jujuiAvatar border
TS
jujui
Ini Dia 7 Game Handheld PS Vita dan 3DS Terkeren di Tahun 2016
emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!

Kembali lagi nih gan, setelah kemaren ane bahas 7 Game PS4 Terbaik di 2016, sekarang ane bakalan bahasa 7 Game Handheld Terbaik di tahun 2016. Handheld ini ane gabung PS Vita dan Nintendo 3DS ya gan!


1. Gundam Breaker 3



Gundam Breaker 3 ini dikembangkan oleh Bandai Namco dan mengambil latar belakang cerita dari anime Gundam Build Fighters. Dirilis secara digital dan fisik untuk PS4 dan PS Vita pada 28 April 2016 lalu, game ini juga punya fitur online multiplayer. Tujuan dari game ini adalah untuk mengumpulkan bagian-bagian dari Gunpla (Gundam Plastic Model), jadi agan bisa nyeseuain bentuk Gundam, warna dan pasang sesuka hati sesuai bagian yang didapatkan dari game.

Player juga bisa foto-foto hasil kreasi Gundam yang mereka punya dengan background beda-beda di mode Photo. Selain itu, musik dari Gundam Breaker 3 ini berjudul Mirrors dan dibawakan band rock Jepang, BACK-ON. Background musiknya emang ciri khas Gundam banget yang kesannya energetik, jadi pemain lebih semangat buat bertarung.

Beberapa fitur baru juga ditambahkan pada seri ini, di antaranya:
- Lebih dari 20 Gunpla baru yang ditambahkan dan dapat digunakan
- Fitur SD Gundam yang bisa diatur modulnya buat membantu pertarungan
- Fitur customization Gundam berevolusi daripada pendahulunya
- Ada fitur Bounty Hunter dan Challenger pada Arena

Platform: PS Vita | Developer: Bandai Namco

PlayStation Store (Asia) PS Vita: Gundam Breaker 3, Rp692.000



2. Phoenix Wright: Ace Attorney - Spirit of Justice



Meski tahun 2015 lalu Capcom sempat mengecewakan fans Ace Attorney di luar Jepang karena nggak ada rencana merilis Dai Gyakuten Saiban: Naruhodo no Boken ke luar Jepang. Tapi di tahun 2016 ini, seri keenam Ace Attorney dengan judul Phoenix Wright: Ace Attorney - Spirit of Justice dirilis di region Amerika dan Eropa.

Dalam seri Phoenix Wright: Ace Attorney - Spirit of Justice, Phoenix Wright akan bertualang di pedalaman timur kerajaan Khura'in yang terkenal dengan metode komunikasi dengan alam gaib. Di Khura'in, persidangan dan keputusan sidang nggak ditentukan sama bukti dan argumen yang diberikan, tapi lewat penglihatan gaib pendeta wanita kerajaan yang bernama Rayfa Padma Khura'in.

Di sinilah peran Phoenix Wright yang berusaha menjadi pengacara bagi terdakwa persidangan di Khura'in karena terdakwa tidak memiliki pengacara dalam sidang. Phoenix juga membantu menemukan kontradiksi antara penglihatan gaib yang didapatkan Rayfa dengan kejadian yang sesungguhnya.

Spirit of Justice dikemas dengan banyak teka teki dan juga humor persidangan. Juga akan ada banyak fitur baru kayak Fingerprint Detection dan Multi Angle Video Indication.

Seri ini akan tersedia secara digital pada bulan September 2016 di Nintendo 3Ds eShop Amerika dan Eropa dengan harga US$ 29,99 atau £24.99 / €29.99 (sekitar Rp400.000 sampai dengan Rp480.000). Sama seperti game sebelumnya, Capcom tidak mengindikasikan akan adanya versi fisik game ini.

Platform: 3DS | Developer: Capcom



3. Sword Art Online: Hollow Realization



Game buatan Aquria ini masih mempertahankan kelebihan 2 prekuelnya, Sword Art Online: Infinity Moment dan Sword Art Online: Hollow Fragment, dengan menghilangkan hal-hal yang kurang disukai para fans, mengemasnya dalam produk yang jauh lebih baik. Hasilnya, sebuah JRPG dengan aksi yang seru, ada nuansa MMORPG yang kuat dan mudah dicerna.

Sword Art: Origin bukanlah game biasa, tapi juga platform uji coba teknologi AI yang melibatkan Dr. Rainbow Arshavin, salah satu karakter di Sword Art Online: Lost Song. Selain itu, tiap NPC juga dirancang buat nggak bisa respawn. Kalo NPC mati, maka dia diganti oleh NPC lain yang unik.

Sword Art Online: Hollow Realization menggunakan sistem pertarungan real time yang seru. Jadi bukan sekedar button mashing kayak Dynasty Warriors. Game ini juga ngenalin sistem baru yang bernama EX Skill yang mirip dengan job di seri Final Fantasy.

Di seri ini, ada slice of life yakni fan service dan dating. Dialog yang muncul lebih variatif, selain ngobrol waktu kencang, player juga bisa tersenyum, pegangan tangan, pelukan sampai ciuman. Tapi level kedekatannya dengan karakter yang diajak dating, mood dan timingnya harus tepat.

