inilagiAvatar border
TS
inilagi
Reksadana Panin Asset Manajemen, Maksima, Ultima





























PT PANIN ASSET MANAGEMENT

Pada bulan Maret 2014 lalu, 3 (tiga) reksa dana kelolaan Panin Asset Management yaitu Panin Dana Prima, Panin Dana Maksima dan Panin Dana Unggulan, berhasil meraih 5 (lima) penghargaan dalam acara “Majalah Investor-Infovesta Awards; Best Mutual Funds 2014”. Dengan diperolehnya penghargaan ini, semakin memicu motivasi Panin Asset Management untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan kemudahan, serta menciptakan produk-produk inovatif lainnya demi kenyamanan serta kepentingan para nasabah.

Dengan motivasi diatas dan atas latar belakang tim riset yang semakin kuat, adanya kebutuhan terhadap produk high conviction, dan sebagai komplementer dari produk reksa dana saham yang sudah ada saat ini, maka pada tanggal 13 Juni 2014, Panin Asset Management akan meluncurkan produk reksa dana terbarunya: Panin Dana Ultima.

Panin Dana Ultima merupakan reksa dana yang bertujuan untuk menghasilkan nilai investasi optimal melalui investasi di efek saham yang memiliki prospek investasi jangka panjang. Panin Dana Ultima secara aktif berinvestasi pada saham-saham undervalue atau yang berpotensi memberikan tingkat return diatas rata-rata, serta mempertimbangkan untuk menempatkan alokasi yang lebih terkonsentrasi pada saham-saham pilihan.

Kebijakan investasi Panin Dana Ultima adalah minimum 80% (delapan puluh persen) pada efek bersifat ekuitas di Pasar Modal Indonesia. Panin Dana Ultima dibuka perdana dengan NAB/UP Rp 1,000,- pada tanggal 13 Juni 2014.

Berikut ini adalah beberapa strategi investasi Panin Dana Ultima:

Berinvestasi pada portfolio yang terdiri kurang dari 25 perusahaan yang menjanjikan prospek investasi baik dalam jangka panjang

Berinvestasi pada perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif, kualitas bisnis yang baik dan memiliki turnaround story Mengidentifikasi perusahaan yang dijual dibawah harga pasar dengan potensi mampu menghasilkan tingkat return diatas rata-rata dalam jangka panjang

Berfokus pada pemilihan saham dengan melakukan riset kuantitatif dan kualitatif yang mendalam untuk mendukung keputusan investasi
Ada pertimbangan untuk memberikan alokasi yang lebih besar pada saham-saham pilihan Sebagai Manajer Investasi dari Reksa Dana Panin Dana Ultima, Panin Asset Management telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun dengan total dana kelolaan lebih dari Rp 17 Triliun sampai dengan akhir April 2014.

Saya mau memberitahukan bahwa, Panin Asset Management akan melaunching produk Reksadana baru jenisnya Reksadana Saham, Yaitu "PANIN DANA ULTIMA." launching tanggal 13 Juni 2014 karakteristik dari Produk ini cenderung lebih agresif dari pada Panin Dana Maksima dan Panin Dana Prima. Kebijakan investasinya minimal 80% - maksimal 100% diefek saham.

Pengertian Reksadana

Ditinjau dari asal kata, reksa dana berasal dari kosa kata ‘reksa’ yang artinya ‘jaga’ atau ‘pelihara’ dan ‘dana’ yang berarti ‘uang’ atau ‘kumpulan uang’. Jadi, reksa dana bisa diartikan sebagai ‘kumpulan uang yang dipelihara bersama untuk suatu kepentingan’.


Mengacu pada Undang-undang Nomor 8 tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Untuk apa membeli Reksa Dana ?

Membeli reksadana dapat diartikan juga seperti menabung. Bedanya adalah surat tanda menabung tidak dapat diperjualbelikan, sebaliknya reksadana bisa diperjualbelikan.

