Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nagasatAvatar border
TS
nagasat
Macam-macam Pengukur yang Berhubungan dengan Kecepatan
Agan tau ga sih ada beberapa macam pengukur kecepatan. Apa aja sih? Simak yuk emoticon-Cool

Speedometer




Agan pasti nemu ini tiap hari! Speedometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan.

Tachymeter



Apa sih tachymeter itu? Bagaimana bentuknya?
Cobalah mengamati sebuah jam tangan, jika di bezel jam terdapat banyak angka-angka, paling besar tertulis 500 diatas dial angka 1 dan paling kecil 60 diatas dial angka 12 pasti anda juga akan mendapati tulisan tachymeter yang menunjukkan satu skala. Tachymeter adalah sebuah fitur di dalam jam tangan yang berfungsi untuk mengukur kecepatan gerak.

Anemometer



Anemometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan angin yang banyak dipakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca. Nama alat ini berasal dari kata Yunani anemos yang berarti angin. Perancang pertama dari alat ini adalah Leon Battista Alberti pada tahun 1450. Selain mengukur kecepatan angin, alat ini juga dapat mengukur besarnya tekanan angin itu.
Anemometer dibedakan menjadi dua yaitu untuk mengukur kecepatan angin dan tekanan angin. Tetapi karena keduanya memiliki hubungan yang sama, maka anemometer dirancang untuk memberikan informasi tentang keduanya.

Current Meter



Current meter adalah suatu alat yang digunakan untuk megukur kecepatan aliran air. Jadi, ini bukanlah alat yang anda perlukan dalam kehidupan sehari-hari pemirsa.Alat ini digunakan dalam dunia pendidikan dan dalam dunia teknik sipil.Alat yang sangat penting untuk perencanaan struktur bangunan air.Dari kecepatan air kita ketahui debit, dari debit, kita bisa merancang dimensi saluran, dll.

Speed Gun



Speed gun berbentuk seperti pistol, dilengkapi laser dan radar. Alat pengukur kecepatan kendaraan bermotor itu bekerja dengan prinsip doppler. Prinsip doppler artinya, detektor akan menangkap frekuensi lebih tinggi apabila detektor bergerak relatif mendekat terhadap sumber. Kemudian menangkap frekuensi yang lebih rendah apabila detektor bergerak relatif menjauh terhadap sumber. Perangkat ini dapat berupa perangkat yang bisa dipegang dengan tangan (portabel) sehingga disebut sebagai radar gun, atau ditempatkan di atas mobil patroli polisi lalu lintas. Tetapi bisa juga ditempatkan di jalan. Speed gun yang digunakan polisi Indonesia terdiri dari, laser sensor pengukur laju kecepatan, kamera penangkap kendaran, software speed gun, kemudian dihubungkan ke komputer tablet. Dengan alat itu, kendaraan yang melintas di area sudah dipasangi speed gun akan ketahuan kecepatannya dan jarak diambil foto tersebut.

Itu dia alat-alat pengukuran yamng berhubungan sama kecepatan. Kalau agan tau yang lainnya, komen ya.. emoticon-Jempol

Tambahan dari agan


Quote:


Gambarnya:
Quote:


Sumber:
Spoiler for Sumur:
Diubah oleh nagasat 21-12-2016 08:31
0
17.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.