News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2244
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586219005a516301618b457c/kala-rizieq-shihab-terbelit-kasus-serupa-ahok
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), sekaligus Pembina GPNF MUI, Rizieq Shihab memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Kamis (3/11).
Lapor Hansip
27-12-2016 14:32

Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok

Past Hot Thread
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), sekaligus Pembina GPNF MUI, Rizieq Shihab memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Kamis (3/11). Rizieq diperiksa sebagai saksi ahli agama dari pihak pelapor yaitu FPI DKI Jakarta terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama.
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, dilaporkan dalam kasus dugaan penodaan agama.

Laporan datang dari Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI). Keberatan mereka berpangkal pada pidato Rizieq dalam sebuah acara di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (25/12).

Dalam pidatonya, Rizieq berbicara tentang ucapan selamat Natal, yang menurutnya tak perlu diucapkan seorang Muslim. Namun, penjelasan Rizieq berkembang dan menyerempet kepercayaan umat Kristen.

"Anak tuhan dari mana? Kalau Yesus anak Tuhan, bidannya siapa?" Demikian perkataan Rizieq, yang disambut tawa peserta majelis. Perkataan itulah yang jadi dasar laporan PP-PMKRI ke Polda Metro Jaya.

Ketua Umum PP-PMKRI, Angelo Wake Kako, mengaku tersakiti dengan pidato Rizieq, yang dianggap melecehkan umat Kristen. Dengan perkataan itu, kata Angelo, Rizieq juga telah menebar kebencian.

"Kami merasa terhina, merasa tersakiti dengan ucapan ungkapan kebencian yang disampaikan oleh saudara Habib Rizieq Shihab ini," kata Angelo, dikutip Rappler Indonesia.

Dalam laporannya, PP-PMKRI juga mengadukan pemilik akun Twitter @sayareya, dan Instagram @Fauzi_ahmad_fiiqolby, yang dianggap telah menyebar video pidato Rizieq.

Pidato tersebut memang terekam dalam video dan menjadi viral di media sosial. Video pendek yang viral punya durasi 21 detik --versi panjangnya baru belakangan menyebar.

Pantauan Beritagar.id menunjukkan bahwa akun Twitter @sayareya, sudah diatur dalam setelan privat. Alhasil, jejak kicauannya tak bisa dilihat publik.

Di Instagram, @Fauzi_ahmad_fiiqolby, tampak sudah menghapus video-video pidato Rizieq yang jadi sumber perkara. Namun, Beritagar.id sempat mengambil tangkapan layar dari video pidato Rizieq yang dikirim @Fauzi_ahmad_fiiqolby.
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
Tangkapan layar @Fauzi_ahmad_fiiqolby, yang memuat video pidato Rizieq.
Menyikapi laporan PP-PMKRI, akun Twitter @DPP_FPI --dipercaya akun resmi FPI-- mengirim 27 seri kicauan guna membela Rizieq. @DPP_FPI berdalih bahwa perkataan imam besar mereka itu sesuai dengan keyakinan umat Islam.

Akun yang punya 77 ribu pengikut itu mengatakan bahwa para pendeta yang mengajarkan ihwal Anak Tuhan juga bisa balik dilaporkan ke polisi. Dalam logika ala FPI, ajaran itu bisa dianggap penodaan agama.

"Nanti pendeta yang ajarkan tentang dogma Anak Tuhan kepada umat Kristiani, bisa juga dianggap penistaan oleh umat Islam."

@DPP_FPI juga berusaha menggiring opini bahwa laporan terhadap Rizieq, tak lepas dari kasus dugaan penodaan agama yang membelit Gubernur DKI Jakarta (nonaktif), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Terutama berkenaan dengan menguatnya aksi-aksi umat Islam yang meminta agar Ahok ditangkap.
22. Semua penjelasan tadi, diterangkan Hb Rizieq dlm kapasitas beliau sbg Ulama Islam, dlm forum Pengajian yg dihadiri oleh Umat Islam pula.
— Front Pembela Islam (@DPP_FPI) December 26, 2016 25. Apa mau Pendeta2 dilaporkan rame2 oleh Umat Islam, krn dituduh ajarannya menista Islam?! Tentu itu tdk kita inginkan. Bisa kacau semua.
— Front Pembela Islam (@DPP_FPI) December 26, 2016 27. Bgmnpun kesuksesan GNPF MUI dlm pimpin jutaan Umat tuntut Ahok diproses hukum, hingga Ahok jd Terdakwa, membuat bbpr pihak tdk senang.
— Front Pembela Islam (@DPP_FPI) December 26, 2016
Di sisi lain, PP-PMKRI menampik bila laporan mereka dikaitkan dengan kasus penodaan agama dengan terdakwa Ahok. "Enggak ada, enggak ada. Kita enggak pernah tahu itu," kata Angelo.

