Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • KISRUH BLOKIR KAMPUS SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU) OLEH PT. BSD/Sinarmas Land

nadyaipAvatar border
TS
nadyaip
KISRUH BLOKIR KAMPUS SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU) OLEH PT. BSD/Sinarmas Land
Halo agan kaskus yang tercinta!
Mungkin bagi yang belum mendengar mengenai kisruh ini, ane ingin memberikan gambaran mengenai apa yang sedang dihadapi oleh SGU.

Sudah tahu belum SGU itu seperti apa?

Sebelum berkomentar jauh mengenai SGU, sebaiknya ane perlu jelasin dulu bagaimana pendidikan yang ada di SGU ini. Jika sekarang banyak yang mendengungkan “go global”, kampus SGU adalah pilihan yang tepat. Dengan integrasi pendidikan yang mengharuskan mahasiswanya untuk belajar bahkan terjun langsung untuk menghadapi berbagai interaksi baik di dalam maupun di luar negeri selama masa perkuliahan, menjadi sebuah bukti bahwa kampus “go global” ada dalam jiwa SGU. Setiap mahasiswa yang mendaftar secara otomatis akan mengikuti program dual degree dengan gelar dari dalam negeri maupun universitas mitra SGU yang berada di Eropa. Harapannya, para lulusan SGU ini akan siap bekerja di dunia industri dalam skala persaingan global. Lebih lengkap tentang SGU, bisa di cek di http://www.sgu.ac.id/

Konflik SGU & BSD
Sejak tahun 2011, isu mengenai konflik antara SGU dan BSD mulai merebak. Ditambah dengan gencarnya publikasi negatif yang dilakukan oleh pihak yang berseberangan dengan SGU. Berbagai cara dilakukan untuk memojokkan SGU dalam perkara ini. Namun, tidak semua pihak memahami kronologis konflik yang terjadi.

BSD menuding bahwa SGU menunggak tagihan dan menempati lahan tanpa izin dan isu ini disebarkan di berbagai media dengan tidak ada keberimbangan fakta maupun konfirmasi dari pihak SGU. Agan-agan bisa memeriksa dan menilai sendiri bagaimana isu ini disebar dan dibuat seolah SGU menghindar dari kesepakatan:
1. Status Awas tingkat IV untuk Swiss German University (SGU) (KLIK)
2. Menurut Permenristekdikti No.55 Tahun 2015 Swiss German University (SGU) Terancam Ditutup
( KLIK )
3. Kampus Elite Swiss German University Utang 7 Tahun, Mahasiswa Ditantang Gugat Yayasan (KLIK )

Jika agan agan sekalian ingin fakta yang berimbang dan lebih kredibel, silahkan cek beberap artikel berikut :
1. Swiss German University: PT. BSD Ingkar Dalam Negosiasi Penyelesaian (KLIK )
2. SGU Selalu Patuhi Seluruh Ketentuan Kemristekdikti (KLIK )
3. Menjawab Keresahan Orangtua, Rektor SGU Buka Suara (KLIK )

Selain melalui media online yang menyerang SGU secara lembaga, banyak juga akun media sosial yang menyerang langsung mahasiswa SGU. Banyak dari media tersebut menyerang postingan mahasiswa dengan komentar-komentar negatif serta cenderung provokatif. Lebih jauh, tidak sedikit akun media sosial yang dibuat seolah-olah official atau mengatasnamakan mahasiswa SGU yang digunakan untuk menjelekkan SGU. Mahasiswa SGU sendiri hingga saat ini sangat memahami dan mendukung sepenuhnya langkah yang diambil oleh kampus.

Puncaknya, pada tanggal 17 Desember 2016, di tengah proses hukum yang tengah berlangsung, secara sepihak BSD melakukan penyegelan paksa seluruh akses kampus SGU, tanpa surat perintah dari pengadilan, dan tanpa didampingi oleh kuasa hukum. Bahkan, aksi ini dilakukan dengan mengerahkan segerombolan orang yang ditengarai sebagai preman bayaran yang memaksa untuk menutup semua akses keluar masuk kampus SGU dengan dinding beton. Hal tersebut menunjukkan kesewenang-wenangan pihak BSD bukan hanya kepada SGU sebagai lembaga, namun juga kepada masa depan mahasiswa yang berkuliah di kampus SGU. Lebih jauh, tindakan yang dilakukan oleh BSD dari awal dan sampai sejauh ini, jauh dari kata mentaati hukum yang berlaku di Indonesia.

Bagaimana dengan jalannya perkuliahan saat ini? Saat ini perkuliahan di SGU sedang dalam masa libur usai ujian semester dan perkuliahan mendatang akan dilaksanakan di gedung tambahan (extension campus) yang awalnya direncanakan baru dipakai pada tahun 2018, namun dengan adanya kasus ini, penggunaan gedung tambahan ini dipercepat.
Semoga kisruh ini bisa segera dituntaskan dengan jalur yang benar. Biarlah urusan hukum berjalan hanya antar instansi, serta menghormati berlangsungnya kegiatan akademik.
Diubah oleh nadyaip 21-12-2016 03:44
0
8.1K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.