel nya udah dibuka, nga jadi ah.

emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah



Kalau begitu buat policy, tidak buka segel saja. Beres. Kalau konsumen ngotot, diterangkan baik2 saja. Beres.
Pembeli mau lihat barang itu wajar, namun pembeli yg cerdas pasti cari informasi di internet ttg spek dan harga, lalu pas ke toko , tinggal tanya barangnya, garansi, dsb.

Jadi ga usah komplen soal buka segel, karena kalau anda sampai buka segel, berarti emang policy toko anda seperti itu.



Quote:gile emang.. hidup konsumen yang mo seenak nya...
makanya sekali2 lu buka usaha, lu rasain deh sendiri..

semua penjual juga kalo selewat doang itu ada yang ambil untung segila2 karna sekali lewat dan mungkin masi newbie. ingat, penjual juga harus ngabisin stok lama mereka

jarang ada penjual yang ngasih harga yang langsung cocok dengan yang lu pikir.. dan itu harus mencari lagi..

tread ginian kata gue sih sampah..

kalo situ masi bilang nipu , coba gih lu buka toko usaha sendiri,
nga ada hubungan ama itu penjual keturunan china dll..


Setuju, ini bukan masalah SARA. Ga ada hubungannya sama ras.
Ini masalah, policy yg diterapkan di toko2 itu.

Kalau sebagai pembeli, anda merasa 'kurang nyaman', silakan cek toko sebelah, toh pilihan toko masih banyak.

Kalau sebagai pembeli anda mengkategorikan bahwa modus ini adalah penipuan, maka tidak semua orang setuju kalau ini disebut penipuan. Mungkin ada yang menyebutkan ini sebagai taktik dagang.

Emang konsumen itu 'seenaknya', karena di jaman yang mana barang tersedia secara luas, penjual pada posisi yang tdk menguntungkan.
Beda sama dulu, di mana yang jual komputer di satu kota itu bisa cuma beberapa (ini jaman duluuuuuuuuuuuuu sekali), jadi mau ga mau, kita harus beli sama si penjual itu.




Quote:semua pengecer juga sama, kalo bisa dapet untung segede2 nya untung sekali lewat.. kenapa nga?

masa lu jual kamera mo untung 100 rebu, sewa tempat dan beli tempat nya brp!, itu kamera nga mungkin langsung rusak. kecuali lu sedang sial..

tanya tuh yang maen promo2 kaya kasur. itu untung nya juga gila2. karna termasuk biaya angkut ama angkat dan sewa tempat..

gue juga liat viral sampe ke FB.. gue juga binggung sebagai pengusaha yang buka toko..

sekali2 coba kebalik.. yg merasa konsumen tertipu, coba gih sana buka toko.. baru deh ntar baru tahu rasa

konsumen juga suka modus..

sumpah tread sampah.. TS nya sok suci jing..

kalo lo buka toko juga, pasti ambil untung2 segede2 nya buat sekali lewat.. alias sama aja..

kasian si TS dan konsumen yang berasa tertipu, pasti hidup lo cuman sekelas karyawan dan Pekerja..


Sama seperti pernyataan di atas yg mengatakan bahwa ini bukan masalah SARA, maka saya pikir , ini bukan masalah status TS apakah dia itu 'kelas' pekerja/ karyawan atau kelas pembuka lapak.

Mungkin aja si TS ini sekelas karyawan dan pekerja, tetapi informasinya patut kita terima dan kalau memang kenyataannya seperti itu di BEC, ya berarti informasi ini akan membantu para pembeli yang 'males' berhubungan dengan penjual2 yg ber 'modus' demikan.

