RaineyWayneAvatar border
TS
RaineyWayne
Khasiat sarang burung walet adalah mitos
Mengapa Sarang Burung Walet Diburu Orang

Klarifikasi tentang sarang burung walet berdasarkan trit :
manfaat air liur dan sarang burung walet

Saya ingin menjelaskan sedikit informasi yang mungkin berguna buat semuanya agar kita tidak dibodohi oleh hal hal seperti ini. Saya menulis dikarenakan saya tahu dan keluarga saya banyak yg punya Gudang Manuk (sebutan buat rumah budidaya walet). Kebetulan daerah asal saya juga memang salah satu penghasil walet terbesar di Indonesia.

Menurut yg sudah diteliti...itu sarang burung udah dibawa ke laboratorium2 terkenal di US, Eropa dan Jepang sebenernya tidak ada khasiat yg menonjol, isinya cuma vitamin2 standar aja, ga lebih tinggi dari kandungan ikan tongkol. Akan tetapi yg dipublikasikan dibuat sebombastis mungkin biar harganya tetap terjaga dikisaran $2000. Namun pada akhirnya pasar pun tahu isi dan kandungannya sehingga harganya kian hari kian anjlok dikarenakan konsumsi warga china dan taiwan sebagai pengkonsumsi terbesar menurun. Hal itu dikarenakan karena golongan pengkonsumsi adalah penduduk yg sudah tua dan masih terperangkap dalam MITOS itu. Generasi mudanya sendiri sudah tidak peduli lagi dengan hal-hal semacam tersebut.

Adapun sebenarnya semua sugesti dan MITOS karena dulu ini makanan favorit para kaisar2 china. Dikarenakan kaisar ingin long life...dan dia melihat burung walet sehari2 mencari makan sampai puluhan kilometer dari sarngnya tanpa sedikit pun dia bertengger dan beristirahat kecuali didalam sarangnya. Bahkan karena jauhnya mencari makan sering kali burung walet justru mati ketika dia sedang di perjalanan. Kita sebagai pengusaha budidaya hampir tidak pernah menemukan burung dewasa yg ada dalam gudang kita mati.
Jadi mitos kuat dan durabilitas tinggi itulah yg dipakai pembenaran logika kaisar dan memang jaman "dahulu" mencari sarang walet itu susah karena dia hanya berada di tempat yg lembab dan gelap serta tinggi seperti gua yg terdapat ditebing. Di indonesia sarang burung alami non budidaya dapat berada di gua staklatit atau di daerah pangandaran.

Masih mau dibodohi dengan khasiat sarang burung walet??? Saya dan keluarga secara pribadi sih senang-senang saja karena kita disini sebagai produsen emoticon-Big Grin

Saya tidak mengharapkan apalagi meminta...tapi jika diberi cendol, saya juga tidak menolak"
0
23.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.