okymymuseAvatar border
TS
okymymuse
Indonesia Menang 2-1 atas Thailand
Indonesia Menang 2-1 atas Thailand

Rabu, 14 Desember 2016 | 20:57 WIB

Twitter @affsuzukicup Para pemain timnas Indonesia merayakan gol Hansamu Yama ke gawang Thailand pada final pertama Piala AFF 2016, Rabu (14/12/2016).



BOGOR, KOMPAS.com - Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand pada pertandingan pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Rizky Pora dan Hansamu Yama menjadi pahlawan tim Garuda.

Hasil ini menjadi modal penting bagi Indonesia untuk menghadapi pertandingan kedua pada 17 Desember nanti di Stadion Rajamangala, Bangkok. Pasukan Alfred Riedl hanya perlu meraih hasil imbang untuk mencatat sejarah merengkuh trofi turnamen dua tahunan antarnegara ASEAN tersebut.


Pada awal laga, kedua tim bermain sangat hati-hati sehingga tak ada tembakan ke arah gawang. Baru pada menit kesembilan terjadi peluang bagus yang diperoleh Thailand. Ini terjadi akibat blunder Rizky Pora.

Bermaksud melakukan back pass, operan Rizky terlalu lemah sehingga bola bisa dijangkau pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, yang dibayang-bayangi Hansamu Yama. Beruntung, eksekusi Chanathip melebar di sisi kanan gawang Kurnia Meiga.

Kemudian pada menit ke-15, Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Tetapi tendangan voli Sarawut Masuk dari dalam kotak penalti, ketika menerima umpan sundulan rekannya dari sisi kanan pertahanan Indonesia, melambung.

Setelah itu, hampir tak ada ancaman serius dari kedua tim untuk lawannya. Baru pada menit ke-33, Thailand berhasil mendapatkan peluang emas yang berujung gol. Umpan Theerathon Bunmathan dari sisi kanan pertahanan Indonesia dengan sempurna dimanfaatkan oleh Teerasil Dangda dengan sundulan yang terarah ke sisi kiri bawah. Ini gol keenam Teerasil selama Piala AFF 2016.

Hanya berselang enam menit, Thailand kembali menghadirkan ancaman sangat serius. Kali ini giliran Chanathip Songkrasin yang mendapatkannya ketika mengeksekusi bola umpan silang dari sisi kanan. Beruntung, tendangan Chanathip dari dalam kotak penalti tepat di pelukan Kurnia Meiga.

Hingga turun minum, tak ada gol tambahan lagi. Thailand memimpin 1-0.

Tekanan berbahaya Thailand terjadi lagi pada awal babak kedua, tepatnya menit ke-61. Dari skema serangan balik, Sarawut dan Teerasil lolos dari hadangan barisan pertahanan Indonesia. Sebelum jatuh dihadang Abduh Lestaluhu, Teerasil lebih dulu memberikan umpan kepada Sarawut yang menusuk ke dalam kotak penalti. Tetapi tendangannya bisa dihalau Kurnia Meiga.

Hanya berselang empat menit, Indonesia bisa mencetak gol balasan melalui tendangan keras Rizky Pora. Bola tembakan Rizky dari luar kotak penalti menembus sisi kiri gawang kimpoi Thamsatchanan.

Pada menit ke-70, Indonesia berbalik unggul. Kali ini Hansamu Yama yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menyundul bola umpan sepak pojok Rizky Pora. Ini adalah gol kedua Hansamu selama Piala AFF 2016, setelah yang pertama ketika melawan Vietnam pada leg pertama semifinal, juga melalui sundulan di stadion ini.

Pada pengujung laga, Indonesia kembali mendapatkan peluang. Ferdinand Sinaga, yang masuk menggantikan Boaz pada menit ke-78, berhasil mengecoh satu bek lawan sebelum melepaskan tendangan. Sayang, Lerby Eliandy tak mampu memaksimalkan bola rebound hasil halauan kiper Thailand, karena sundulannya terlalu lemah sehingga bisa ditangkap.

Susunan pemain:

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi (12-Lerby Eliandy 70'), 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora, 8-Stefano Lilipaly, 21-Andik Vermansah, 7-Boaz Solossa (9-Ferdinan Sinaga 78')

Cadangan: 22-Teja Paku Alam, 26-Andritany, 4-Abdul Rachman, 6-Evan Dimas, 9-Ferdinan Sinaga, 10-Zulham Zamrun, 11-Dedi Kusnandar, 12-Lerby Eliandy, 13-Yanto Basna, 17-Muchlis Hadi, 18-Bayu Gatra, 27-Gunawan Dwi Cahyo

Pelatih: Alfred Riedl

Thailand: 1-kimpoi Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 15-Koravit Namwiset, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn (2-Peerapat Notchaiya 68'), 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 21-Pokklaw Anan (7-Charyl Chappuis 80'), 14-Sarawut Masuk, 10-Teerasil Dangda

Cadangan: 20-Sinthaweechai Hathairattanakool, 23-Chanin Sae-ear, 2-Peerapat Notchaiya, 7-Charyl Chappuis, 9-Siroch Chatthong, 11-Mongkol Tossakrai, 12-Adul Lahsoh, 16-Pratum Chuthong, 17-Tanaboon Kesarat, 29-Rungrath Poomchantuek, 35-Prakit Deeprom, 36-Pravinwat Boonyong

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Wasit: Jumpei Iida (Jepang)


Sumber http://bola.kompas.com/read/2016/12/....atas.thailand


Comeback, Indonesia Kalahkan Thailand 2-1


Femi Diah - detikSport


FOKUS BERITA:Piala AFF 2016Final I Piala AFF: Indonesia vs Thailand
Bogor - Indonesia di atas angin untuk menjadi juara Suzuki AFF Cup 2016. Sempat ketinggalan, 'Pasukan Garuda' menang 2-1 atas Thailand pada leg pertama.