-





0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 11:59
Quote:Original Posted By dungdungsar
sebenarnya TS kurang paham

atau dibilang agak2 pintar..wkwk.sori nih

Dia soalnya tau hrg murah/ grosir... (biasanya)Camzone
di web jg banyak
Cuan toko elektronik itu cuma 25rb-50rb

Nah terus ada toko lain..
Ambil cuan 200rb-500rb dr hrg modal

Nah..buat mengakali supaya bisa "hidup"/laku itu ya sasarannya ya pembeli awam...
Hidup keras...biaya sewa di pGC zona oranye 1.5m persegi..70jt 6bulan
Wkwkwk....gw soalnya pernah bareng temen buka.

Nyari untungnya di lensa
jadilah dia jual B.O alias body only
Lensanya diambil ma toko..lumayan jual 1jt
Dengan mengurangi hrg asli kamera..(misalnya jual 5jt..jadi 4.7...toh masih ada lensa kan buat dijual yg 1jt td...tp lama lakunya..jadilah untung mrk jg ketahan)


Kalau saya lihat dari ilustrasi di atas, maka seharusnya si penjual sadar bahwa dia jual barang yg 'kecepatan' muternya sekian dengan cuan yg sekian. Kalau di hitung2 ga masuk ya jangan buka lapak. Jangan sampe, cuan tipis dan sewa lapak mahal itu bisa jadi alesan untuk menerapkan taktik2 penjualan yang dianggap 'kurang nyaman' untuk konsumen.

(Kalau memang untung tipis dan sewa mahal, mgk perlu mempertimbangkan jual bubur yg untung nya gede dan kecepatan berputernya cepet emoticon-Big Grin)

Di lain pihak, konsumen jg terlalu banyak komplen. Kalau ga suka sama taktik2 penjualan tertentu, ya pindah ke toko sebelah emoticon-Smilie, ga usah komplen berlebihan. Prinsipnya adalah, sebagai konsumen, kita bebas menentukan dan memilih kok.






Quote:Nah..ane jelasin dikit ya
Skrng zamannya pengecer dan grosir itu sudah gk berbatas.
Adanya toko online spt bukalapak dan tokopedia jg mempengaruhi toko asli

Ada user yg kaya tai jg..sok nanya hrg
sok jalan di mal..pake patokan hrg di web.
Ya gak bisa dikatakan toko di mal tersebut menipu.

Strategi penjualan toko yg di BEC dgn membandingkan dgn kamera lain yg lbh jelek tp dibikin2 bagus...itu buat user awam
Nah...salahnya penjaga toko itu macam2
Ada yg pendidikannya sd/smp/sma
Intruksi dr bosnya sudah jelas..hrg barang segini...kalau begini ..harus begini..


Nanya2 itu hak (dan kebiasaan) konsumen dan kalau agan penjual ga nyaman dengan tipe2 konsumen seperti ini, silakan buat policy dan tempel di kaca toko: ' Dilarang tanya2 harga' atau 'Dilarang bandingin harga dgn di web. Kalau harga di web lebih murah silakan beli di toko online dan Ga usah ngabisin waktu masuk ke toko kami dan ngabisin waktu kami dengan nanya' - bisa dibuat dengan font yang besar agar konsumen juga tidak usah menghabiskan waktu.

Ngomong2 soal konsumen yang suka nanya2, ya tolong karyawannya disesuaikan dengan level konsumen. Kalau dilihat konsumen yang dateng rata2 itu dari golongan orang2 pinter, ya tlg diedukasi karyawannya - terlepas mereka itu berpendidikan apa - sehingga match dgn konsumennya. Jadi peran bos dalam mengedukasi karyawan penting. Yg parah kalau bos-nya itu tipe2 yang krg mengerti pelayanan terhadap konsumen, maka hampir pasti, karyawannya itu jadi duplikasi dari si bos tersebut.





Quote:Bayangkan mrk jaga toko 12jam..
Jual barang 5jt untung 25rb ditawar 500rb wkwk...
dikasih bonus jg nggak


Tujuan penjual itu menciptakan profit. Kira2 kalau ada barang harga 5 juta dan untung 25 ribu, alias 0,5%, dan dari awal, agan sudah TAHU pasti bahwa profitnya segitu, ya jangan komplen kalau dapet untung segitu.

