Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tjukongnewsAvatar border
TS
tjukongnews
Harits Ulya Sindir Jokowi, Naif Hanya Fokus ISIS Lupa Soal Allepo
Jakarta, kini.co.id – Pengamat terorisme yang juga Direktur CIIA Harits Abu Ulya menyebutkan pemerintah Indonesia seharusnya berperan aktif terhadap tragedi pembantaian yang dilakukan pemerintah Bashar Ashad kepada rakyat Aleppo.


“Suriah itu tidak hanya cerita ISIS, ada rakyat jelata yang dibantai rezim Bashar Ashad, jika rezim Jokowi hanya fokus isu ISIS, itu sangat naif,” kata Harits dalam kicauan twitternya, Sabtu (17/12).
Menurut Harits, konsep dan praktek Nasionalisme dinilai mematikan kesadaran bersaudara sebagai muslim. Terlebih matinya nurani para punggawa di negeri ini.

Maka dari itu, Harits mengajak kepada semua umat Islam di Indonesia, untuk bersama-sama mengulurkan tangan semampu yang bisa dilakukan untuk Allepo, tak perlu menunggu tentara apalagi Polisi berangkat untuk menolong mereka (warga sipil Allepo,red).

“Allepo juga kita, mereka memanggil kita. Mimpi PBB dan semisalnya untuk berbuat, mimpi TNI dan Brimob, sibuk mimpi, Allepo bisa usai,” tegasnya.
Harits pun menyindir langkah Jokowi saat insiden pembakaran Masjid Talikora dimana para pendeta diundang ke Istana, sementara saat ini Aleppo berdarah-darah malah “senyum simpul” di Iran.


Sementera itu menurut pengamat politik Internasional dari UI, Beginda Pakpahan, menyebutkan solusi atas konflik di Aleppo hanya bisa diselesaikan dengan cara duduk bersama antara pihak yang bertikai di kawasan tersebut.
“Jadi yang pertama bisa kita lakukan sebatas di koridor kemanusiaan yakni mendorong kesempatan yang lebih luas kepada palang merah dunia untuk melakukan perannya,” kata Beginda.


Menurut Beginda saat ini palang merah dunia menjadi organisasi yang dianggap mampu menjembatani dan menolong warga sipil yang masih berada di Aleppo Timur yang baru saja dikuasai oleh Pemerintahan Suriah dibantu Rusia dan para sekutunya.
“Kita berharap warga sipil di Aleppo Timur bisa segera dipindahkan ke tempat yang lebih aman,” katanya.


Masyarakat di Tanah Air, kata Beginda, juga dimungkinkan untuk membantu warga sipil di Aleppo dengan menyalurkan bantuan melalui palang merah dunia.
Secara umum, kata Beginda konflik yang terjadi di wilayah itu melibatkan banyak pihak termasuk di Suriah secara lebih luas sekalipun, Pemerintah Suriah memerangi kelompok-kelompok yang mereka anggap pemberontak, misalnya di beberapa tempat, rezim Bashar al Assad memerangi ISIS.
Sedangkan di beberapa tempat lain, pemberontak dan kelompok-kelompok bersenjata Kurdi memerangi ISIS.


Sumber
0
5.3K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.