Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phd.inhatredAvatar border
TS
phd.inhatred
Sayur & buah impor akan menggempur Indonesia
KETAHANAN PANGAN
Sayur & buah impor akan menggempur Indonesia

JAKARTA. Kabar buruk bagi petani dan peternak di Indonesia. Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) mengabulkan gugatan Amerika Serikat (AS) dan Selandia Baru terhadap Indonesia. WTO menitahkan, Indonesia harus mencabut hambatan impor hortikultura seperti buah-buahan, sayuran serta daging dan unggas. Alhasil, Indonesia akan kebanjiran produk hortikultura dan unggas impor.

Menurut WTO, setidaknya ada 18 aturan yang dinilai menghambat impor produk hortikultura, hewan dan produk hewan. Beberapa produk yang dibatasi antara lain apel, kentang, anggur, bawang, bunga, jus, buah kering, sapi, ayam dan daging sapi. Aturan yang diterapkan Indonesia itu dianggap bertentangan dengan persetujuan umum tentang tarif dan perdagangan atau General Agreement on Tarriffs and Trade (GATT) tahun 1994 sebagai aturan pendahulunya.

BACA JUGA :
RI kalah di WTO terkait pembatasan impor pertanian
Pemerintah minta masukan pengusaha tentang impor
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menandaskan, pemerintah akan mengajukan banding keputusan WTO. Indonesia memiliki waktu 60 hari pasca keputusan WTO untuk mengajukan banding. "Kami akan menyusun materi banding," katanya, Jumat (23/12).

Salah satu aturan yang diprotes AS dan Selandia Baru adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 60/M-DAG/PER/9/2012 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura. Aturan ini menetapkan sejumlah syarat sebagai importir buah dan sayuran. Syaratnya adalah importir itu telah mengantongi izin sebagai importir produsen hortikultura maupun importir terdaftar produk hortikultura.

Proses impor juga hanya bisa dilakukan setelah ada persetujuan impor dari Kementerian Perdagangan. Produk yang diimpor juga harus melalui verifikasi oleh surveyor dan mencantumkannya sebagai dokumen pelengkap kepabeanan saat impor. Nah, panel WTO menitahkan Indonesia mencabut berbagai beleid itu.

Menurut Enggar, pemerintah Indonesia sudah memperbaiki regulasi impor dan masuk dalam paket deregulasi tahun 2015. Alhasil, menurut dia, gugatan Amerika dan Selandia Baru tidak berdasar.

Berefek besar

Sebagai gambaran, berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total nilai perdagangan Indonesia dan AS pada periode Januari-Oktober 2016 mencapai US$ 19,26 miliar. Sedangkan total perdagangan Indonesia dan Selandia Baru selama periode Januari-Oktober 2016 tercatat senilai US$ 832,4 juta.

Yang jelas, Indonesia harus bekerja keras agar bisa memenangkan banding di WTO. Bila tidak, efek keputusan ini sangat besar dan krusial bagi petani dan peternak di Tanah Air.

Ketua Dewan Hortikultura Nasional (DHN) Benny Kusbini menyatakan, kekalahan Indonesia di WTO berpotensi meningkatkan impor hortikultura. Dus, dia menyarankan, pemerintah harus bekerja keras dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan agar argumen yang digunakan diterima saat mengajukan banding di WTO.

Benny menandaskan, proteksi terhadap produk lokal jelas perlu. "Kita tidak ingin buah-buahan asli Indonesia hilang digantikan buah impor," kata Benny.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (Aspidi) Thomas Sembiring menilai keputusan WTO cenderung tidak sesuai dengan perubahan dan situasi terkini di Tanah Air. "Saat ini sudah banyak perubahan dalam proses impor, tidak ada batasan lagi," tandas Thomas.


http://m.kontan.co.id/news/sayur-bua...mpur-indonesia






Pemerintah Klaim Impor Buah Turun, Ini Sebabnya



Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengklaim impor buah mengalami penurunan pada tahun ini. Turunnya impor buah disebabkan oleh perubahan ketentuan terkait keamanan pangan.

Kepala Bidang Keamanan Hayati Nabati, Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Islana Ervandiari memastikan hal tersebut. Sayangnya dia ak memaparkan secara rinci penurunan impor buah. "Tapi secara total sampai 2016 ada penurunan baik frekuensi atau jumlah pemasukan," kata dia dalam acara 'Menyoal Keamanan pada Buah Segar' di Cikini Jakarta, Senin (5/12/2016)

BACA JUGA
Mendag: Kita Tak Pernah Beri Izin Impor Kentang Granola
RI Masih Impor Tembakau, Ini Alasannya
Masalah Impor Pangan RI Belum Terselesaikan dengan Baik
Dia menerangkan, mulanya buah yang masuk ke Indonesia memiliki 2 katagori yakni berasal dari negeri yang terjamin sistem keamanan pangannya dan yang belum. Untuk buah tipe pertama, verifikasi dilakukan sewaktu-waktu karena sudah terjamin.

"Kedua negara mana pun boleh masuk toh masuk ke Indonesia diambil sample, diuji," ujar dia.

Namun, sejak awal tahun 2016 sistem keamanan pangan diubah. Dia menerangkan, buah yang masuk ke Indonesia mesti melalui dua mekanisme. Pertama, negara asal buah mesti terjamin keamanannya. Kedua, negara asal juga mesti memiliki laboratorium keamanan pangan yang sudah teregistrasi.

"Dari 80 negara eksportir, baru 7 negara yang diakui sistem keamanan pangannya. Dan baru 30 yang dapat registrasi laboratorium. Selebihnya seperti apa? Tidak boleh masuk waktu awal tahun kemarin sebelum mendapatkan registrasinya," jelas dia.

Ketentuan ini berpengaruh besar pada importasi buah di Indonesia. Buktinya, pada awal tahun tak ada impor buah dari China.

"Kemudian China 2016 dari Februari- April tidak mengirimkan produknya, karena tidak punya sistem tersebut. Tapi setelah registrasi laboratoriumnya mereka boleh mengirim produknya ke kita," kata dia.

Ditanya mengenai negara mana saja yang memasok buah untuk Indonesia, dia menuturkan jumlahnya tak menentu. Pasalnya, impor buah tergantung oleh musim.

"Secara total belum liat, fluktuasi. Karena mengikuti musim dan bulan. Misal menjelang Oktober, banyak jeruk dari China," tukas dia.


http://m.liputan6.com/bisnis/read/26...n-ini-sebabnya



heleh
Diubah oleh phd.inhatred 25-12-2016 12:30
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
3.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.