Bagi saya, keuntungan 0,5% itu terlalu kecil, kecuali kalau perputarannya secepat gasing yang diputer sama the Flash.






Quote:Trus bagaimana bro solusinya
Sadar diri aja pembeli dan penjual
Jangan sok sok ke mall
Kalo duit ente pas pasan...belilah di toko
langganan.
Kalo lu penjual..coba strateginya diubah lah
liat skrng zaman online..gk ada salahnya lu bikin web, fb, instagram..dll..
Kalo lu bertahan jual pelayanan doang...habis lu bray....bsk2 langganan lu pasti kabur dicekoki hrg online..."wah..ternyata gw bertahun2 di kerjain toko langganan ane nih"
Habis lu..bray

Makanya ada ungkapan...
Be a SMART BUYER
Bukan be a Smart Seller..


Saya kurang setuju kalau kewajiban menjadi SMART itu hanya dibebankan ke buyer dan bukan ke seller. Seperti yang anda bilang di atas, seller harus smart juga: buka fb, web, instagram, dsb. Di samping itu, seller jg perlu jadi smart sehingga menerapkan strategi dan taktik yang lebih smart (tidak sekedar dagang doang).





Quote:Pembeli adalah Raja ?
Tidak lagi bray..
Pembeli makanan..jasa..mungkin iya
Tapi buat elektronik...sori bro..gak bisa dipake ungkapan" pembeli adalah raja."

Kesamber petir ngakunya rusak tiba2?
Amsyonggg...
PLN ngedrop..tinggal di hutan..wkwk
Hancur barang lu


Pembeli tetaplah raja. Pembeli itu akan membeli apa yang terbaik dari uang yg mereka punya.

Kalau anda berkata bahwa pasar elektronik itu tidak menganut paham 'pembeli adalah raja', maka sebaiknya para produsen hape stop memakai kata2 ' we have built this phone based on your needs' mantra atau kata2 sejenisnya. Maka para penjual barang elektronik haruslah stop 'mendekatkan' barang2 mereka dengan konsumen (mereka mendekatkan diri pada konsumen dengan berbagai macam cara: brosur, web, dsb.).

Kalau penjual barang elektronik adalah raja. Silakan jualan di tempat terpencil, dengan karyawan yang judes, dengan harga yg selangit dan yakinlah kalau pembeli akan berbondong2 datang ke tempat anda.

Sekali lagi, mungkin 'pembeli bukan raja' itu hanya policy yang dianut oleh sebagian penjual barang elektronik, namun tidak semua - saya rasa, masih ada toko yang mau menerapkan customer service yang baik dan menempatkan profit di atas dasar pelayanan konsumen yang baik.










0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 12:09
Ada aja akal bulusnya...

:dor :dor
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 12:30
Quote:Original Posted By Perboden


Sekali lagi, mungkin 'pembeli bukan raja' itu hanya policy yang dianut oleh sebagian penjual barang elektronik, namun tidak semua - saya rasa, masih ada toko yang mau menerapkan customer service yang baik dan menempatkan profit di atas dasar pelayanan konsumen yang baik.





Kalau inti dari pernyataan ane adalah

Ini zaman udah tergerus dgn e-commerce gan...
Toko real udah gk bisa head to head bersaing ama toko online dalam masalah harga...

Buyer spt TS di atas..termasuk smart buyer..buktinya temannya percaya ama si agan buat beli brng jutaan.
Tapi masuk level "customer good"...blum smart2 banget.
Dia gk bakal masuk BEC
Sayangnya dia masuk kandang seller beringas...