Dalam leg pertama disaksikan 30 ribu penonton yang memenuhi tribun Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016), Indonesia sempat tertinggal 0-1 lebih dulu. Gawang Kurnia Meiga kebobolan oleh tembakan Teerasil Dangda.

Memasuki babak kedua, para pemain Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat Rizky Pora. Yansamu Yama berhasil menunjukkan diri lagi sebagai pahlawan Indonesia. Gol yang dibuatnya memastikan kemenangan 'Merah Putih' 2-1.

Kemenangan itu membuat Indonesia di atas angin untuk menjadi juara AFF Suzuki Cup 2016 ini. Pasukan 'Merah Putih' cuma butuh minimal hasil imbang tanpa gol untuk jadi juara.

Jalannya pertandingan

Kedua tim mengawali pertandingan dengan ritme lambat. Indonesia dan Thailand sama-sama membiarkan bola bergulir di area tengah.

Barulah setelah memasuki menit keenam, Thailand mencoba untuk menyerang. Upaya Fachruddin Aryanto untuk membantu mengamankan gawang Indonesia dengan tandukannya disambar oleh Tristan Do. Beruntung buat Indonesia, tembakannya masih melebar.

Thailand mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol lagi. Memanfaatkan kesalahan Rizky Pora, Chanathip Songkrasin mencoba membuat keunggulan untuk Thailand. Namun sepakannya masih bisa diantisipasi Kurnia Meiga.

Memasuki menit ke-10, Andik Vermansah mendapatkan cedera. Setelah mendapatkan perawatan, Andik masih bisa melanjutkan pertandingan.

Giliran Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyerang. Stefano Lilipaly berusaha untuk mengecoh pemain Thailand dan segera membuat tembakan jarak jauh. Namun sepakannya masih melenceng jauh dari gawang.

Andik kembali terkapar di atas rumput pada menit ke-19. Kali ini, kondisinya lebih parah hingga tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya digantikan Zulham Zamrun.

Kedua tim saling bertukar serangan. Namun tidak ada gol yang terjadi.

Akhirnya Thailand berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-33. Menyambut umpan silang Theerathon Bunmathan, Teerasil Dangda menyambut dengan tandukan dan diarahkan ke gawang Indonesia. Serangan itu tak bisa diantisipasi Kurnia Meiga.

Bagi Dangda, gol itu menjadi gol keenamnya di ajang ini. Dangda menjadi topskorer di Piala AFF ini untuk sementara.

Boaz Salossa mencoba untuk menyamakan kedudukan di menit ke-34. Namun, sepakannya masih menghantam sisi luar gawang Thailand.

Kedudukan tak berubah hingga turun minum. Thailand masih unggul sementara 1-0 atas Indonesia.

Memasuki babak kedua Indonesia malah kian kepayahan mengantisipasi serangan-serangan Thailand.

Gawang Indonesia sudah terancam pada menit ke-47. Pokklaw A-Nan berhasil melewati Abduh Lestaluhu. Namun, upayanya masih bisa dihentikan Kurnia Meiga.

Gawang Indonesia kembali mendapatkan serangan. Kali ini Dangda mencoba mencetak gol lagi. Namun, Kurnia Meiga berhasil membloknya.

Upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berhasil. Mendapatkan umpan dari Benny Wahyudi, Rizky Pora menggiring bola menuju area penalti gawang Thailand. Sepakannya dari luar kotak penalti membentur punggung Tristan Do hingga berbelok ke arah gawang. Kedudukan imbang 1-1.

Gol kedua untuk Indonesia. Namun, ternyata offside.

Indonesia kemudian mendapatkan kesempatan tendangan sudut yang disambut oleh Hansamu Yama dengan tandukannya pada menit ke-71. Bagi Hansamu itu menjadi gol keduanya untuk timnas pada turnamen ini. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Memasuki menit-menit terakhir, Indonesia kembali tertekan.

Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menambah gol lagi pada menit ke-89. Berawal dari Ferdinan Sinaga, Lerby mencoba untuk menembak gawang Thailand. Namun upaya Lerby masih mendapatkan blok kiper Thailand Thamsatchanan.

Tak ada tambahan gol hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia unggul 2-1 di akhir pertandingan.

Leg kedua final AFF Suzuki Cup 2016 dijadwalkan Sabtu (17/12/2016) mendatang di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Benny Wahyudi (Lerby Eliandry 69'), Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Rizky Pora, Boaz (Ferdinan SInada 78')

Thailand: kimpoi Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Koravit Namwiset, Tristan Do, Kroekrit Thawikan (Peerapat Notchaiya 68'), Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Pokklaw A-Nan (Charyl Chappuis 80'), Teerasil Dangda, Sarawut Masuk (Siroch Chatthong 73')


(fem/krs)

https://sport.detik.com/sepakbola/li...429.1481723824
Diubah oleh okymymuse 14-12-2016 14:18
0
6.9K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.