Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sabukhitamAvatar border
TS
sabukhitam
HATI-HATI KASUS jualan produk RipCurl palsu
KASUS INI TERJADI HAMPIR DI SELURUH INDONESIA




Bagi para pemilik toko baju/fashion/distro segera cek produk2 di toko Anda apakah ada produk RipCurl palsu, segera singkirkan sebelum Anda diciduk.

Merk RipCurl merupakan sebuah merk clothing dari Australia dengan distronya yaitu PlanetSurf.
Dan banyak produk KW RipCurl bertebaran di berbagai lapak dan toko lengkap dengan tag yang menyerupai aslinya.

Nah rupanya produk KW ini "sengaja" dibiarkan bertebaran dimana2 untuk nanti digunakan sebagai barang bukti untuk pidana Pasal 94 mengenai sengaja memperdagangkan barang palsu.

Tentu saja banyak toko-toko atau lapak-lapak tidak paham mengenai berbagai merk yang mereka jual, contohnya teman saya yang memiliki toko fashion yang biasa kulakan di mangga dua Jakarta, dari banyak barang kulakan dia terselip beberapa kaos bergambar RipCurl. Tentu saja saat kulakan juga TIDAK MUNGKIN bertanya kepada penjual grosir mengenai sertifikat keaslian dari suatu baju/kaos, jadi karena merasa kulakan di tempat resmi yang terbuka untuk umum dianggap juga tidak ada masalah hukum dibelakang ini.

Kasus mulai bergulir saat seseorang yang mengaku mendapat legal action dari RipCurl membeli produk RipCurl palsu dari toko teman ane untuk nantinya jadi barang bukti laporan ke polisi.
Akibatnya beberapa hari kemudian, datang polisi ke toko teman ane untuk menyita semua produk RipCurl palsu.

Teman ane dipanggil menghadap polisi untuk klarifikasi, tentu saja teman ane merasa tidak sengaja menjual RipCurl palsu ini dikarenakan kulakan ditempat resmi yang terbuka alias tidak sembunyi2.
Dan polisi beberapa kali menawarkan utk bertemu dgn RipCurl saja utk damai.
Hingga akhirnya teman ane minta dipertemukan dengan pihak RipCurl, akhirnya ada 3 opsi dari RipCurl yaitu :
1. Lanjutkan proses hukum
2. Menayangkan iklan permohonan maaf ke KOMPAS selama 3 kali tayang (sekitar 32jt/tayang, jadi sekitar 100jt untuk 3x tayang)
3. Mengkonversi biaya iklan tersebut sebagai GANTI RUGI terhadap RipCurl

Keanehan kasus ini adalah produk RipCurl palsu ini bebas dijual ditempat grosiran (tempat terbuka umum), selama ini yang disasar polisi dan RipCurl adalah toko2 retail atau lapak2 di pasar. Dan setelah damai teman ane tidak mendapat copy salinan dari surat pernyataan damai yang telah disepakati bersama, jadi seakan2 kasus ini menguap begitu saja, saat teman ane minta, polisi malah bilang "Udah gak usah, nanti malah sampai mana-mana, cukup menjadi berkas kami saja"

Beberapa kasus, beberapa toko mengaku "diperas" 30juta- ratusan juta, setelah "damai" dan anehnya polisi berulangkali mengatakan bahwa jangan diperpanjang dengan cerita kemana-mana, laporan sudah dicabut jadi dianggap selesai.

Teman ane curiga jangan-jangan ini cara penipuan dan pemerasan model baru dimana ada kerjasama antara oknum RipC*rl, oknum polisi dan produsen RipC*rl palsu.

Jadi pesannya adalah JANGAN JUAL RipC*rl Palsu, karena siapa tau orang yang mengaku utusan RipC*rl sudah mengintai toko Anda.

Teman ane cukup cerdik dengan MEREKAM semua proses dari panggilan polisi hingga mediasi dan pelunasan uang damai, teman ane sedang mempertimbangkan untuk lapor ke PROPAM.

Berbeda dengan produk2 baju lain yang juga dipalsu, ada proses edukasi dan anjuran dari pihak produsen asli kepada toko-toko agar jangan menjual produk palsu. Sedangkan RipC*rl sama sekali tidak ada sosialisasi tapi langsung proses hukum yang nantinya diarahkan agar damai.

Salah satu keanehan lagi adalah cari aja di google, kasus ini tidak terekspos karena memang sengaja disembunyikan, harusnya kan diumumkan terbuka seperti microsoft, sandata, dll agar masyarakat lebih waspada akan barang palsu.

hati-hati kaskuser, jika ada yang pernah mengalami kasus ini silahkan share akan ane page one


Diubah oleh sabukhitam 20-12-2016 13:36
0
9.5K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.