.bang.ganteng.Avatar border
TS
.bang.ganteng.
Athian Ali: Kegiatan Kebaktian di Sabuga Langgar Kesepakatan


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuduhan intoleransi dialamatkan kepada beberapa kelompok umat Islam, saat ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Sabuga Bandung pada Selasa (6/12) lalu. Namun informasi adanya intoleransi tersebut dibantah Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali M. Da'i.

Kiai Athian meminta umat Islam untuk tabayun atas tuduhan dan persepsi adanya sikap intoleransi antar umat beragama, oleh umat Islam ini. ia mengingatkan jangan sampai tuduhan intoleransi itu hanya didapat dari informasi sepihak.

"Sudah bisa dipastikan, tidak akan pernah dan tidak mungkin ada ormas Islam atau elemen umat Islam menghalangi umat agama lain untuk melaksanakan ibadah. Karena Islam sangat menghargai umat agama lain untuk menjalankan keyakinannya," ujarnya kepada Republika.co.id, Kamis (8/12).

Ia mengungkapkan ormas-ormas Islam yang terlibat menolak acara KKR di Sabuga Bandung tersebut, karena diduga ada kegiatan lain selain hanya kebaktian.

Dugaan dan kekhawatiran inilah yang kemudian dilaporkan beberapa ormas Islam ke kepolisian. Karena kalau mereka mendapat izin tentu sudah jelas apa acaranya, dan kalau berniat ibadah di Gereja pasti dibolehkan. Ormas Islam pun berhubungan dengan pihak aparat kepolisian soal ini.

"Saya menjadi saksi, bahwa aparat sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional," kata Athian Ali.

Kapolres meminta pandangan dan jalan keluar agar kegiatan ibadah tetap berlangsung. Akhirnya ditemukan jalan keluar, siangnya acara ibadah anak itu tetap di Sabuga, sementara acara malamnya bisa dipindahkan ke Gereja Bethel Indonesia Bandung. Jadi sudah selesai dengan kesepakatan itu.

Namun, lanjut dia, ternyata rencana ke GBI itu tidak jadi karena ada pertentangan di internal antara panitia dan pihak Gereja. Sehingga mereka kembali ke Sabuga dan tidak melakukan ibadah di Gereja. Ini yang membuat kegiatan itu tidak sesuai kesepakatan.

"Jadi mereka tidak bisa beribadah itu bukan urusan ormas Islam. Mereka sendiri yang tidak jadi di Gereja dan kita tidak tahu permasalahan apa antara panitia dan Gereja," kata dia.

Rep: Amri Amrullah / Red: Teguh Firmansyah

http://m.republika.co.id/berita/nasi...ar-kesepakatan

Damailah Indonesiaku emoticon-Shakehand2
0
17.1K
282
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.