Sword Art Online: Hollow Realization ini adalah game bertema Sword Art Online terbaik.

Platform: PS Vita | Developer: Aquria

PlayStation Store Link (PS Vita): Sword Art Online: Hollow Realization, Rp460.000



4. Odin Sphere Leifthrasir



Odin Sphere Leifthrasir ini adalah kumpulan cerita tentang bermacam cinta. Ada cinta anak ke ayahnya, cinta raja ke negerinya, cinta suami ke istrinya dan masih banyak lagi. Setiap kisah saling bersinggungan satu sama lain, menghasilkan konflik epik dalam sebuah drama.

Baper dan lebay adalah 2 istilah ya pas buat ngegambarin isi cerita Odin Sphere Leifthrasir. Apalagi dialognya ditulis dalam gaya bahasa sarat romantisme, jadi main game ini semacam nonton lakon sandiwara di atas teater.

Penyajian cerita dalam Odin Sphere Leifhtrasir ini emang nggak biasa. Game ini nunjukkin adegan sepotong demi sepotong lewat kacamata 5 karakter yang beda-beda. Meski agak ngebingungin, tapi ternyata justru menumbuhkan rasa empati terhadap para karakter di dalamnya.

Odin Sphere Leifthrasir ini berhasil ngasih pengalama yang sangat seru dan menghanyutkan. Apalagi game ini dibuat dengan penuh perhatian ke hal-hal kecil, terutama dengan penyampaian adegan cerita.

Platform: PS Vita | Developer: Vanillaware

PlayStation Store Link: Odin Sphere Leifthrasir (PS Vita), Rp659.000



5. World of Final Fantasy



Square Enix merilis game ini pada 25 Oktober 2016 yang diangkat dari seri Final Fantasy. Ceritanya mengenai kisah petualang si kembar Reynn dan lann untuk menemukan ingatan mereka yang telah hilang sambil menjelajahi dan menemukan berbagai tempat indah di negeri Grymoire. Selama petualangan, mereka akan bertemu dengan karakter-karakter jagoan yang udah nggak asing lagi di mata penggemar seri Final Fantasy.

Pertarungan dalam seri ini menggunakan mekanisme Active Time Battle. Hal yang menarik adalah karakaternya dalam ukuran mungil atau chibi, berbeda dengan seri Final Fantasy lainnya.

Platform: 3DS | Developer: Game Freak



6. Pokemon Sun and Moon



Lewat petualangan di Pulau Alola kali ini, developer Game Freaj membawa kembali sejumlah Pokemon lama seperti Vulpix dan Sandshrew, lalu memberikan mereka elemen baru berupa es lengkap dengan wujud evolusi mereka. Melalui video trailer berdurasi sekitar 5 menit, fans game Pokemon diperlihatkan sejumlah fitur menarik, mulai dari evolusi monster klasik di Pulau Alola, pengenalan 6 jenis Pokemon baru, fitur serangan Z-Move, kendaraan monster untuk mengitari Alola dan rangkaian quest penting bernama The Island Challenge.

Selain Pokemon lama yang dibawa kembali, juga muncul 6 jenis Pokemon baru seperti monster berang-berang Gumshoos, Mudbray, Minior, serta burung Oricorio. Melalui serangan Z-Move ini, The Pokemon Company keliatannya berniat buat mengikuti jejak Yokai Watch dengan adanya aksesoris gelang mainan yang memberikan efek getar di tangan pemain. Gelang bernama Z-Ring ini diproduksi perusahaan mainan Tomy dan dijual bersamaan dengan launching Pokemon Sun dan Moon pada 18 November 2016.

Platform: 3DS | Developer: Game Freak



7. The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel



Seri The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel ini punya dunia yang kaya akan sejarah dan legenda. Selain dunianya, manusianya juga kaya dengan kepribadian dan kehidupan. Cerita Trails of Cold Steel ini terjadi sekitar 2 tahun setelah Trails in the Sky Second Chapter berakhir.

Pencampuran antara kehidupan sekolah dan konflik politik/ militer dalam Trails of Cold Steel menghasilkan perpaduan yang cukup unik. Pertarungan juga berjalan dengan sistem turn-based tapi tanpa random battle. Seri ini juga memiliki fitur Combat Link, yakni memungkinkan seorang karakter untuk mendukung karakter lainnya dalam pertarungan.

Di luar pertarungan juga banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Mulai dari nongkrong (bonding), baca buku, masak atau menjalankan berbagai quest. Game ini adalah game yang panjang, bahkan bisa menghabiskan lebih dari 90 jam untuk menamatkannya.

Trails of Cold Steel ini cocok untuk dimainkan santai, diresapi pelan-pelan dan dicerna baik-baik isinya. Kalo agan suka cerita panjang, game ini cocok banget buat agan.

Platform: PS Vita | Developer: Falcom

PlayStation Store Link: The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel (PS Vita), Rp544.000





Kalo game favorit ane sih Pokemon Sun and Moon gan, kalo agan apa nih favoritnya? emoticon-Toast


Sumber Sumber Sumber Sumber Sumber
0
26.1K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.