Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

calon.kapolriAvatar border
TS
calon.kapolri
Hari Keenam Tanggap Darurat Gempa Aceh, Jumlah Pengungsi Terus Bertambah
Hari Keenam Tanggap Darurat Gempa Aceh, Jumlah Pengungsi Terus Bertambah

Jakarta - Pengungsi korban gempa Aceh terus bertambah di hari keenam masa tanggap darurat. Tercatat 83.838 orang masih mengungsi di posko pengungsian yang tersebar di 124 titik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, para pengungsi yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 82.122 orang dan dari Kabupaten Bireuen sebanyak 1.716 orang. Di Pidie Jaya pengungsi tersebar di 120 titik, sedangkan di Bireuen pengungsi tersebar di 4 titik.

"Distribusi 82.122 orang pengungsi di Pidie Jaya adalah Kecamatan Meureudu 13.965 orang, Meurah Dua 11.391, Trianggadeng 18.512, Bandar Baru 14.209, Pante Raja 8.153, Bandar Dua 3.170, Ulim 9.763, dan Jangka Buaya 2.959 orang. Sedangkan 1.716 orang pengungsi di Bireuen tersebar di Matang Mns Blang 1.100 orang, Masjid Matang Jareung 13, Masjid Alghamamah 405, dan Masjid Kandang 198 orang," jelas Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (12/12/2016).

Sementara itu, Komandan Satgas Tanggap Darurat yang juga Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi mengatakan akan mencermati jumlah pengungsi yang terus bertambah. Pihaknya akan melakukan berbagai langkah untuk menghindari lonjakan pengungsi yang terus bertambah.

"Data pengungsi yang terus melonjak harus dicermati. Kami akan mengambil sikap penanganan selanjutnya untuk menghindari lonjakan pengungsi. Langkah, penyaluran logistik langsung ke desa masing-masing sesuai dengan jumlah jiwa dari KK. Bantuan yang disalurkan disepakati untuk kebutuhan pokok, beras, minyak goreng, telor, dan gula. Kita sepakati kita buat rekap kebutuhan selama 7 hari." ujar Mulyadi dalam keterangan tertulis yang sama.

Ribuan bangunan juga dilaporkan rusak parah akibat gempa 6,5 SR tersebut. Sebanyak 11.668 rumah, 61 masjid, 94 meunasah (musala), 10 kantor pemerintahan dan 16 unit fasilitas pendidikan mengalami rusak fisik.

"Data terkait kerusakan infrastruktur, rumah, ruko, fasilitas umum lain seperti kantor pemerintah, pendidikan, masjid belum kita terima dengan sempurna. Camat telah diperintahkan sampaikan hari ini untuk disampaikan sebagai data sementara. Rumah yang hancur dan berapa yang rusak berat, sedang dan ringan harus segera didata dan dilaporkan ke Posko Utama," sebut Mulyadi.
(idh/idh)

SUMUR

Yg mau menyumbang jangan lupa juga sumbang autan, krn kalau dari penampakannya sih sepertinya banyak nyamuk juga tempat ngungsinya.
Mana lagi musim hujan. Jangan sampe kena DB atau apa.
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.