Kasus BEC by TS ini gk bakal ada di 10 tahun lalu..dmn importir dan distributor cuma satu selang..satu lubang.
Alias channel nya susah. Harga patokan pun gk jelas...seller bebas bikin hrg.
Padahal ini praktek udah buanyaaakkkk...dr jaman jebot.
Gak ketauan aja...
Cth:
+ toko2 kamera di pasar baru (sampe skrng)
+Glodok(ini dulu rajanya ngerjain pembeli komputer)
+Mangga2 (nah ini udah jarang..malah udah lari ke BEC wkwk...di jakarta toko beginian dah kelaut)
+Semua ITC...depok/fatmawati/cempaka dll.Ya kelas2 middle lah...
+Untuk mall kelas high...gk tau ya..soalnya dijual selangit jg ama buyer kelas kakap mah gak ngaruh...haha



Oke...
Secara gk langsung istilah pembeli adalah raja juga jd makin gak relevan lg

Harus ditelaah lg soal itu..
mungkin maksud ane...dalam pelayanan iya...itu wajib gan..

Agan pasti pernah pny teman atau tau tentang kerja CS customer service?
Maki maki dan semprotan hal biasa...
Mau sesadis apa jg umpatannya..

Sayangnya toko tdk ada (mungkin ada kalau toko gede) "protokol" kayak gitu..wkwk...(pasti mahal gajinya)
Kalau soal melayani dgn baik pasti mrk pny standartnya sendiri dan keharusan.
Tapi gk sampai spt CS Telkom jg

Nah..yg soal pemetaan customer memang perlu..seperti agan bilang
Customer ajib..customer baik..customer biasa..customer cerewet..customer sadis...customer gila
Pembeli adalah raja tapi bukan penguasa...ceilee...wkwk

Oh iya satu lagi...
masalah 1 hari kok berubah harga
Kalo smart buyer..pasti tau pedagang elektro itu mengikuti kurs dollar..
Kecuali toko mandiri seperti di pinggir jalan..yg beli grosiran(stok)

Dah khatam ane beginian krn ane dulu buka toko komputer..
Ane termasuk kena jg dulu thn 2003
Bikin project warnet...VGA 9600GS...aslinyaGT...diganti ama penjual. Ram merk vgen..dikasih maestro..hardisk seagate diganti maxtor...dll..25pcs komputer..
Amsyong gak tuh 10jt lenyap

Nah itu ane taunya krn ane sadar jg..wkwk...bukan diam2 diganti....penjual yang nawarin hrg lbh murah 10 persen dr hrg asli. spek sama...
Gw jg mikir..iya nih sama tulisannnya..
3 bulan berikutnya ane tau soal web rakitan.com....(Cetarrrrrrr.....membahana...hrgnya 40persen lbh murah)

Diubah oleh dungdungsar
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 13:03
Ngga hanya di BEC gan, di d*komsel juga gitu, ane pernah nyari hape X tapi di banding2in sama V katanya gini-gitu, dia pikir ane ngga ngerti soal hape dan spek kali emoticon-Ngakak (S) juga prgawai yg ngomong mulutnya bau emoticon-Najis (S)
2 0
2
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 13:30
Quote:Original Posted By dungdungsar


Kalau inti dari pernyataan ane adalah

Ini zaman udah tergerus dgn e-commerce gan...
Toko real udah gk bisa head to head bersaing ama toko online dalam masalah harga...

Buyer spt TS di atas..termasuk smart buyer..buktinya temannya percaya ama si agan buat beli brng jutaan.
Tapi masuk level "customer good"...blum smart2 banget.
Dia gk bakal masuk BEC
Sayangnya dia masuk kandang seller beringas...

Kasus BEC by TS ini gk bakal ada di 10 tahun lalu..dmn importir dan distributor cuma satu selang..satu lubang.
Alias channel nya susah. Harga patokan pun gk jelas...seller bebas bikin hrg.
Padahal ini praktek udah buanyaaakkkk...dr jaman jebot.
Gak ketauan aja...
Cth:
+ toko2 kamera di pasar baru (sampe skrng)
+Glodok(ini dulu rajanya ngerjain pembeli komputer)
+Mangga2 (nah ini udah jarang..malah udah lari ke BEC wkwk...di jakarta toko beginian dah kelaut)
+Semua ITC...depok/fatmawati/cempaka dll.Ya kelas2 middle lah...
+Untuk mall kelas high...gk tau ya..soalnya dijual selangit jg ama buyer kelas kakap mah gak ngaruh...haha