Walau demikian, dasar keberatan PP-PMKRI memang sama dengan Pasal-Pasal penodaan agama yang membelit Ahok, yakni Pasal 156 dan Pasal 156a KUHP.

Pun sama seperti kasus Ahok, dugaan penodaan agama yang kini mengintai Rizieq juga mengacu pada video yang menyebar di media sosial.

Kemiripan antara kasus Ahok dan Rizieq juga bisa dilihat lewat argumen PP-PMKRI. Organisasi mahasiswa Katolik itu keberatan bila ruang privat agama mereka dicampuri orang lain. Argumen macam itu juga kerap terdengar dari kelompok-kelompok yang menentang Ahok.

"Kita wajib menghargai perbedaan itu dengan tidak mencampur terlalu jauh apa yang telah menjadi ruang privat agama orang lain. Terkait dengan keimanan Kristiani itu yang tahu hanya orang Kristiani, hanya orang Katolik. Siapa pun dia, kalau tidak tahu, mendingan diam," ujar Angelo, dikutip Kompas.com.

Adapun Rizieq merupakan Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pembela Fatwa - Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI). Kelompok yang disebut terakhir merupakan penggerak aksi-aksi yang menuntut penangkapan Ahok dalam kasus dugaan penodaan agama.

Rizieq juga jadi salah satu saksi ahli dari pihak pelapor dalam kasus yang membelit Ahok. Kini, dia justru terbelit kasus serupa.

Pertanyaannya, apakah Rizieq siap menghadapi kasus ini? Lebih-lebih kasus ini menggunakan standar yang sama dengan tuduhan Rizieq dan kelompoknya kepada Ahok?
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...us-serupa-ahok

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara

- Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok Habis putusan MA, terbitlah izin baru

- Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok Terungkap, lokasi aksi terduga teroris Purwakarta

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 114
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:27
penjarakan habib
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:27


Quote:Original Posted By sportivity
Quote:Original Posted By panasbungoblok

1. wajar menghina agama lain? baarokah sekali ajaran kalian
2. kenapa harus bawa2 kristen? harus nyerempet ke agama lain?
3. jadi terbiasa saat pengajian hina agama lain?
4. video da tersebar ke public tuh
-ahok juga hanya di kepualauan seribu, ga ada ribut tuh
sampai buni yani share + kasih caption hilangkan kata pakai

ahok di tangkap
buniyani ditangkap

tangkap yg share video ( apa ada caption ngutip video itu lalu hilangkan kata?)
tangkap rizieq
adil?

wow?
kalian bawa YESES
lalu kristen ga boleh protes? barokah sekali isi otak kamu emoticon-Ngakak

btw, gw bukan kristen/katolik
karena gw bukan ke2nya
maka otak gw lebih bisa melihat isi kasus ini dibanding kalian (ga bela kanan kiri)
ngoahahahaha emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Ga paham2 nih bocah, ga liat kiri kanan sih emoticon-Wkwkwk
Sah2 saja selama didepan umat agama yg bersangkutan, kan ane udah bilang, gimana pastur/pendeta mengajar dengan menghina Islam di sekolah Teologi.
Ngakunya ga bela kiri kanan, tapi kelihatan jelas kok bro lu bela kemana emoticon-Wkwkwk

Sudahlah praktek saling membandingkan agama di dunia teologi hal yg lumrah . Sama merasa yg dianutnya yg terbaik. Memang penistaan agama ini pasal karet . So hati2 aja kalo ngomong di publik
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:28
Quote:Original Posted By panasbungoblok
cie
ga bisa counter
mewek asal nyocot emoticon-Ngakak



Ane diajarin disekolah untuk gk saling hina, maaf ye..
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:28
Sempak bener nih bibib emoticon-Wkwkwk
Ga sadarkah?
Yang ada kerjanya menghasut dan menghasut
Allah yang maha tinggi itu punya segala kuasa
Allah maha mengetahui
Ga ngertikah itu?

Itu yang melapor bukan saja hanya dari pmkri loh emoticon-Big Grin
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:28
BERIKUT TANGGAPAN FPI YANG DISAMPAIKAN MELALUI AKUN RESMI TWITTER @DPP_FPI:

1. Ketika Ulama dakwahkan haram Muslim pilih pemimpin kafir, tetiba ada Non Muslim berkata "Jgn mau dibohongi pakai Al-Maidah" Ini Penistaan

2. Ketika Ulama fatwakan haram Muslim pakai atribut Non Muslim, tetiba Ulama dituduh anti kebhinekaan, anti Pancasila. Ulama pun dihina-hina

3. Lalu ktk ada Ulama dakwahkan ajaran Al-Quran "Allah tdk beranak & tdk diperanakkan" Tetiba ulama dilaporkan ke Polisi. Penistaan tuduhnya

4. Luar biasa mereka, jadi Ulama-ulama yg dakwahkan ajaran Islam sesuai Kitab Suci dicap bohong, menista agama lain, lalu seenaknya dihina2.

