rudiasmanAvatar border
TS
rudiasman
Sanggahan Ceramah Reklamasi Habib Rizieq Shihab yang Berisi Hoax


Siapa yang tak kenal Habib Rizieq Shihab, pendiri dan Ketua Front Pembela Islam. Sang Habib yang nasabnya masih terhubung dengan Nabi Muhammad Saw menggawangi FPI, organisasi keagamaan yang cukup ternama dan dikenal luas karena aksi-aksinya dalam memerangi kemaksiatan. Nama Habib Rizieq kian bersinar terang setelah bersama beberapa tokoh Islam sukses menggalang kekuatan umat, melakukan aksi menuntut agar Ahok yang melecehkan Al Qur'an ditangkap.

Saat ini, Habib Rizieq salah satu tokoh berpengaruh di Indonesia. Karena itu, ceramah-ceramahnya didengarkan. Gayanya yang meledak-ledak, mungkin bagi sebagian orang jarang dimiliki muballigh saat ini sehingga banyak diminati. Meskipun sebagian masyarakat juga tidak nyaman dengan gaya ceramah Habib itu. Ya, beda orang beda selera.

Nah, terkait hal tersebut, beberapa hari ini beredar potongan ceramah Habib terkait reklamasi. Ceramah reklamasiitu sudah beredar luas. Ane sendiri melihatnya secara tidak sengaja di Facebook. Seorang teman membagikan. Sempat tersimak beberapa bagian, ane langsung bergumam, wah, banyak yang salah ini isi ceramah Habib.

Dalam pembahasannya soal reklamasi itu, banyak data-data tidak akurat yang disampaikan. Informasi tersebut cenderung tendensius dan karena berangkat dari data yang salah, maka berpotensi menimbulkan kesalahpahaman di tengah-tengah masyarakat.

Jika materi atau konten ceramah reklamasi itu dijadikan sebagai senjata untuk memberondong pihak-pihak tertentu, maka berpotensi berurusan dengan hukum. Materinya bisa masuk ke kategori fitnah.

Apalagi kondisi sosial politik Indonesia akhir-akhir ini kurang stabil. Banyak pihak yang sengaja melontarkan provokasi. Terlebih jika mendapat materi ceramah yang sejalan dengan emosinya seperti yang disampaikan oleh Habib tersebut. Ia bisa digoreng dan rentan jadi menimbulkan huru hara.


Setelah menyimak berkali kali, berikut kutipan (poin-poin) ceramah reklamasi Ketua FPI tersebut dan sekaligus ane sertakan bantahannya by data yang dapat kita temukan beredar bebas di internet.


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Sanggahan ini bukan berarti ane berniat untuk menjatuhkan pribadi Habib Rizieq. Tujuan ane menulis trit ini untuk meluruskan informasi yang beredar agar tidak disalahgunakan sebagai alat provokasiyang bisa berujung pada kekacauan di tengah-tengah masyarakat. Kebencian pada seseorang atau satu kelompok, jangan sampai membutakan nalar dan serampangan dalam menyampaikan informasi.

Semoga mimin dan momod berkenan menempatkan trit pencerahan ane ini di Top Thread dan akan lebih baik lagi di Hot Thread agar semakin banyak orang yang tercerahkan dan selamat dari informasi hoax.

emoticon-I Love Indonesia STOP HOAX! emoticon-I Love Indonesia


Menjawab komentar beberapa Kaskuser, pertamayang mempertanyakan "ceramah reklamasi" Habib Rizieq Shihab, sengaja ane tidak masukkan ke thread ini agar ane tidak termasuk penyebar berita hoax. Kedua pertanyaan soal sumber sanggahan-sanggahan ane, ini data umum yang beredar luas di internet gan. Demi kenyamanan agan, sengaja ane tidak cantumkan agar thread ini tidak penuh dengan link. Ane terbuka untuk mengoreksi jika ada data di thread yang dianggap tidak valid. Silahkan aja rajin-rajin browsing gan.


TERIMA KASIH
Kepada mimin dan momod yang berkenan menempatkan TRIT ANTI HOAXini di TOP THREAD. Semoga juga berkenan dimasukkan ke HOT THREAD ya min, biar seantero penghuni Kaskus tercerahkan akan bahaya Hoax ini emoticon-Matabelo
Diubah oleh rudiasman 17-12-2016 23:43
0
11.5K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.