Oke...
Secara gk langsung istilah pembeli adalah raja juga jd makin gak relevan lg

Harus ditelaah lg soal itu..
mungkin maksud ane...dalam pelayanan iya...itu wajib gan..


brick and mortar store itu harus punya tujuan strategis. Kalau ga punya dan ga mampu menemukan tujuan itu, maka sebaiknya memikirkan ulang.

Pada jaman sekarang, praktek seperti yg TS ceritakan lebih mudah terekspos, sehingga konsumen lebih teredukasi. Jaman dahulu, mungkin hanya dari mulut ke mulut saja ceritanya dan konsumen punya pilihan terbatas dalam membeli barang tersebut.

Secara tidak langsung, konsumen diuntungkan karena adanya informasi seperti ini lewat medsos.





Quote:Agan pasti pernah pny teman atau tau tentang kerja CS customer service?
Maki maki dan semprotan hal biasa...
Mau sesadis apa jg umpatannya..

Sayangnya toko tdk ada (mungkin ada kalau toko gede) "protokol" kayak gitu..wkwk...(pasti mahal gajinya)
Kalau soal melayani dgn baik pasti mrk pny standartnya sendiri dan keharusan.
Tapi gk sampai spt CS Telkom jg

Nah..yg soal pemetaan customer memang perlu..seperti agan bilang
Customer ajib..customer baik..customer biasa..customer cerewet..customer sadis...customer gila
Pembeli adalah raja tapi bukan penguasa...ceilee...wkwk



Pembeli adalah raja, dalam arti pada saat ini, konsumen semakin cerdas dan dia berhak menentukan dan memilih ke mana hatinya (dan dompetnya) 'berlabuh' emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin.

Yg penting bagi konsumen adalah jangan 'dibohongin' atau 'dikibulin'. Mungkin dengan trik2 hebat si penjual, si konsumen berhasil dikibulin. Tetapi pas dia bertemu dengan konsumen lainnya dan sadar bahwa dia 'dikibulin', maka, (di jaman dulu), dia cm ngedumel dan curhat sama sodara2 dan tetangganya ....nah jaman sekarang, kalau ada konsumen merasa 'dikibulin' (baca: dirugikan) maka berita ini bisa nyebar sejagat raya dalam waktu detik.

Ada beberapa penjual yg ga sadar kalau dunia sudah berubah yang masih berpikir bahwa mereka dapat menetapkan standar pelayanan sesuai dengan persepsi mereka dan bukan sesuai dengan persepsi konsumen.





Quote:
Oh iya satu lagi...
masalah 1 hari kok berubah harga
Kalo smart buyer..pasti tau pedagang elektro itu mengikuti kurs dollar..
Kecuali toko mandiri seperti di pinggir jalan..yg beli grosiran(stok)

Dah khatam ane beginian krn ane dulu buka toko komputer..
Ane termasuk kena jg dulu thn 2003
Bikin project warnet...VGA 9600GS...aslinyaGT...diganti ama penjual. Ram merk vgen..dikasih maestro..hardisk seagate diganti maxtor...dll..25pcs komputer..
Amsyong gak tuh 10jt lenyap

Nah itu ane taunya krn ane sadar jg..wkwk...bukan diam2 diganti....penjual yang nawarin hrg lbh murah 10 persen dr hrg asli. spek sama...
Gw jg mikir..iya nih sama tulisannnya..
3 bulan berikutnya ane tau soal web rakitan.com....(Cetarrrrrrr.....membahana...hrgnya 40persen lbh murah)


Kalau soal kurs dollar, pasti penjual memakai kurs yg ditambahkan beberapa rupiah untuk 'menahan' naik turunnya kurs. Jadi saya rasa, itu lebih cenderung ke kepandaian si pedagang dalam berhitung.

