Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

regnerAvatar border
TS
regner
Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!
emoticon-Hot NewsSebelumnya Saya Mengucapkan Terima kasih tulisan sederhana ini bisa menembus HOT THREADS!! emoticon-Hot News


Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!


emoticon-HoaxINI ASLI APA HOAX YA?? CEKIPROTemoticon-Hoax

Siang gansis !! Langsung aja yak!! Di era teknologi dan masif-nya penggunaan sosial media seperti Kaskus , Facebook , Twitter , Instagram dan lain lain , kecepatan sebuah informasi tidak perlu diragukan lagi, kita bisa mengetahui kejadian yang berjarak ratusan kilometer hanya dengan sekali dua kali klik atau scroll up dan scroll down di gadget dengan waktu hitungan detik. Namun , seringkali kecepatan sebuah informasi tersebut tidak berbanding lurus dengan akurasi atau ketepatan informasi yang di sebarkan sehingga menyebabkan banyaknya informasi palsu atau biasa kita sebut Hoax. Maka dari itu , dari kegelisahan saya , tulisan ini akan membahas tentang Mencegah Hoax dengan Pemahaman dan Pembawaan Diri Di Dunia Maya.

Berita hoax yang kebenaran dan akurasi beritanya tidak dapat dipertanggung jawabkan sangatlah banyak dan bahkan seperti menjamur dan entah tidak ada yang bisa dilakukan atau tidak ada yang mau melakukan sesuatu terhadapnya . Di sosial media kita sangat mudah menemukan berita – berita yang sama sekali tidak memenuhi unsur-unsur sebuah berita seperti waktu , tempat , pelaku kejadian , dan sebagainya , yang akhirnya berujung pada komentar – komentar negatif dan opini yang cenderung menjerumuskan dan menggiring ke arah yang jahat , makanya gan kita sering ngelihat orang debat kusir di komen sebuah postingan yang padahal postingan itu sendiri belum tentu benar. Bahaya... jadi tidak heran perusahaan raksasa digital semacam Google dan Facebook bahu membahu untuk mencegah berita Hoax ini dengan teknologi nya yang nantinya akan secara akan di tambahkan sebagai tools yang menyaring kata , gambar , opini maupun berita yang mengandung hoax. Ya walaupun informasi tentang kapan tools itu akan diluncurkan masih belum diumumkan tapi yang harus diperhatikan adalah jika perusahaan sebesar itu saja sudah mulai memperhatikan tentang bahaya nya Hoax , mengapa kita masih membiarkannya beredar dan meracuni kita bahkan mungkin sebagian kita sudah menyebarkan hoax baik sengaja atau tidak , ya kan?emoticon-Sorry

Lalu Mengapa kita harus memahami betul tentang informasi yang kita peroleh? Yaa agar kita tidak mudah terpancing dan terjebak dengan informasi yang salah dan menyesatkan yang akan membawa kita kepada opini dan mungkin akan menjadi stigma atau bahkan pedoman yang salah karena didasari oleh informasi yang salah . bahaya kan? Maka dari itu pentingnya kesadaran dan pemahaman akan informasi yang benar akan membimbing kita ke arah yang benar pula.

Sedangkan Pembawaan Diri , yang saya maksud disini adalah mampu mengendalikan emosi dan dapat menempatkan diri dengan tepat. Pertanyaannya mengapa kita harus bisa mengendalikan dan menempatkan diri pada tempat yang tepat terhadap informasi yang kita terima di lingkungan yang bahkan tidak nyata? karena Pembawaan Diri yang tenang , dewasa dan mampu berpikir dengan positif serta tidak mudah terpancing emosi akan menjadikan diri kita pribadi yang lebih tenang walaupun di dunia maya, dengan begitu kita dapat mencerna informasi lebih baik sebelum memberikan respon berupa komentar atau share terhadap informasi tersebut .

Sekarang, gimana caranya biar bisa tenang kalo liat post yang jelas-jelas bikin panas? Nah, berikut cara – cara yang bisa dilakukan agar tidak terjebak hoax jika melihat atau membaca informasi di sosial media :

1. Tahan Jempol gan

Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!


Jangan mudah percaya dengan postingan – postingan yang ada di sosial media tentang informasi apapun terlebih yang mengandung sensitifitas tinggi seperti Agama dan Politik yang lagi rame , yang beritanya tidak mencantumkan unsur berita yang baik yaitu 5W 1 H dan sumber berita yang jelas apalagi kalo dibungkus dengan kata-kata provokatif , Wah jangan kepancing untuk like , comment atau share gan!

2. Jangan Males Baca gan
Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!


Perkuat research atau mencari sumber lain dari informasi yang dilihat atau dibaca , apakah ada kesesuaian dengan sumber – sumber lain , karena jika kita membaca berita yang benar pasti banyak media yang mengangkat berita itu menjadi headline atau setidaknya menjadi salah satu konten berita di situs media tersebut.

3. Pahami Point Berita Dari Berbagai Sumber bro!
Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!


Bandingkan informasi dari satu sumber dengan sumber yang lain , terkadang dapat dilihat berita hoax dan berita yang benar jika kita sudah membandingkan dari beberapa sumber yang ada. Hal ini penting dan dianggap perlu manakala berita yang kita lihat atau baca sudah menajdi konsumsi publik banyak dan mempengaruhi opini masyarakat.

4. Jangan Takut Untuk Report Account
Mencegah Hoax ? Pahami dan Tetap Tenang Gan!


Jika anda sudah cukup yakin jika berita tersebut hoax atau palsu, segeralah menginformasikan kepada akun yang memposting berita tersebut dan jika tidak ada respon yang baik alangkah lebih baik jika kita memanfaatkan fitur report account pada sistem keamanan di sosial media yang digunakan.


Dan terakhir saya mau bicara sedikit tentang kegelisahan saya pribadi yang sampai membawa saya untuk menulis tulisan yang jelek ini, semata-mata karena saya melihat dan merasakan sendiri ketidak dewasaan dari masyarakat saat ini dalam menghadapi perbedaan , saya tidak perlu menjelaskan perbedaan apa yang saya maskud karena jelas kita semua berbeda satu sama lain , dan mengapa saya merasa seiring tahun berganti dan waktu berjalan semakin sulit untuk hidup berdampingan didalam perbedaan? bukankah kita adalah INDONESIA ? yang terdiri dari ribuan suku dan berbagai aliran kepercayaan ? Apakah pahlawan kita dulu memikirkan perbedaan saat harus berperang melawan penjajah yang kejam? Mengapa saat sudah merdeka dan mandiri kita malah meributkan perbedaan? dimana BHINEKA TUNGGAL IKA ? mengapa kita dengan mudahnya terpecah menjadi kubu-kubu hanya demi mempertahankan opini ? sebagai contoh lucunya.. opini kita terpecah hanya karena memperdebatkan tentang BUMI RATA atau BUMI BULAT!! Come on guys.. Really ?! yah sudahlah.. Semoga INDONESIA semakin dewasa dan menajdi tempat yang nyaman bagi kita semua umat manusia dan umat beragama ... segini aja daripada kepanjangan..

Demikian tulisan saya tentang Pentingnya Mencegah Hoax dengan Pembawaan diri dan Pengetahuan di Dunia Maya , kiranya tulisan ini dapat membantu kita semua untuk mencegah tersebarnya racun berita hoax dan informasi yang salah di dunia maya.

emoticon-Salamanemoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman
Diubah oleh regner 09-01-2017 02:28
0
21.1K
194
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.6KThread85.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.