Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Tudingan mabuk pilot pesawat Citilink

President and CEO PT Citilink Indonesia, Albert Burhan dan General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro setelah menerima kedatangan pesawat Citilink rute baru Batam-Pontianak di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Kamis (1/12/2016).
Berawal dari cuitan pengguna media sosial, maskapai penerbangan Citilink menjadi sorotan. Sebuah akun di Twitter membuat tudingan serius: pilot Citilink mabuk sebelum lepas landas.

Pemilik akun @htsubiyantoro Hendro T Subiantoro, merupakan penumpang Citilink rute penerbangan Surabaya-Jakarta pada Selasa 28 Desember 2016. Saat itu penumpang sudah masuk ke kabin pesawat dan pintu pesawat sudah tertutup. "Mendengar pengumuman yang bernada ngelantur, penumpang protes dan meminta pilot diganti," katanya melalui Kompas.com.

Dalam postingan di Twitter, disertakan video suasana di dalam kabin pesawat Citilink nomor penerbangan QG800. Nampak beberapa penumpang berdiri dan berbicara dengan awak kabin. Pramugari kemudian mencoba menenangkan penumpang dengan meminta mereka duduk dan menunggu di dalam pesawat.
Insiden di pswt @Citilink QG 800 Sub -CGK, pilotnya mabuk, omong ngelantur sblm take off. @CGK_AP2 @kemenhub151. Penumpang di suruh trn lagi [URL="https://S E N S O R2iUohstW1W"]pic.twitter.com/2iUohstW1W[/URL]
— Hendro T Subiyantoro (@htsubiyantoro) December 27, 2016
Penumpang lainnya membenarkan adanya pengumuman tak biasa dari pilot. Dilansir BBC Indonesia, penumpang Eddy Roesdiono mengatakan pilot menyampaikan pesan kepada para penumpang melalui interkom dengan gaya bicara pilot amat.

"Pilot memperkenalkan dirinya dan kopilot. Setelah itu, pilot melantur, 'We are going to get ready, everything is ready. Oh yes, yes, already already'. Kemudian dia menyebutkan nama pramugari, beberapa wanita. Lalu ketika sampai pada nama Rike, pilot mengatakan, 'Rike... Rike... Rike..' Itu kan tidak normal, standar prosedurnya kan tidak seperti itu," kata Eddy.

Para penumpang merasa ada yang tidak beres sehingga turun dari pesawat dan meminta pilot diganti. Citilink kemudian mengganti pilot tersebut dengan pilot cadangan yang sudah tersedia sesuai prosedur untuk melanjutkan penerbangan.

Tudingan pilot mabuk dibantah Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar. Melalui Antaranews, Benny mengatakan bahwa pilot tersebut berbicara tidak jelas saat menyambut penumpang lewat pengeras suara karena gugup akibat datang terlambat. "Dia tergopoh-gopoh, jadi omongannya tidak jelas dan disangka seperti orang mabuk," kata Benny.

Benny mengatakan hasil pemeriksaan urine dan fisik tak menunjukkan pilot dalam keadaan mabuk. Citilink akan memanggil pilot yang bersangkutan untuk menjalankan pemeriksaan medis lengkap di Balai Kesehatan Penerbangan di Jakarta.

Meski sudah dinyatakan tak mabuk, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo memerintahkan tes kesehatan terhadap pilot. "Kapten Pilot bernama Tekad Purna tersebut harus melakukan medical check-up (pemeriksaan kesehatan) ke kantor Kesehatan Penerbangan hari ini juga," kata Suprasetyo. Kalau hasilnya tetap negatif, Suprasetyo berharap nama baik pilot tersebut dapat dipulihkan.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...sawat-citilink

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kewarganegaraan ganda Arcandra dan Gloria

- Facebook pun terperdaya informasi sesat

- Simalakama kebijakan proteksi produk lokal

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
6.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread734Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.