Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskursiAvatar border
TS
kaskursi
MUI Samarinda minta warga tak resah soal perbedaan arti Al Maidah 51
Merdeka.com - Warga Samarinda, Kalimantan Timur, dibikin bertanya-tanya dengan beredarnya Alquran berisi terjemahan surah Al Maidah ayat 51 yang berbeda dari umumnya. Menanggapi itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Samarinda minta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu resah.

Sabtu (24/12) lalu, beredar pesan terusan melalui WhatsApp, tentang beredarnya terjemahan Alquran pada surah Al Maidah ayat 51. Dalam pesan itu, sejatinya kata Aulia bermakna pemimpin, namun tertulis teman setia. Alquran itu dikabarkan beredar di salah satu toko buku jaringan nasional di Samarinda.

"Saya penasaran, saya cek langsung ke toko itu. Saya telusuri ke surat Al Maidah 51, ternyata benar tertulis teman setia," kata warga Samarinda, Fauzi Amin kepada merdeka.com, Senin (26/12).

"Selama ini yang saya pahami adalah bahwa surah Al Maidah itu pada kata yang tertulis teman setia, bermakna pemimpin," ujar Fauzi.

Fauzi pun masih penasaran. Belakangan dia temukan tiga Alquran terjemah yang memiliki arti berbeda tentang surah Al Maidah. "Ada tigapenerbit saya temukan, saya baca, maknanya berbeda-beda. Agar tidak menimbulkan pertanyaan, keresahan, mungkin MUI bisa memberikan penjelasan," sebutnya.

Sementara Ketua MUI Kota Samarinda KH Zaini Naim saat dikonfirmasi merdeka.com, membenarkan beredarnya Alquran dan terjemah, yang bertuliskan soal beda makna Al Maidah ayat 51. Menurut Zaini, dia telah berkoordinasi bersama dengan aparat, untuk menelusuri kebenaran peredaran Alquran itu di sana.

"Ya, saya juga mendengar, menerima informasi itu. Saya berkoordinasi dengan Kepolisian, menelusuri itu. Memang benar, ada dijual di toko buku itu," kata Zaini.

"Tidak ada yang salah dengan terjemah Al Maidah ayat 51 itu. Kata Aulia, memiliki 18 arti. Bisa bermakna pemimpin, bisa bermakna teman setia. Mungkin pemahaman masyarakat, belum tahu soal itu," ujar Zaini.

Zaini meminta masyarakat tetap tenang, tidak terpengaruh dengan sebaran informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Apabila masih ingin menanyakan lebih jauh, bisa bertanya kepada alim ulama.

"Masyarakat tidak perlu resah ya, tetap tenang. Karena memang di kalangan ulama berkesimpulan, kata Aulia dalam surat Al Maidah 51 punya 18 arti," demikian Zaini.

https://www.merdeka.com/peristiwa/mui-samarinda-minta-warga-tak-resah-soal-perbedaan-arti-al-maidah-51.html

Ternyata terjemahan quran bhs indonesia ada banyak juga yg beredar. Kirain cm satu doang. Banyak juga yah, aulia punya 18 arti. Tp dalam sebuah kalimat, harusnya hanya punya satu arti yg sesuai konteks. Klo versi bahasa inggris dari 3 terjemahan ini memang ga ada satupun yg menterjemahkan sbg pemimpin

Sahih International
O you who have believed, do not take the Jews and the Christians as allies. They are [in fact] allies of one another. And whoever is an ally to them among you - then indeed, he is [one] of them. Indeed, Allah guides not the wrongdoing people.

Yusuf Ali
O ye who believe! take not the Jews and the Christians for your friends and protectors: They are but friends and protectors to each other. And he amongst you that turns to them (for friendship) is of them. Verily Allah guideth not a people unjust.

Pickthall
O ye who believe! Take not the Jews and the Christians for friends. They are friends one to another. He among you who taketh them for friends is (one) of them. Lo! Allah guideth not wrongdoing folk.

Politik klo dicampur agama memang ruwet gan apalagi di indonesia emoticon-Big Grin

Update dr agan bujanglapuk

Quote:


emoticon-Big Grin
Diubah oleh kaskursi 29-12-2016 01:56
0
13.1K
216
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.