Di tahun 2003, uang 10 juta itu lumayan loh gan....

Tapi itulah suka duka membuka sebuah usaha, dari 'kesalahan' itu kita belajar banyak dan dapat membagikan pengalaman ini kepada teman2 yang lain...supaya teman2 lain tidak jatuh ke lubang yang sama.

Salam
Boden


0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 13:54
Yaaaah gwa kena tipu yang harga 4,95 emoticon-Frown( BT ih gwa beli disana yah
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 14:04
jadi ini sebenernya masuknya ke penipuan atau bukan ?
kalow dari kasus ts kan belom terjadi sampai kejadian ?

kalo boleh tau ini jadi semacem modus yah lebih ke penjualan produk yg dipaksakan ? emoticon-Traveller emoticon-Traveller
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 14:37
sepertinya ane tau tokonya yg mana emoticon-Wakaka
pernah 3 kali beli kamera d bec, 2 kali d v*sta d*gital sekali di tokoc*m**ne, alhamdulillah semua lempeng2 aja g ada tipu2, harga & barangnya sesuai, malah bisa nawar, yah lumayan dapet diskon walau gak banyak emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:07
Per tanggal 9 desember 2017..
Terjadi razia di bec dengan sasaran barang bm dan barang palsu..
Sasaran utamanya adalah toko2 yang d post di sini..sayang nya hanya 1 toko yg kena..toko yg lain sempet tutup setelah 1 toko ini kena..
Apabila ingin melihat mana toko yg bener dan mana toko yang ga bener..skrg bisa dateng ke bec..semua toko yg ga bener pada tutup..yg toko bener tetep buka..
kalo berkenan pejwan please..
Bukti toko2nya menyusul
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:10
take emoticon-Angkat Beer

systemoen aman?
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:23
Udah merambambah ke dunia hp dan laptop juga VGA.

Ane bulan oktober 2016 mau beliin bini ane hp somay yg sss optimus prime. Kasusnya kurleb sama gan kaya begono. Ane datangin beberapa toko yg ngejugruk pas kita masuk BEC lewat escalator pintu masuk depan. Kebanyakan toko yang ukurannya pada gede dan selalu rame itu, jual hengpong yang ane incer harganya dibawah pasaran.
Ane kalo nyari barang kan muter-muter dulu, udah puas muter baru balik lagi ke toko yang menurut ane paling pas harganya. Pas ane balik lagi ke toko A yang ngasih harganya aduhai bgt kaya paha Raisa, otomatis romantis ane langsung kepincut. Jelas bgt abangnya bilang kalo itu hengpong bisa ditebus dengan mahar 1,75 include bonus (temper glass, flipcase sama tongsis). Karena ane jarang bawa duit cash ane langsung ngasih kartu ATM buat digesekin. Baru ngeluarin dompet, tiba-tiba babang yg jaganya kemudian ngasih update harga dadakan. Doi bilang kudu nambah 150rb buat ngeflash biar 4gnya jalan. Karena ane ngerti ngoprek andro, ane bilang gak usah. Rom bawaan aja, ntar ane flash sendiri. Belum kering bibir ini, babangnya nyamber lagi. Wah gak bisa kalo segitu mah harus sama flashing + install aplikasi 200rb. Lah katanya 150rb kok jadi 200rb ditambahain embel-embel free aplikasi. Akhirnya ane balik kanan.

Kemudian ane ke toko B, dapet harga yg sama, kemudian dengan teknik yg sama penjaga toko di situ yg mana teteh-teteh geulis telat menginfokan bahwa harus nambah 150rb. Ane nawar nambah 100 aja all set. Deal, trus teteh geulis bilang ke abang sebelahnya suruh bawain hengpong yang ane mau. Gak lama dia balik tapi yang dibawa malah hp merek sebelah yg judulnya dudukan dingin. Ane komplen donk, kok begituan sih? Tuh babang enteng bgt ngomongnya, "hpnya baru aja sold", "stoknya gak ada lagi, ini aja lebih bagus speknya ada diskon pula." Dalem hati ane, nih panjul kumbara niat jualan gak sih atau toko ini udah diendorse sama merek yg ditawarinnya itu?

