• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Puluhan Tahun Tinggal di Jakarta, Ini Perubahan yang Ane Rasain Belakangan

dianabagus23Avatar border
TS
dianabagus23
Puluhan Tahun Tinggal di Jakarta, Ini Perubahan yang Ane Rasain Belakangan
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Generasi 90-an mana yang nggak tau film Si Doel Anak Sekolahan? Film ini bener-bener hits pada masanya. Ceritanya juga tentang kehidupan sehari-hari warga Betawi yang tinggal di Jakarta. Lewat film Si Doel, penonton juga "diajak" jalan-jalan menyusuri jalanan di Jakarta lewat angkot oplet si Doel.


cr: anakbetawiok


Angkot alias transportasi umum di Jakarta emang selalu berubah mengikuti zaman gan. Kalo dulu, yang utama di Jakarta adalah Kopaja (Koperasi Angkutan Jakarta) warna hijau putih dan Metro Mini yang warnanya oranye ngejreng. Tapi makan ke sini, Kopaja dan Metromini ini udah pada “uzur” dan banyak juga sopir tembak yang ugal-ugalan. Belom lagi busnya yang sering rusak-rusak jadi ngebahayain penumpangnya. Akhirnya dirombak deh tuh Kopaja jadi Kopaja Executive yang udah pake ACdan lewat jalur busway.



Beruntungnya tinggal di Jakarta, tahun 2004 mulai dioperasikan bus-bus TransJakarta yang sekarang udah ngelayanin 12 koridor. Busnya AC, punya jalur sendiri jadi nggak kena macet. Makin nyaman dan bikin orang-orang yang takut naik angkutan umum macem Kopaja dan Metro Mini beralih ke transportasi umum.


cr: wikipedia


Selain itu gan, bus tingkat PPD ternyata juga pernah jadi transportasi umum di Jakarta loh, tepatnya di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Tapi akhirnya dihapus karena susah dan mahalnya suku cadang, kurangnya keseimbangan karena tingkat gitu, dan jalannya lama bener jadi nggak cocok dengan keadaan jalan Jakarta. Untuk mengobati rasa rindu dan ngasih pengalaman baru ke orang-orang yang belum pernah nyoba naik bus tingkat, Pemprov akhirnya mengoperasikanbus tingkat wisata gratis alias city tour bus buat keliling Jakarta. Yang ini ane udah pernah nyoba gan, jadi agan bisa langsung naik dari halte-halte khusus pemberentian busnya terus bakalan diajak keliling Jakarta pake bus tingkat! Yang penting, gratis! PR-nya cuma ngantre aja sih kalo weekend gan emoticon-Ngakak



Yang lagi nge-hits nih gan, di Jakarta udah digital abis! Bayangin aja, sekarang naik KRL Comuter Line udah harus pake e-ticketingalias electronic money, gitu juga kalo naik TransJakarta. Udah setara deh sama di luar negeri, segalanya jadi gampang karena tinggal isi saldo aja. Istilahnya, cashless.


cr: IG @teesasiana || Kompasiana


Udah gitu, dulu kalo ane jalan-jalan pas weekend bakalan bingung mau kemana lagi. Seakan-akan semua tempat wisata di Jakarta itu udah abis dikunjungin semuanya. Tapi sekarang kalo tiap weekend paling enak ngumpul-ngumpul di taman gan. Apalagi kalo bawa bocah-bocah keponakan ane, kalo bawa ke mall mulu ane bisa bangkrut apalagi pas tanggal tua. Yaudah ane ajak aja ke taman deket rumah, istilahnya wisata murah meriah. emoticon-Wkwkwk

Kalo ngeliat taman di luar negeri tuh bawaannya ngiri aja, kapan ya Jakarta punya taman keren kayak gini. Eh ternyata sekarang udah kewujud, slow but sure sih gan. Ane liat sekarang taman di deket rumah udah lebih bagus, terawat gitu nggak kotor kayak dulu. Udah gitu deket situ juga ada yang kayak taman bermain yang banyak fasilitas bermain buat anak-anak. Makin betah deh tuh ponakan ane kalo diajak main ke situ tiap weekend. Tinggal modal bawa bekel makanan dari rumah, jadi deh piknik di taman macem lagi di luar negeri.


cr: infojakartamu || tribunnews


Karena ane tinggal di daerah pusat kota banget gan, tiap abis hujan itu langganan banget banjir, nggak sampe masuk ke rumah sih tapi kayak genangan aja gitu di jalan gedenya. Jadinya, tiap pulang kerja ane kejebak macet terus gan. Genangan dikit aja, langsung macet berapa KM pas jam pulang kerja. Untungnya sekarang ada pasukan kebersihan yang warna warni ngejreng itu gan, cepet banget kerjanya (walaupun mereka pada foto-foto pas lagi kerja, mungkin buat laporan ya) tapi mereka kerja langsung bersihin pinggir-pinggirnya jadi tuh becek-beceknya nggak bikin macet banget. Beda banget sama yang dulu, soalnya kalo dulu tuh macetnya bisa sampe 3 jam. Cuma dari Pancoran ke Kuningan (yang cuma 6 KM) itu bisa 3 jam emoticon-Meweksekarang sih paling kalo macet pulang kerja naik motor 30 menit - 1 jam juga nyampe.


cr: detik.com

Ohya satu lagi pengalaman ane gan,dulu kalo sakit selalu ke Puskesmas soalnya itu yang paling deket rumah dan murah meriah. Kalo dulu nih Puskesmas buka jam 8 pagi, tapi dokter dan segalanya baru buka jam setengah 9 atau lebih, sekarang kalo ane dateng jam 8 langsung dilayanin dengan senyum hangat dan tangan terbuka #lebay Beda banget sama jaman dulu, biasanya ane dijutekin tuh kalo berobat, orang lagi sakit gigi dijutekin kan gondokin. Jadi sekarang makin seneng berobat ke Puskesmas, apalagi jadi gratis kalo pake BPJS! emoticon-Salaman


cr: iyaa.com || sidomi.com


Jakarta waktu dulu emang beda banget sama Jakarta sekarang gan menurut ane. Apalagi di beberapa tahun terakhir ini, bener-bener berasa ada perubahan. Sebagai orang Jakarta, ane ngerasa makin nyaman karena segalanya emang jadi lebih mudah. Keluar dari stasiun kereta langsung bisa naik TransJakarta dan segalanya cashless jadi nggak bingung nyari duit pas buat bayar angkot. Meski Jakarta semakin nyaman buat ditempatin, tapi emang masih perlu pembenahan supaya kota tercinta ini makin enak buat ditempatin warganya, dimulai dari kita semua.

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

Sebagai warga Jakarta, kita juga harus ikut andil nih buat benahin Jakarta. Jangan cuma maki-maki kerjaan pemerintah yang dianggap "belom beres" tapi nggak ngasih solusi. Yuk ikut ngewujudin Jakarta yang lebih baik dari sebelumnya!

Diubah oleh dianabagus23 15-12-2016 03:14
0
60.7K
519
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.