syahriniKW1Avatar border
TS
syahriniKW1
Tak Dapat Tiket, Bupati Larang Wings Air Mendarat di Nabire?
Bupati Nabire Isaias Dou mengeluarkan surat larangan beroperasi di daerahnya bagi maskapai penerbangan Wings Air pada 10 Desember 2016 hingga waktu yang tidak ditentukan. Isaias mengeluarkan kebijakan itu karena tidak nyaman dengan pelayanan maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group tersebut.

Isaias mengirimkan surat larangan tersebut ke pihak manajemen Wings Air. Dalam surat beromor 553 tertanggal 6 Desember itu tertera alasan larangan, yakni ketidakpuasan penumpang atas layanan pihak Wings Air. Namun, tak dijelaskan identitas penumpang yang dirugikan dengan pelayanan Wings Air dan apa ketidakpuasannya.

Selama ini terdapat tiga maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan dari Jayapura ke Nabire. Namun, hanya pesawat Wings Air ATR-72 yang menyediakan layanan dua kali penerbangan dalam sehari. Sementara Trigana dan GarudaIndonesia hanya satu kali penerbangan dalam sehari.

Manajer Lion Grup Wilayah Papua Agung Setyo Wibowo, saat dihubungi dari Jayapura, Papua, Selasa (6/12/2016), membenarkan adanya surat dari Isaias yang melarang maskapai Wings Air beroperasi di Nabire.

"Saya belum mengetahui alasan Bupati mengeluarkan surat tersebut. Namun, ada informasi bahwa beliau sempat mengeluh karena tidak mendapatkan tiket dari Jayapura ke Nabire pada Senin kemarin," kata Agung.

Agung mengatakan, pihaknya akan menemui Isaias di Nabire untuk mencari penyebab keluarnya surat larangan tersebut, Rabu (7/12/2016).

"Saya akan berupaya mengatasi kesalahpahaman antara pihak kami dan Bupati. Intinya, masalah ini harus secepatnya diselesaikan agar masyarakat tidak terganggu karena tak beroperasinya Wings Air," tutur Agung.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Djuli Mambaya mengatakan, seorang kepala daerah tidak berhak melarang maskapai penerbangan komersial yang telah memiliki izin operasional.

"Saya akan langsung menghubungi beliau (Isaias) untuk menyelesaikan masalah ini. Kebutuhan masyarakat untuk jasa transportasi udara harus dilindungi," ujar Djuli.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kepolisian Resor Nabire Ajun Komisaris Besar Semmy Roni TH Abaa. Ia menyatakan akan meminta klarifikasi dari Isaias terkait surat larangan tersebut.

"Kami akan memediasi beliau dengan pihak Wings Air agar masalah ini segera terselesaikan. Pihak Wings Air memiliki hak untuk beroperasi ke wilayah Nabire," tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, Isaias belum dapat dihubungi terkait surat larangan tersebut.

Sumber

33 Orang Peserta Kegiatan Utsawa Dharma Gita Yang Akan Bertolak Dari Nabire Ke Jayapura Kebingungan Akibat Pelarangan Penerbangan Wings Air

Akibat ancaman Bupati Nabire yang melarang beroperasinya Pesawat Wings Air milik Maskapai penerbangan Lion Air di Nabire, per 10 desember 2016, sejumlah penumpang yang sudah membeli tiket diatas tanggal 10 desember mengalami kebingungan.
Pembeli tiket yang sangat bingung dengan pelarangan beroperasinya pesawat Wings Air ini adalah rombongan kegiatan Utsawa Dharma Gita atau Lomba Kidung Keagamaan untuk umat beragama Hindu, tingkat Provinsi ke VII yang akan digelar di Jayapura dari tanggal 15-18 desember 2016.
Pasalnya rombongan kegiatan ini terdiri dari 33 orang diantaranya 27 orang peserta, 3 orang penggembira dan 3 orang ofisial.
Kepada Nabire.Net, salah satu peserta kegiatan tersebut, Wahyu Diantoro mengaku bingung, dan sempat menyambangi agen Wings Air di Nabire, rabu siang tadi (07/12), namun belum ada kejelasan dari pihak Wings Air sendiri.
Oleh karena itu dirinya berharap agar pelarangan beroperasinya Wings Air oleh Bupati Nabire bisa dibatalkan sehingga tidak mengganggu jadwal penerbangan bagi warga yang akan berangkat dari dan menuju Nabire.
Rombongan kegiatan Utsawa Dharma Gita adalah salah satu dari sekian banyak warga Nabire yang mengeluhkan dilarangnya Wings Air di Nabire per 10 desember 2016.

Sumber
Diubah oleh syahriniKW1 08-12-2016 01:54
0
11.1K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.