• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Makanan Daging Khas Indonesia Yang Biasa Kalian Makan, Tapi Sangat Mendunia

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
5 Makanan Daging Khas Indonesia Yang Biasa Kalian Makan, Tapi Sangat Mendunia
5 MAKANAN DAGING KHAS INDONESIA YANG BIASA KALIAN MAKAN, TAPI SANGAT MENDUNIA




Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing masing. Beragam makanan ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri. Karena begitu nikmatnya beberapa makanan khas Indonesia disajikan di beberapa negara dunia. Sebut saja gado gado, sate ayam, rendang, bahkan olahan tempe yang biasa kita nikmati dan jumpai sehari-hari mampu bersaing di level internasional. Seperti apakah kehebatannya? Mari kita bedah satu- persatu!

1. Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International. Rendang bahkan menjadi menu faforite di sebuah hotel di jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman.

2. Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia; dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak (lihat Masakan Indonesia) telah menghasilkan berbagai jenis sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya.Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

Hidangan internasional yang mirip sate antara lain yakitori dari Jepang, shish kebab dari Turki, shashlik dari Kaukasia, chuanr dari China, dan sosatie dari Afrika Selatan. Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World's 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat. Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restaurant satay junction mampu menarik warga amerika.

3. Sop Buntut

Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledry dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkeh. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republic Indonesia di Madrid spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut. Raditya dika, seorang penulis, sutradara, dan komika pernah mengungkapkan hal menarik mengenai sop buntut. Berdasarkan video blognya, komedian ini menuturkan apabila kalian ingin mengetahui masakan dari suatu hotel itu enak atau tidak, coba nikmati sop buntut dari hotel terseut lebih dahulu. Apabila sop buntutnya enak, kemungkinan masakan lainnya juga pasti enak. Boleh percaya atau tidak, kalian berhak memiliki pendapat kalian sendiri.

4. Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Kuah sop dan mie yang menjadi bagian dari masakan bakso, memang sudah biasa dijumpai di berbagai negara Asia. Namun, bakso sendiri merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Diolah dari campuran daging dan tepung, membuat bakso sangat nikmat saat disantap dengan kuah sop yang kaya rempah-rempah lokal. Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun dengan bangga pernah mengatakan bahwa bakso adalah salah satu makanan favoritnya saat mengunjungi kembali Indonesia beberapa tahun yang lalu.

5. Soto

Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing.

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga memiliki tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika di makan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat jepang.

Mungkin salah satu makanan diatas menjadi sarapan atau makan siang anda hari ini
Kalian lebih suka yang mana?
Have a nice day! emoticon-Smilie


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rendang
https://id.wikipedia.org/wiki/Sate
http://rejekinomplok.net/masakan-kha...esia-mendunia/
http://www.asliindonesia.net/2015/04...-mendunia.html
http://www.tentik.com/inilah-10-kuli...udah-mendunia/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sup_buntut
https://id.wikipedia.org/wiki/Bakso
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:59
0
38.2K
267
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.