Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ibu Pertiwi : Personifikasi Bangsa Indonesia yang perlu dikenang di Hari Ibu

jenius.comAvatar border
TS
jenius.com
Ibu Pertiwi : Personifikasi Bangsa Indonesia yang perlu dikenang di Hari Ibu
Ibu Pertiwi : Personifikasi Bangsa Indonesia yang perlu dikenang di Hari Ibu
Ketika kita masih duduk di bangku sekolah kita seringkali menyanyikan lagu ini :


Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matamu berlinang
Mas intanmu terkenang

Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang lara
Merintih dan berdoa

Bait Kedua:

Kulihat ibu pertiwi
Kami datang berbakti
Lihatlah putra-putrimu
Menggembirakan ibu

Ibu kami tetap cinta
Putramu yang setia
Menjaga harta pusaka
Untuk nusa dan bangsa


Namun apakah kita mengenal sosok ibu pertiwi itu ? Siapakah Dia?
Ketika kita masih duduk di bangku sekolah mungkin kita berpikiran seperti itu.
Namun setelah kita belajar sejarah Indonesia adakah sosok pahlawan yang bernama Pertiwi ?

Secara sejarah di Indonesia, Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya hinduisme pada saat itu. Maklum karena hindu merupakan ajaran pertama yang hadir di Indonesia. sehingga bahasa- bahasa sansekerta lah yang cukup banyak berkembang. Dan sebenarnya perkembangan filsafat pada saat itu mengedepankan bagaiman Bumi diibaratkan sbagai ibu. Kita bisa melihat mother of nation sangat berkembang pada abad-abad itu, Inggris dengan ratu nya. Jerman dengan pemakaian feminisme pada bumi "die erde" artinya bumi. Artikel Die ini menunjukan feminisme. Jika kita kembali ke Indonesia, Ibu Pertiwi sendiri berasal dari Pratiwi yang artinya adalah Pertiwi (Sanskerta: pṛthvī, atau juga pṛthivī) adalah Dewi dalam agama Hindu dan juga "Ibu Bumi" (atau dalam bahasa Indonesia "Ibu Pertiwi")

Setelah mengetahui asal usul ibu pertiwi mari kita liht di setiap lirik lagunya. Penulis lagu sedang mengungkapkan Ibu pertiwi yang sedang bersusah hati . Frasa kata ini perlu kita tinjau dari konteks yang terjadi pada saat itu . dibuat Oleh seseorang yang tak dikenal dan dipopulerkan oleh Ismail Marzuki tahun 1950 . Apa yang sedang terjadi pada saat itu ? Ya Indonesia baru saja merdeka 5 tahun namun kita masi dbayang-bayangi oleh Negara belanda. Berkaca pada sejarah kita mati-matian mempertahankan kemerdekaan yang kita raih dengan penuh perjuangan. Jadi sangatlah jelas bagaimana perjuangan ini yang sedang dicerminkan dalam lagu ini. Betapa bangsa Indoneisa sangat bersusah hati ditengah kekayaan Alam yang begitu melimpah di Indonesia. Putra Putri. Ya itulah mengapa istilah Anak Bangsa pun muncul sampai saat ini tidaklah terlepas terhadap filsafat yang berkembang pada zaman itu.Kita adalah Putra Putri Ibu pertiwi adalah suatu personifikasi bahwa kita sebagai anak-anak bangsa Indonesia.

Jadi Ibu pertiwi hanyalah perlambangan bahwa kita harus mengabdi seperti kita mengabdi kepada seorang Ibu. Dimomen hari ibu ini kita kembali diingatkan bagaimana jasa ibu kita dalam berjuang mempertahankan hidup kita dari dalam rahim hingga kita lahir. Kita semakin besar dan seharusnya mengabdi pada IBU kita.

ITULAH yang ingin disampaikan bapak-bapak pendahulu kitaa. Ingatlah Indonesia sebagai Ibu dan kita adalah putra putri bangsa yang perlu mengabdi pada nya.

Terakhir, menjaga harta pusaka untuk nusa dan bangsa. Harta pusaka tidak hanya sekedar uang, kekuasaan, kekayaan Alam. Ketiga itu benar tapi ada banyak hal selain itu. Keberagamaan kita yang berbeda suku agama ras adalah Harta Pusaka kita. Bhinneka Tunggal Ika dicetuskan untuk menjaga harta yang paling berharga. Pancasila dibuat pula untuk mengukuhkan Harta Pusaka kita tersebut. Ingatlah hal ini untuk menjaga Harta Pusaka itu seperti kita mengabdi kepada Ibu kita, begitu pula kita mengabdi pada bangsa Indonesia.

Selamat Hari Ibu !
0
2.7K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.