shinfuAvatar border
TS
shinfu
Dicecar Kuasa Hukum Ahok, Gusjoy Berkali-kali Bilang 'Saya Lupa'
Dicecar Kuasa Hukum Ahok, Gusjoy Berkali-kali Bilang 'Saya Lupa'

Jakarta - Saat bersaksi di sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gusjoy Setiawan beberapa kali mengaku lupa saat ditanya oleh pengacara Ahok. Pertanyaan yang tidak dia jawab termasuk soal tahun kelulusan SD.

Dalam sidang yang berlangsung di Gedung Kementan, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017), pengacara Ahok mencecar Gusjoy soal kesaksiannya di BAP. Namun, Gusjoy hanya menjawab tidak ingat.

"Di BAP ada kata 'pakai', di laporan tidak ada kata 'pakai'. Apa ada kaitannya dengan Buni Yani?" tanya pengacara Ahok.

"Saya tidak tahu dengan Buni Yani. Saya lupa," jawab Gusjoy.

Pengacara Ahok juga menggali kembali isi BAP Gusjoy tentang makna tersurat dan tersirat serta aspek semantik dan linguistik. Tapi, lagi-lagi jawabannya sama.

"Saya lupa, saya tidak bisa menjawab," kata Gusjoy.

Hingga akhirnya, salah satu pengacara Ahok yaitu Sirra Prayuna menggali ke hal yang dasar yaitu kelulusan sekolah. Ternyata, Gusjoy juga lupa.

"Apa saksi lupa tahun kelulusan SD, SMP, SMA seperti butir 3 saksi? Benar lupa atau apa?" tanya Sirra.

"Waktu saya di BAP saya lupa. Sekarang juga lupa," ujar Gusjoy.

Pengacara Ahok kemudian mengingatkan bahwa kesaksian palsu di sidang bisa dipidana. Di sidang, pengacara Ahok juga menggali latar belakang Gusjoy sebagai advokat karena dia pernah mendukung salah satu cagub DKI bersama Koalisi Advokat Rakyat.

Gusjoy mengaku dia adalah advokat. Pengacara Ahok kemudian masih mencecar soal jabatan Gusjoy dan dia mengatakan belum pernah disumpah sebagai advokat.

"Belum disumpah," jawab Gusjoy.

Kesaksian Gusjoy itu juga diceritakan ulang oleh kakak angkat Ahok, Andi Analta Amir. Andi menjelaskan Gus Joy kerap menjawab lupa saat ditanyakan riwayat hidupnya. Andi meragukan kapasitas dari Gus Joy sebagai saksi.

"Mungkin ada hal kapabilitas salah seorang saksi bahwa dia kerap lupa, lupa, lupa. Itu saksi ketiga Gus Joy. Kan umum, karena masalah riwayat hidup harus dijelaskan. Misalkan lulusan SD tahun berapa, SMP tahun berapa, dia bilang lupa. Artinya semua pertanyaan 75 persen lupa, untuk masalah riwayat hidup," ujar Andi.

"Iya karena mungkin dari fakta, diperlihatkan kok dia mengaku sebagai advokat, padahal dilantik pun belum," sambungnya. (imk/tor)

Sumber: https://m.detik.com/news/berita/d-33...lang-saya-lupa
Diubah oleh shinfu 03-01-2017 12:46
0
24.8K
381
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.