Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanjengdimasAvatar border
TS
kanjengdimas
Ini Ikan yang Paling Banyak Dimakan Rakyat Indonesia
Jakarta - Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), kelompok ikan laut Tuna, Cakalang, dan Tongkol (TCT) menjadi jenis ikan yang paling banyak dikonsumi masyarakat Indonesia saat ini. Hal ini didorong dengan jenis produk ikan yang paling banyak dikonsumsi didominasi oleh produk ikan segar, yakni sebanyak 76%.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo, dalam jumpa pers kinerja dan outlook Ditjen PDSPKP di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Kelompok ikan Tuna Tongkol Cakalang menjadi yang paling banyak dikonsumsi dengan porsi 16.45%. Kemudian disusul dengan Kelompok Ikan dan Makanan Jadi (KIMJ) seperti bakso, sosis, nugget dan lainnya sebesar 9,02%. Berturut-turut disusul oleh kelompok ikan lele, patin, dan gabus 7,92%, Kembung 6,65%, Bandeng 5,43%, Mujair/Nila 5,26%, Udang dan Cumi 3,87%, Teri 3,36%, kelompok TCT asin 2%, dan ikan kembung asin 1,36%.

Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo mengatakan, saat ini pemerintah tengah melirik potensi konsumsi ikan dari kelompok olahan yaitu ikan dan makanan jadi. Pasalnya, konsumsi ikan di wilayah Jawa dan sekitarnya masih lebih rendah dari rata-rata nasional yaitu 20 hingga 31,4 kg/kapita.

Jawa menjadi kawasan yang memiliki akses pasar terbatas, tapi mempunyai produksi yang potensial. Untuk itu, daerah ini akan didorong melakukan kegiatan pengolahan ikan, terlebih banyak kota di Jawa yang tidak lagi memiliki waktu untuk mengolah ikan dari hidup.

"Di Jawa, khusunya kabupaten/kota yang tidak memiliki laut, konsumsinya sedang, di angka 20 sampai 31.4 kg/kapita. Kita masih punya PR mendongkrak konsumsi ikan per kapita kita di Jawa. Di Jombang bahkan tidak sampai 20kg/kapita," kata Nilanto.

Untuk itu, pemerintah akan mendorong pelaku-pelaku pasar utama yang ada di daerah yang masih kurang konsumsi ikannya, agar berinvestasi di daerah tersebut.

"Sekarang kita dorong kelompok utama yang punya pengaruh besar ke masyarakat, untuk kita sentuh sarana pengangkutan, pengolahan dan lain-lainnya di hulu," pungkasnya.

https://m.detik.com/finance/ekonomi-...kyat-indonesia

ane suka ikan mujair, tongkol, dan ikan nila gan emoticon-Recommended Seller
banyakin makan ikan aja daripada daging merah, selain murah juga pastinya sehat emoticon-Smilie
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
9.1K
75
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.