Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ridwanabraAvatar border
TS
ridwanabra
Wajah Baru PKL Jakarta
emoticon-Wow Mau Jajan di PKL tapi takut bikin macet? Don't worry gan Pemda DKI punya pemecahannya heheheemoticon-cystg

Wajah Baru PKL Jakarta

Siapa sih yang gak suka jajan? Apalagi jajanan-jajanan tradisional. Mulai tua, muda, lelaki, perempuan, si kaya atau si miskin hampir semuanya doyan jajan. Masalahnya, kita semua pasti sadar yang jajan maskanan-makanan tradisional gitu pasti PKL (Pedagang Kaki Lima) yang sering berjualan di pinggir jalan alias tidak tertib. Banyak sekali PKL-PKL yang berjualan jadi sumber kemacetan. Lapak-lapak berjualannya memenuhi trotoar sehingga pejalan kaki harus ngungsi ke bahu jalan, belum lagi pengendara yang parkir sembarangan demi ngantri beli makanan. Semrawut deh pokoknya.

Tapi tenang, masalah ini ada pemecahannya agar kita semua bisa menikmati wisata kuliner tanpa menyebabkan kemacetan atau merusak ketertiban. Pemda (Pemerintah Daerah) DKI jakarta membuka 'Lenggang Jakarta' di beberapa titik, seperti Monas dan Kemayoran. Lenggang Jakarta berkonsep unik dan sederhana; mengumpulkan PKL-PKL di titik tertentu agar tidak berantakan dan memajukan usaha mereka lewat program UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Para pedagang PKL binaan Pemda akan mendapatkan pinjaman modal dan pelatihan kewirausahaan. Lapak berjualan mereka pun diatur dan dijamin perijinannya sehingga tidak usah takut akan mengalami penggusuran atau pembongkaran paksa. Pemerataan ekonomi dan menjaga tradisi makanan tradisional menjadi tujuan utama program ini. Kuliner tradisional merupakan kebudayaan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri.

Daya tarik inilah yang diserap maksimal oleh ‘Lenggang Jakarta’. Selain dibentuk menjadi semacam Food Court, Lenggang Jakarta juga dihiasi oleh ornamen-ornamen khas daerah-daerah di Indonesia. Peran Pemda dalam membina ekonomi dan tata ruang kota patut diacungi jempol.
Lenggang Jakarta menurut saya sesuai sama peribahasa ‘Menyelam Sambil Minum Air’, karena selain membantu ekonomi para pedagang PKL, Lenggang Jakarta juga menjadi Trademark baru kota Jakarta yang layak kita kunjungi. Kalau soal biaya pembangunannya, Lenggang Jakarta menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility). Dana ini dianggap mendukung transparansi dan memaksimalkan anggaran-anggaran yang ada di kas Provinsi. Tunggu apa lagi, nyok kita ke Lenggang Jakarta!

emoticon-Hai emoticon-Cool

0
2.4K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.