Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
Tahu, Sumber Protein Alternatif Untuk Membentuk Tubuh Idaman[
Tahu, Sumber Protein Alternatif Untuk Membentuk Tubuh Idaman




Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu.

Sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.



Tahu mengandung energi sebesar 68 kilokalori, protein 7,8 gram, karbohidrat 1,6 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 124 miligram, fosfor 63 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Tahu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tahu, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Selain itu, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.

Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen.elain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu.

Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Selain mencegah kanker payudara, isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, susu kedelai, kecap, dan sejenisnya.

Konsumsi tahu dapat memberi dampak positif bagi kesehatan kita. Terpenuhinya asupan protein yang berasal dari tahu dapat mencegah kita dari berbagai permasalahan kesehatan. Terdapat beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh kekurangan protein diantaranya:

Mental terganggu

Biasanya ini terjadi pada anak-anak dan balita. Balita yang kekurangan protein akan menyebabkan kemunduran mental. Hal ini dikarenakan syaraf yang terbentuk tidak bisa bekerja secara maksimal akibat kurangnya protein.

Penyusutan otot

Otot yang kekurangan protein akan mudah menyusut. Itu karena syaraf-syaraf pada otot tak dapat berkembang akibat kurangnya protein dalam tubuh.

Kerusakan pada organ tubuh

Hal ini muncul karena tidak bekerjanya syaraf akibat kekurangan protein.

Lemahnya system imunitas

Kekurangan protein menyebabkan tubuh tak bisa memproduksi zat antibody sehingga kekebalan tubuh akan menurun.

Tahu sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anda yang menginginkan badan yang ideal, terlebih lagi apabila anda memiliki berat badan diatas rata-rata. Hal ini dikarenakan tahu dapat memenuhi kebutuhan energi dan protein yang anda perlukan dalam satu harinya. Keunggulan tahu dibanding sumber protein yang lain yaitu tahu memiliki kandungan lemak yang rendah dibanding sumber protein lainnya. Sehingga resiko kegemukan sangan rendah. Dan keuntungan yang terakhir adalah harga harga tahu yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein hewani. Bagi orang Indonesia, tahu telah tersedia dalam berbagai varian. Jadi tidaklah sulit untuk memutuskan memilih tahu sebagai sumber protein alternatif dalam pembentukan tubuh yang ideal.

Sumber :
http://www.organisasi.org/1970/01/is...n-makanan.html
http://manfaatnyasehat.com/makanan-y...umber-protein/
http://cdn.mesinraya.co.id/wp-conten...hu-300x286.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Tahu
Diubah oleh satryoerick 05-12-2016 11:12
0
4.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.