Unit penyertaan yang bisa dijual kembali kepada manajer investasi disebut reksa dana terbuka (open end). Kebalikannya adalah reksa dana tertutup (close end), yakni reksa dana yang hanya bisa dijual kepada investor lain melalui pasar sekunder. Sebagian besar reksa dana yang ada sekarang ini berbentuk reksa dana terbuka.

Reksa dana memiliki dua hal yang sulit dipenuhi oleh pemodal perorangan. Pertama, reksa dana membangun skala ekonomis dalam berinvestasi yaitu melalui penggabungan dana antara pemodal yang satu dengan pemodal yang lain sehingga terhimpun dana yang cukup besar. Kedua, menyediakan tenaga professional pengelola investasi efek secara kolektif. lihat jg nasib reksadana pasar uang di tahun 2013

Sejarah Reksa Dana

Awalnya, pada tahun 1822 reksa dana baru dikenal di Belgia dengan bentuk reksa dana tertutup(closed-end fund). Kemudian menyebar ke Inggris dan Skotlandia pada tahun 1860 dengan bentuk Unit Investment Trust. Dan mulai dikenal di Amerika Serikat pada tahun 1920. Tahun 1940, di Amerika Serikat dibuatlah Undang-Undang Reksa Dana yang dikenal dengan nama Investment Company Act 1940.

Di Indonesia sendiri, reksa dana baru dikenal pada tahun 1990, berdasarkan Kep Menkeu 1548 dengan bentuk reksa dana tertutup. Pada tahun 1995, berdasarkan UU No.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal diperbolehkan Reksa Dana berbentuk Tertutup dan Terbuka dan berkembang pesat mulai 1996.

Sebagai sarana investasi, reksa dana diharapkan akan memudahkan masyarakat luas dalam berinvestasi di pasar modal. Reksa dana dibentuk oleh manajer investasi dan bank kustodian melalui akta kontrak investasi kolektif (KIK) yang dibuat notaris. Manajer investasi akan berperan sebagai pengelola dana investasi yang terkumpul dari sekian banyak investor untuk diinvestasikan ke dalam portofolio efek, seperti SBI, obligasi, dan saham.

Perhatikan hal-hal dalam berinvestasi reksadana

Sementara, bank kustodian akan berperan dalam penyimpanan dana atau portofolio milik investor serta melakukan penyelesaian transaksi dan administrasi reksa dana.

Reksa dana merupakan sarana investasi bagi investor untuk dapat berinvestasi ke berbagai instrumen investasi yang tersedia di pasar. Melalui reksa dana, investor sudah tidak perlu repot mengelola portofolio investasinya sendiri.


Minimum Pembelian Awal Rp 255.000


Berikut ini contoh perhitungan investasi reksadana




Mau tahu berapa yang akan kita dapat jika berinvestasi reksadana saham sebesar Rp 100 ribu per bulan (Rp 1,2 juta per tahun) dengan return 25 persen? Berikut ilustrasinya, ya…

Ternyata, beda jangka waktu lima tahun saja, perbedaan rturn yang didapat sangat besar, ya? Jika kita investasi 20 tahun return-nya Rp.514.417.042,79, sementara investasi 25 tahun bisa memperoleh return Rp.1.582.186.776,10—alias selisih Rp.1.067.769.733,31!

Dengan rumus ini, kita bisa menghitung sendiri, deh, sebesar apa investasi yang kita perlukan. Untuk yang jangka panjang, makin cepat memulai tentu lebih baik. Selamat berinvestasi!

Sumber: [url]http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2012/03/13/investasi-reksadana-untuk-pemula/ [/url]


Ingin bertanya mengenai Tabungan investasi?

Hubungi :

Hanief Ibrahim, S.E
Relationship Officer
PT panin Asset Manajemen
Phone : 0857-3319-3225, 0812-3079-6660
Pin BBm : 7595E4C0
#Reksadana #saham #investasi #obligasi

Diubah oleh inilagi 16-12-2015 04:44
0
7.4K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Penawaran Kerjasama & Investasi
Penawaran Kerjasama & InvestasiKASKUS Official
28.5KThread3.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.