Masih banyak cerita yg bisa dishare sebenernya mah mengenai selling technique ini. Keep being smart buyer
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:38
ehmm sebenernya nipu nya bigimane ya?

emoticon-Bingung

kan toko msg2 yg dijabanin TS ngsh harga!
trs misal harga kemahalan
yah kan kl kemahalan jgn dibeli

ane pernah jual PSU ane
ane jual ke toko kena setengah harga lo bre

emg keterllauan krn jelas msh garansi br dipake brp bln
tp namanya org usaha pgn untung sebesar2nya

makanya ane pilih jual perorangan emoticon-Big Grin

jd kl mnrt ane si am skali bukan penipuan

kl nipu itu

misal ente

beli sesuatu udh deal! lalu ente diksh brg tdk sesuai spesifikasi
brg beda jenis
beda kualitas

dr yg disepakati

bener ga

kl masalah harga berubah

ga pst nipu jg bray

1. krn ad kenaikan harga di distributor jg

neh keciri TS jrg beli brg elektronik

waktu ane nanya VGA zaman taon 2015 dollar lg ga beres

itu tiap hr harga gnt trus lo
dalam satu minggu toko

kyk quantum komp itu naek 200.000
masa iya quantum nipu? emoticon-Gila

ini yg diributin buyer agak "bego" aja keknya


2 karena penawaran harga

ini indon si semua jg ditawar
makanya toko pst ngsh harga tinggi dulu
kan ente bs nawar
makanya harga bs berubah kan nanti jg ditawar ya ga bre
misal harga jual sebenernya 4.7 min buat untung si penjual

nah harga pertama kan bs berubah rubah bs aja 5.500.000 5.200.000
itu pinter2nya ente ajaaa yg nawar

mrk ga maksa ente beli jg kan

coba ente ke jepang lbh asik bre
ga pk tawar2an ga tawar2an khas kampungan
semua di bandrol
take it or leave it bre! emoticon-Big Grin
ane suka kek begitu jd ga adu bacot am penjual

intinya harga berubah yah hak penjual
kan ente bs nawar

saran ane sebelum beli

1. check harga pasar brp
2. minta brosur harga
3. jangan trll lama jarak wktnya gan!
misal bnyk indon neh begok kadang nawar hari ini tp datang lg ke toko sama udh 6 bln kemudian kan begok
pst harga udh brbh bnyk

dan kl ente ga cocok am harga krn kemahalaan jgn bilang nipu emoticon-Big Grin

kl gt

itu BHINEKKA .croot tau kan bs dikategorikan penipu terbesar indonesia

liat harganya ga waras semua

masa harga am toko sama bs selisih 1 juta

emoticon-Big Grin

intinya i dont want to buy from bhinekka
bkn krn NIPU tp krn kemahalan

ngrti ga TS?

kecuali bener kl misal barang slek segini
trs diutak atik biar rusaak nah kl itu emg nipu krn ga sesuai spek bre

kl jualan harga berubah dibujuk beli yg lbh mahal trs harga kemahalaan itu si bukan nipuuu

kl ga suka cr toko laen gt bre emoticon-Big Grin

hrs pinter jd buyer

kl masalah toko tutup digrebel it si masalah jual barang bajakam breee

masalah bajakan tohhh kita sendiri kan yg pgn murah

kadang ane lucu am org indon
apa krn begok pendidikan kurang ato apa

dia sendiri pgn murah diksh barang jelek bajakan
begitu rusak ngamukk katanya jeleeeeeek
ya iyalaaah ada harga ad quality


nah masalah bajakan
semua penjual DVD bajakam dr pelm ampe game jg pas penggrebekam yah tutup

