Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phd.inhatredAvatar border
TS
phd.inhatred
Hari Ini Umat Kristen Ortodoks Rayakan Natal, Kok Beda?
TEMPO.CO, Canberra - Berbeda dengan umat Nasrani pada umumnya, umat Kristen Ortodoks yang tersebar di Eropa Timur dan Timur Tengah merayakan natal pada Sabtu, 7 Januari 2017.

Perbedaan ini karena gereja Kristen Ortodoks masih menggunakan kalender Julian yang berjalan 13 hari lebih lambat dibanding kalender Gregorian yang dipakai dunia internasional.

"Saat kami membuka kalender pada 7 Januari, sejatinya kami melihat tanggal 25 Desember,” kata Pendeta Alexander Morozow dari Gereja Ortodoks Rusia di Canberra, Australia.

Kalender Julian resmi digunakan saat Kaisar Julius memerintah pada tahun 45 sebelum Masehi.


Pada 1582, Paus Gregorius XIII menciptakan kalender baru untuk memperbaiki perbedaan antara tanggalan dan waktu astronomi. Sejak itulah, kalender Gregorian dipakai.

Namun, ketika negara-negara Katolik mengadopsi kalender Gregorian, negara-negara penganut Kristen Ortodoks tetap berpegang pada kalender Julian.

Pada 1923, revisi kalender Julian membuat hari natal bagi umat Ortodoks dirayakan bersama umat Nasrani lain. Namun revisi ini hanya dilakukan sejumlah negara, seperti Siprus dan Rumania.

Adapun Rusia, Ukraina, Serbia, Belarusia, Mesir, Etiopia, Georgia, Kazakhstan, Makedonia, Moldova, dan Montenegro tetap merayakan natal pada 7 Januari.

Meski dirayakan pada tanggal yang berbeda, tradisi natal tetap sama. Mereka sama-sama menghias pohon natal, memberikan kado, dan memasang lingkaran hijau di pintu depan rumah.

Sejumlah negara juga memiliki versi Santa Claus sendiri. Di Rusia, misalnya, sosok kakek tua ramah ini disebut Ded Moroz (Kakek Es). Ia ditemani cucu perempuannya, Snegurochka (Perawan Salju), memberikan kado kepada anak-anak.
Â
ABC | SITA PLANASARI AQUADINI



https://m.tempo.co/read/news/2017/01...natal-kok-beda



kristen orthodox banyak yg berjenggot emoticon-Kiss

RUM kita berkoalisi emoticon-Peluk




and you will find the nearest of them in affection to the believers those who say, "We are Christians." That is because among them are priests and monks and because they are not arrogant.

Diubah oleh phd.inhatred 07-01-2017 09:58
0
13.6K
166
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.