5. Ulama yg dakwahkan ttg Kepemimpinan, atribut keagamaan maupun ttg teologi, semua berdasar ajaran Kitab Suci utk jaga akidah umat Islam.

6. Ulama jaga akidah umat agar senantiasa lurus sesuai petunjuk agama. Tdk melenceng, tdk tersesat. Krn memang itulah tugas mulia para Ulama

7. Kini, mulai muncul manusia-manusia berhati busuk yg rupanya tdk suka lihat Indonesia damai, yg tdk suka lihat antar Umat Beragama damai.

8. Mereka mulai ikut campur urusan internal umat Islam. Merecoki ajaran Islam. Nista Kitab Suci. Bahkan hina dan rendahkan Ulama umat Islam.

9. Jadi jelas sebenarnya siapa yg Intoleran, yg tdk bisa hargai kerukunan beragama, dan jelas pula siapa pemantik perpecahan di negeri ini.

10. Hari ini, Mahasiswa Katholik laporkan Hb Rizieq. Mereka tuduh Hb Rizieq nista agama krn katakan "Tuhan tdk Beranak & tdk Diperanakkan."

11. Dgn berbekal video 21 detik hasil editan dan manipulasi, Mahasiswa Katholik tsb melaporkan Hb Rizieq. Mereka ingin Hb Rizieq ditangkap.

12. Di sinilah lagi-lagi perkaranya, Non Muslim merecoki ajaran Al-Quran yg di dakwahkan Ulama pada Umat Islam. Dakwah itu dituduh penistaan

13. Dlm kasus Ahok, Non Muslim tuduh AlMaidah sbg alat membohongi. Lalu dlm kasus ini, Non Muslim tuduh yg dakwahkan Al-Ikhlas sbg Penistaan

14. Konteks ceramah Hb Rizieq tsb adalah jelaskan soal keharaman Muslim ucapkan selamat Natal. Krn ucapan ini punya konsekuensi pd Akidah.

15. Menurut Hb Rizieq, walaupun Natal scr bahasa artinya Hari Kelahiran. Tp secara Terminologi artinya Hari Lahir Yesus Kristus sbg Anak Tuhan.

16. Sehingga ucapan "Selamat Natal" berarti "Selamat Hari Lahir Yesus Kristus Sebagai Anak Tuhan." Ini haram diucapkan oleh Umat Islam.

17. Dlm tabligh itu pula, Hb Rizieq jelaskan kpd Umat Islam yg hadir, bgmn cara jawab jika dpt ucapan "Selamat Natal" dari Umat Kristiani.

18. Menurut Hb Rizieq, jika Umat Kristiani sengaja atau bahkan ngotot ucapkan Selamat Natal pd Muslim, itu berarti hina & nista Akidah Islam

19. Beliau lantas anjurkan Muslim yg diberi ucapan Selamat Natal yg artinya Selamat Hari Lahirnya Yesus Kristus sbg Anak Tuhan, agar jawab:

20. "Lam Yalid Wa Lam Yuulad" artinya "Dia (Allah) tdk beranak dan tdk diperanakkan." Sebagaimana termaktub dlm Al-Qur'an Surat Al-Ikhlas: 3

21. Bagi Umat Islam, keyakinan Allah beranak adalah keyakinan bathil dan bertentangan dengan akidah Islam.

22. Semua penjelasan tadi, diterangkan Hb Rizieq dlm kapasitas beliau sbg Ulama Islam, dlm forum Pengajian yg dihadiri oleh Umat Islam pula.

23. Lantas kenapa Mahasiswa Katholik tetiba menuduh Ulama Islam yg dakwahkan ajaran agama kpd Umatnya sendiri sbg Penistaan ?!

24. Jika begitu, nanti Pendeta yg ajarkan ttg dogma “Anak Tuhan” kpd Umat Kristiani, bisa juga (dilaporkan balik –red) dianggap Penistaan oleh Umat Islam. Kacau tidak?!

25. Apa mau Pendeta2 dilaporkan rame2 oleh Umat Islam, krn dituduh ajarannya menista Islam?! Tentu itu tdk kita inginkan. Bisa kacau semua.

26. Lebih dari itu, kami informasikan kpd Umat Islam, bahwa ketua GNPF MUI Ust Bahtiar Nashir skrg juga sama mulai diserang berbagai fitnah.

27. Bgmnpun kesuksesan GNPF MUI dlm pimpin jutaan Umat tuntut Ahok diproses hukum, hingga Ahok jd Terdakwa, membuat bbpr pihak tdk senang.
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:28
Quote:Original Posted By synthesis13
penjarakan habib


kayaknya mustahil kalo di negeri ini bro
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:28
Ya beda konteks menurut ane sih, Ahok mengucapkan tersebut saat kampanye pada pendengar yang mayoritas Muslim, Rizieq mengucapkannya saat pidato atau istilah agamanya kutbah(?)/kotbah(?) di hadapan orang-orang yang seagama dengan beliau. Ane tidak bilang mana yang betul dan tidak betul, walau hanya ada "sedikit" perbedaan, tetapi "impact"nya lain.
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:29
KAPOKMU KAPAN, BIBemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:29
Quote:Original Posted By romario3
pertanggung jawabkan omonganmu


Mungkin anda sedang sakit.

Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:29
Gw lebih suka sama dr.zakir naik emoticon-No Hope
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Lihat negeri kita ini,.. rasa bhineka tunggal ika telah luntur. Apakah ini pertanda perpecahan ?????????? Perbedaan menjadi senjata utama untuk menebar kebencian, apakah di masa depan nanti negara kita sama seperti eropa, yg hanya ada kesamaan
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Quote:Original Posted By lumiapple777
Lah baru tau ente?? kaskus keliatan banget udah jadi cerobong sayap sebelah bre.


RIP KASKUS emoticon-Turut Berduka

keliatan banget emang ,
berita ginian langsung cepet aje HT nya




kembalikan kaskus gw yg dulu emoticon-Marah


RT gan. sane setuju banget. kemarin berita HT ttg jakarta semua. jakarta yg indah katanya. lalu, voting cagub-cawagub d kaskus, ahok juaranya.

kaskus kenapa kamu begini?
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
tunggu aja kelanjutannyaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
KASKUS PRO AHOK!!! pas kasus ahok kok engga jadi HT ya...
Akhir zaman jadi semakin jelas... mana yang haq dan bathil... mana media yang mendukung yang haq dan yang bathil... mana yang ngaku muslim dan kaum munafiq...

"Perumpamaan orang munafik itu seperti kambing yang bingung diantara dua ekor kambing, terkadang berpaling kepada kambing yang satu, terkadang kepada kambing yang lain dan tidak tahu mana yang harus di ikuti."
(Hadits Riwayat Muslim)

Diubah oleh K.LowLight
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Quote:Original Posted By panasbungoblok

wow
sah hina agama lain di pengajian?
itu kata elu ya
pengakuan ni
kebiasaan hina agama lain dipengajian emoticon-Angel emoticon-Angel
barokah sekali emoticon-Angel emoticon-Angel

dan 1 lagi buktikan saja
ga mampu buktikan?
kebiasaan tebar hoax?
buat nipu2 teman kamu yang BODOH dan MISKIN saja
gw mah ga akan ketipu emoticon-Ngakak

Gw masih heran dimana menistakan agamanya?
Asal ente tau, Yesus itu ada dalam ajaran Islam, kita mengenalnya dengan nama Nabi Isa AS & Almasih. Yesus itu nama dalam bahasa lain.
Nabi Isa itu bukan anak Tuhan, makanya konyol kalo dibilang anak Tuhan, kalo itu anak Tuhan, bidannya siapa?
Sah kan, semua kalimatnya dari zumber Al Quran, beda kalo dibilang Susanoo & Amaterasu itu konyol, dalam Islam ga ada Susanoo & Amaterasu, kalo umat Sinto protes baru oke.
Berapa kali harus gw bilang sih kalo agama lu juga sering menghina agama lain dalam sekolah? Bukan cuma Islam, tapi semua agama besar di dunia.
Agama lu sah donk menghina agama lain, bahkan sampai memasukannya dalam kurikulum emoticon-Wkwkwk
Lu ga ketipu? Padahal dalam hidup lu udah ketipu emoticon-Wakaka
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Trit sampah jadi HT, berarti kaskus udah jadi sampah.
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Quote:Original Posted By adipras


Mungkin anda sedang sakit.

Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok


Betul bro,...

beda konteks dan beda kondisi..

Malu2in orang kristen aja tu yg laporin emoticon-Cape d...
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
Emang enak dilaporin bib emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
wahhh...umat muslim dikatain jgn diperdaya oleh oknum dgn dalih ayat alquran aja emosi, nah ini umat kristiani dijelek2kin nabinya, mana gak emosi? emoticon-Nohope

fix lah yg msh ngedukung di riziq emang "EGOIS" + menggambarkan klu "X" jg EGOIS, sama yg kebanyakan org bilang emoticon-Nohope

emoticon-roseKARMA emoticon-rose
0 0
0
Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok
28-12-2016 07:31
disampaikan sama rijik di forum apaan sih emoticon-Big Grin

d depan audiens yang general kah emoticon-Big Grin
depan umat kristen kah emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 13 dari 114
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia