Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pippothecatAvatar border
TS
pippothecat
Begini Kondisi Kokpit Pesawat Saat Lepas Landas


Seorang pilot pesawat mengunggah kondisi kokpit pesawat saat lepas landas dari landasan pacu bandara Santiago di Spanyol. Pilot tersebut merekam proses lepas landas dengan menggunakan action camera yang disematkan di langit-langit kokpit pesawat.

Terlihat dengan jelas proses pesawat Boeing 737-800 memasuki runway. Kemudian dalam beberapa saat, pesawat pun dipacu hingga bisa lepas landas dengan mulus. Dalam video terlihat sepertinya sang pilot memberikan kemudi pada asistennya untuk lepas landas. Dalam ketinggian tertentu, kemudian terlihat pilot sudah mengaktifkan auto-pilot.

Sayangnya sang pilot seperti terlalu dini melepaskan sabuk pengamannya. Meskipun pesawat baru tinggal landas, namun biasanya ada jeda beberapa menit sehingga tanda sabuk pengaman di kabin penumpang dimatikan.

Pandangan horizon pilot Boeing 737-800 ini memang sangat mengagumkan, karena pesawat tinggal landas sesaat matahari terbit. Sungguh menyenangkan bukan menjadi seorang pilot yang bisa menyapa mentari seperti ini setiap pagi?

Ada beberapa alasan juga mengapa pilot duduk di sebelah kiri. Pada mulanya pilot duduk di sebelah kanan. Namun setelah peristiwa tabrakan pesawat sipil pertama di dunia pada tahun 1922, kemudian posisi tempat duduk pilot digeser menjadi di sebelah kiri.

Saat itu pilot menerbangkan pesawat benar-benar hanya berdasarkan pandangan dan tanda-tanda di daratan seperti aliran sungai atau kanal. Dalam kondisi hujan dan berkabut inilah yang akan membuat pilot pesawat kesulitan karena terhalang jarak pandang. Posisi pilot duduk disebelah kiri dianggap memudahkan pilot untuk memantau posisi tanda-tanda navigasi di daratan.

Ada juga alasan yang menganggap bahwa pintu keluar pesawat berada di sebelah kiri. Dengan begitu pilot bisa memeriksa dengan cepat, kondisi pintu pesawat atau keberadaan penumpang di kiri lambung pesawat.

Teori lain pun menyebutkan bahwa pilot pesawat bisa dengan mudah mengetahui situasi di sebelah kiri pesawat sebelum menyalakan mesin, sehingga tidak membahayakan bagi penumpang. Berikut video lepas landas yang mengagumkan. Meskipun video ini diunggah 2 tahun yang lalu, namun sudah ditonton hingga 163,785 kali.



Tonton juga pilot Indonesia yang menerbangkan pesawat yang sama dari Makassar ke Jakarta. Proses lepas landasnya lebih menantang karena dilakukan dalam kondisi hujan dengan jarak pandang yang sangat terbatas.






Spoiler for Sumur:
Diubah oleh pippothecat 08-12-2016 11:37
0
2.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.