tp tau ga penjual bajakan it sebenenrnya penyelamat kalangan bawah

trmsk misal Iphone tiruan chinaak

trs ente mau salahin chinak nya

lah kan ente semdiri yg mau bergaya Iphone tp bajakaan emoticon-Big Grin

bersyukurlah ad chinak yg niru tuh

ente jd bs bergayaaa
kl kaga kan ente cmn bs bawa batu bata

kl masalah tutup tiba2 biasanya krn bajakan ato KW nya

emg KW ilegal
tp kita liat nyaa adl mereka itu penyelamat kaum bawah breee

kl kalangan atas yah minimal hrs asli lah
minimal samsung ya ga

tp coba org ga mampu kan hdp dr bajakaan

you must be wise
Diubah oleh abujembialewei
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:55
hajar ganemoticon-Marah
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:55
Quote:Original Posted By brainleaking
Udah merambambah ke dunia hp dan laptop juga VGA.

Ane bulan oktober 2016 mau beliin bini ane hp somay yg sss optimus prime. Kasusnya kurleb sama gan kaya begono. Ane datangin beberapa toko yg ngejugruk pas kita masuk BEC lewat escalator pintu masuk depan. Kebanyakan toko yang ukurannya pada gede dan selalu rame itu, jual hengpong yang ane incer harganya dibawah pasaran.
Ane kalo nyari barang kan muter-muter dulu, udah puas muter baru balik lagi ke toko yang menurut ane paling pas harganya. Pas ane balik lagi ke toko A yang ngasih harganya aduhai bgt kaya paha Raisa, otomatis romantis ane langsung kepincut. Jelas bgt abangnya bilang kalo itu hengpong bisa ditebus dengan mahar 1,75 include bonus (temper glass, flipcase sama tongsis). Karena ane jarang bawa duit cash ane langsung ngasih kartu ATM buat digesekin. Baru ngeluarin dompet, tiba-tiba babang yg jaganya kemudian ngasih update harga dadakan. Doi bilang kudu nambah 150rb buat ngeflash biar 4gnya jalan. Karena ane ngerti ngoprek andro, ane bilang gak usah. Rom bawaan aja, ntar ane flash sendiri. Belum kering bibir ini, babangnya nyamber lagi. Wah gak bisa kalo segitu mah harus sama flashing + install aplikasi 200rb. Lah katanya 150rb kok jadi 200rb ditambahain embel-embel free aplikasi. Akhirnya ane balik kanan.

Kemudian ane ke toko B, dapet harga yg sama, kemudian dengan teknik yg sama penjaga toko di situ yg mana teteh-teteh geulis telat menginfokan bahwa harus nambah 150rb. Ane nawar nambah 100 aja all set. Deal, trus teteh geulis bilang ke abang sebelahnya suruh bawain hengpong yang ane mau. Gak lama dia balik tapi yang dibawa malah hp merek sebelah yg judulnya dudukan dingin. Ane komplen donk, kok begituan sih? Tuh babang enteng bgt ngomongnya, "hpnya baru aja sold", "stoknya gak ada lagi, ini aja lebih bagus speknya ada diskon pula." Dalem hati ane, nih panjul kumbara niat jualan gak sih atau toko ini udah diendorse sama merek yg ditawarinnya itu?

Masih banyak cerita yg bisa dishare sebenernya mah mengenai selling technique ini. Keep being smart buyer


nah makanya jd smart buyer
jangan blg tepu2 aja

beli kemahalan dibilang kena tepu

intinya bray bicarakan di awal yg bener
kl mau A yah A

namanya marketing yah gt pst dibujukin beli yg lbh mahal

itu si bkn nipu kl bujukan
0 0
0
Modus Penipuan Toko-Toko Kamera Di Istana BEC Bandung
09-01-2017 16:57
mending cari info harga di situs-situs terpercaya gan
minimal buat patokan waktu nawar..
0 0
0
Halaman 36 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia