Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

md11Avatar border
TS
md11
Dapatkah Hewan-hewan Melihat Warna?
Dunia kita begitu cerah dengan warna di mana saja kita memandang sehingga sulit untuk membayangkan bahwa makhluk lain kita melihatnya sebagaimana kita melihatnya. Tetapi bagaimana mungkin kita dapat mengetahui apakah hewan-hewan dapat melihat warna jika mereka tidak mengatakannya kepada kita?

Para ilmuwan telah melakukan banyak eksperimen untuk memperoleh jawabannya. Lebah telah menjadi subjek dari ratusan uji coba ini, karena kita ingin mengetahui apakah lebah dapat mengenali bunga-bunga berdasarkan warnanya. Dalam suatu eksperimen, sedikit sirup ditaruh di depan kartu biru, dan di depan kartu merah tidak ditaruh sirup sedikit pun. Setelah sesaat, lebah-lebah datang ke kartu biru, di mana pun kartu itu ditaruh, dan sekali pun tidak ada sirup di depannya. Ini membuktikan bahwa mereka dapat membedakan warna-warna.

Dua hal yang aneh ditemukan tentang kemampuan lebah untuk melihat warna. Yang pertama adalah bahwa seekor lebah tidak dapat melihat warna merah sebagai warna. Bagi seekor lebah, warna merah adalah warna abu-abu tua atau hitam. Yang kedua adalah bahwa lebah-lebah dapat melihat sinar ultra ungu sebagai warna, sementara bagi manusia, itu hanyalah kegelapan!

Spoiler for lebah:


Burung jantan mempunyai warna-warna yang cemerlang. Dapatkah burung betina melihat warna-warna itu? Dalam eksperimen yang dilakukan pada hewan betina, telah terbukti bahwa mereka dapat melihat semua warna pelangi! Tetapi sekarang muncul kejutan. Hewan yang kemungkinan besar lebih dekat dengan manusia sebagai kawan, yaitu anjing, adalah buta warna! Sampai sejauh itu semua eksperimen yang telah dilakukan membuktikan bahwa anjing tidak dapat membedakan satu warna dengan warna lainnya. Sering kali jika kita mengira bahwa anjing memberikan reaksi terhadap petunjuk atau tanda lain, yaitu bau, ukuran, bentuk. Para penyayang anjing tidak perlu terlalu kecewa dengan hal ini karena indera penciuman anjing begitu kuat sehingga kemungkinan besar indera itu menggantikan ketidakmampuannya untuk membedakan warna. Semua kucing juga tampaknya buta warna!

Kera dan beruk mempunyai perasaan yang sangat baik tentang warna, tetapi kebanyakan mamalia lain adalah buta warna, termasuk sapi jantan!

Alasan untuk buta warna pada mamalia dihubungkan dengan kenyataan bahwa kebanyakan dari hewan-hewan itu mencari mangsa menjelang malam hari dan tidak bergantung pada warna, dan juga bahwa mereka sendiri biasanya tidak mengetahui warna, sehingga hal itu tidak penting dalam hidup mereka.

sebetulnya gampang menbak hewan hewan buta warna..
yah hanya lihat dari matanya saja.

iris mata hewan yang buta warna itu hitam full
contoh. 90% hewan mamalia. kecuali monyet, beruk, manusia dan kelelawar
uniknya lagi. kenapa matador banteng mesti pake bendra merah buat mancing amarah si banteng. sebetulnya banteng buta warna

Spoiler for contoh warna di penglihatan anjing:


trivia sedikit
(1) 1 1 hewan mamalia yang berbeda dari lainya
kambing pupil nya segiempat beda dengan pupil manusia yang bulat
Spoiler for kambing:


(2) mata ular di tidak bisa lihat warna tetapi bisa lihat suhu badan tubuh hidup lain. kayak mata si di film predator gtu semacam thermal vision
Spoiler for ular:


contoh mamalia yang buta warna
Spoiler for mamalia buta warna:


sekian gan. klo ada lagi ane update.
Diubah oleh md11 19-07-2013 11:10
0
6.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.